Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

Resep Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

resep rawon daging sapi khas jawa timur (1)

Resep Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

Recipe By siti
Course: resep rawon daging sapi khas jawa timur Cusine:ID Difficulty:Pemula

Servings

2 minutes

Preparing Time

50 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

250 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi

  2. telur asin

  3. sambal

  4. bawang putih

  5. bawang merah

  6. kencur

  7. lengkuas

  8. jahe

  9. ketumbar

  10. merica

  11. kunyit

  12. terasi

  13. daun salam

  14. daun jeruk

  15. serai

  16. air asam jawa

  17. garam

  18. gula merah

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan memotong daging sapi sesuai selera

  2. Langkah 2

    Selanjutnya, tumis bumbu rawon hingga harum dan masukkan daging sapi

  3. Langkah 3

    Aduk merata hingga daging berubah warna dan bumbu meresap

  4. Langkah 4

    Setelah itu, tambahkan air dan biarkan mendidih hingga daging empuk

  5. Langkah 5

    Selanjutnya, tambahkan bumbu kuah rawon dan biarkan hingga kuah mengental

  6. Langkah 6

    Jangan lupa untuk mencicipi dan sesuaikan rasa sesuai selera.

NOTES

    Untuk mendapatkan rawon daging sapi yang lezat dan nikmat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pilih daging sapi yang segar dan berkualitas agar hasil masakan lebih enak. Kedua, tumis bumbu rawon hingga harum untuk mengeluarkan aroma bumbu yang lebih kuat. Ketiga, masak daging sapi hingga benar-benar empuk agar tekstur daging lebih lembut dan mudah dikunyah. Terakhir, sesuaikan takaran bumbu sesuai selera Anda untuk mendapatkan rasa yang pas dan sesuai dengan lidah.

Rawon merupakan salah satu masakan khas dari Jawa Timur yang terkenal dengan kuah kentalnya yang berwarna hitam pekat. Rawon biasanya terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan lezat. Daging sapi yang digunakan biasanya dipotong menjadi potongan kecil agar mudah disantap dan meresap bumbu dengan baik. Selain itu, rawon juga biasanya disajikan dengan telur asin dan sambal untuk menambah cita rasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep rawon daging sapi khas Jawa Timur secara lengkap dan mendalam.

Baca Juga :  Resep Abon Sapi yang Direkomendasikan Ini Harus Anda Ketahui

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat rawon daging sapi khas Jawa Timur, Anda memerlukan bahan-bahan utama seperti daging sapi, bumbu rawon, kuah rawon, dan pelengkap seperti telur asin dan sambal. Bahan-bahan tersebut dapat Anda dapatkan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Untuk bumbu rawon, Anda memerlukan bawang putih, bawang merah, kencur, lengkuas, jahe, ketumbar, merica, kunyit, dan terasi. Sedangkan untuk kuah rawon, Anda memerlukan daun salam, daun jeruk, serai, air asam jawa, garam, gula merah, dan garam secukupnya. Pastikan untuk memilih daging sapi yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil masakan yang terbaik.

Langkah-langkah Pembuatan

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan memotong daging sapi sesuai selera. Selanjutnya, tumis bumbu rawon hingga harum dan masukkan daging sapi. Aduk merata hingga daging berubah warna dan bumbu meresap. Setelah itu, tambahkan air dan biarkan mendidih hingga daging empuk. Selanjutnya, tambahkan bumbu kuah rawon dan biarkan hingga kuah mengental. Jangan lupa untuk mencicipi dan sesuaikan rasa sesuai selera.

Keunikan Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

Rawon daging sapi khas Jawa Timur memiliki keunikan tersendiri dalam penyajiannya. Kuah rawon yang kental dan berwarna hitam pekat memberikan kesan yang menggugah selera. Selain itu, penggunaan bumbu khas seperti kencur, lengkuas, dan terasi memberikan aroma yang khas dan lezat. Penambahan telur asin dan sambal sebagai pelengkap juga menambahkan cita rasa yang beragam dan menarik. Rawon daging sapi khas Jawa Timur sering disajikan sebagai hidangan utama di acara-acara spesial seperti hari besar atau acara keluarga.

Tips Membuat Rawon Daging Sapi yang Lezat

Untuk mendapatkan rawon daging sapi yang lezat dan nikmat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pilih daging sapi yang segar dan berkualitas agar hasil masakan lebih enak. Kedua, tumis bumbu rawon hingga harum untuk mengeluarkan aroma bumbu yang lebih kuat. Ketiga, masak daging sapi hingga benar-benar empuk agar tekstur daging lebih lembut dan mudah dikunyah. Terakhir, sesuaikan takaran bumbu sesuai selera Anda untuk mendapatkan rasa yang pas dan sesuai dengan lidah.

Baca Juga :  Pepes Ayam, Alternatif kalau bosan Pepes Tahu, Ini Resepnya

Variasi Menu Rawon Daging Sapi

Meskipun rawon daging sapi khas Jawa Timur sudah lezat dengan cita rasa tradisionalnya, Anda juga dapat mencoba variasi menu rawon yang berbeda. Misalnya, Anda dapat menambahkan kentang atau tahu ke dalam rawon untuk menambah tekstur dan variasi dalam hidangan. Selain itu, Anda juga dapat mencoba menggunakan daging sapi wagyu atau daging sapi pilihan lainnya untuk menciptakan sensasi rasa yang berbeda. Kreativitas dalam memasak dapat menghasilkan variasi menu rawon daging sapi yang menarik dan lezat.

Kesimpulan

Rawon daging sapi khas Jawa Timur adalah salah satu masakan tradisional yang memiliki cita rasa khas dan lezat. Dengan penggunaan bumbu-bumbu khas Jawa Timur, rawon daging sapi menjadi hidangan yang sangat disukai oleh banyak orang. Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah pembuatan yang tepat, Anda dapat menciptakan rawon daging sapi yang lezat dan nikmat. Jangan lupa untuk menyesuaikan takaran bumbu dan mencicipi masakan selama proses memasak untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Dapatkah saya menggunakan daging sapi beku untuk membuat rawon daging sapi?

Sebaiknya menggunakan daging sapi segar untuk hasil masakan yang lebih lezat, namun jika tidak tersedia, Anda dapat menggunakan daging sapi beku dengan catatan jangan lupa untuk mencairkan dan menghilangkan kelembaban sebelum dimasak.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak rawon daging sapi?

Baca Juga :  Resep Membuat Frites Makanan Khas Eropa

Waktu memasak rawon daging sapi bisa bervariasi tergantung dari tekstur daging dan jumlah daging yang digunakan. Namun secara umum, memasak rawon daging sapi membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam hingga daging menjadi empuk dan bumbu meresap.

Apakah saya harus menambahkan telur asin dan sambal ke dalam rawon daging sapi?

Penambahan telur asin dan sambal adalah pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Telur asin dan sambal biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk menambah cita rasa dan variasi pada hidangan rawon.

Dapatkah saya menyimpan sisa rawon daging sapi di dalam lemari es?

Ya, Anda dapat menyimpan sisa rawon daging sapi di dalam lemari es untuk disantap di lain waktu. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara dan panaskan kembali sebelum disajikan untuk menjaga kelezatan masakan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info