Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Tahu Isi Ayam Sayur, Gorengan Tahu Eksklusif, Enak, dan Layak Dijual

Resep Tahu Isi Ayam Sayur, Gorengan Tahu Eksklusif, Enak, dan Layak Dijual

Tahu Isi Ayam Sayur (1)

Resep tahu isi ayam sayur

Resep tahu isi ayam sayur merupakan salah satu varian dari jenis kuliner gorengan yang satu ini. Pastinya sudah banyak varian tahu isi yang dibuat dan bahkan dijual di luar sana dengan banyak pembeli. Tidak dapat dipungkiri bahwa gorengan tahu memang yang paling banyak dicari para pembeli. Tentu saja untuk disantap sebagai cemilan atau dijadikan lauk tambahan yang mengenyangkan.

Anda mungkin salah satu penggemar berat gorengan tahu, sehingga tidak ada salahnya membuatnya sendiri di rumah. Lagipula semua bahannya mudah didapatkan serta cara membuatnya tidak terlalu sulit. Jika Anda masih belum mempercayainya, silahkan baca dulu resep tahu isi ayam sayur selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  • 10 tahu pong cokelat dilubangi tengahnya dan dikeluarkan setengah isinya
  • 250 gram tepung bumbu instan serbaguna
  • 1 butir telur ayam
  • Air matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng tahu

Bahan isian tahu

  • 250 gram daging ayam tanpa tulang dicincng kasar
  • 200 gram touge segar diseduh air panas dan dibuang akarnya, lalu tiriskan
  • 3 buah wortel ukuran besar dibersihkan, lalu diserut kasar
  • 2 siung bawang putih digeprek lalu dicincang kasar
  • 1 batang daun bawang dipotong kecil
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • ½ sendok teh merica bubuk
Baca Juga :  Resep Mokbang Jamur Enoki Pedas Yang Viral

Bahan pelengkap

  • Cabai rawit hijau secukupnya
  • Saus tomat/cabai secukupnya

Cara membuat tahu isi ayam sayur

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep tahu isi ayam sayur dengan cara membuatnya sebagai berikut.

1. Langkah awal membuat adonan isian tahu. Panaskan dulu wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis.

2. Setelah minyak panas, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan daging ayam cincang dan tumis lagi hingga berubah warnanya.

3. Masukkan serutan wortel, touge, dan potongan daun bawang. Aduk merata hingga semua bahan tercampur rata.

4. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk merata lagi. Silahkan mencicipi sedikit masakan adonan isian tahu tersebut untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sesuai selera, segera matikan kompor. Diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas.

5. Langkah berikutnya membuat adonan tepung pelapis. Siapkan dulu sebuah wadah baskom bersih, lalu tuangkan tepung bumbu serbaguna yang sudah disiapkan ke dalamnya. Tambahkan telur ayam.

Baca Juga :  Tips dan Resep Bistik Lidah Sapi Lengkap

6. Aduk merata sambil tuangkan air matang sedikit demi sedikit hingga adonannya kalis. Pastikan adonan tepungnya tidak terlalu encer dan tidak menggumpal.

7. Selanjutnya, ambil satu tahu yang sudah disiapkan, lalu masukkan adonan isian yang sudah jadi sekitar 2 sendok makan. Lakukan langkah tersebut hingga semua tahu serta isiannya habis. Sisihkan dulu.

8. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoren tahu. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan tahu ke dalam adonan tepung basah hingga semua ercelup. Setelah itu, masukkan ke dalam minyak panas dengan hati-hati.

9. Lakukan hal tersebut untuk semua tahu lainnya. Goreng hingga permukaan tahunya berwarna kecokelatan dan matang.

10. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Setelah benar-benar matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu agar tidak terlalu panas.

11. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata semua tahu isi ayam sayur yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan cabai rawit hijau dan saus tomat/cabai secukupnya sesuai selera Anda masing-masing.

Cukup mudah bukan membuatnya? Jika tertarik dengan resep tahu isi ayam sayur diatas, silahkan mencobanya sekarang juga. Anda juga bisa menjadikannya produk bisnis kuliner untuk dijual di pasaran.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan