Lompat ke konten
Home » Uncategorized » Cara Membuat Kue Donat Sederhana

Cara Membuat Kue Donat Sederhana

Kue Donat Sederhana

Cara membuat ke donat sendiri sebenarnya cukup mudah. Selama kamu mengikuti resep dan mengolahnya dengan benar, donat nya akan empuk dan mengembang. 
Untuk membuat kue donat, kamu tidak membutuhkan oven, karena kamu menggunakan teknik menggoreng.
Gunakan bahan yang tepat untuk membuat donat.
Pembuatan donat  harus menggunakan bahan dan jumlah yang tepat. Selain itu, Chef Riduan juga menyarankan menggunakan butter sebagai pengganti margarin agar donatnya empuk. Berikut bahan lengkap dan cara membuat donat :

Bahan donat :

  1. 210 gram tepung protein tinggi
  2. 60 gram tepung 
  3. 30 gram gula
  4. 15 gram susu bubuk
  5. 4 gram ragi 1 kuning telur
  6. 150 gram air dingin
  7. 30 gram mentega
  8. 4 gram garam
Baca Juga :  3 Resep Kue Pukis Ala Rumahan Yang Mudah Untuk Anda Coba!
Bagaimana Cara Membuat Donat?

Cara membuat kue donat :

  1. Campurkan tepung terigu, , gula pasir, dan susu bubuk. Kemudian tambahkan ragi, kuning telur dan air dingin. Aduk adonan menggunakan mixer hingga tercampur rata.
  2. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan mentega dan garam ke dalam adonan. Aduk kembali menggunakan mixer hingga adonan elastis.
  3. Periksa adonan donat selama kurang lebih 40 menit. Cetak atau bentuk adonan, lalu periksa kembali.
  4. Goreng donat dalam minyak panas sampai kedua sisinya matang. Angkat dan tiriskan. Taburi donat dengan gula halus atau saus coklat secukupnya.

Perhatikan proses pemeriksaan adonan.

Menurut seorang Chef mengatakan bahwa dalam proses pembuatan donat terdapat teknik yang disebut inspeksi. Proofing merupakan tahap istirahat adonan setelah proses fermentasi berlangsung. Hal ini dilakukan setelah adonan tercampur rata, dengan tujuan agar adonan mengembang sempurna.
Trik pemeriksaan adonan donat, masukkan adonan yang sudah elastis ke dalam mangkok, lalu tutup dengan serbet atau bungkus plastik. Biarkan selama sekitar 40 menit. Pembuktian dalam pembuatan donat dilakukan dua kali yaitu saat adonan halus dan saat adonan sudah dibentuk / dibentuk.


Perhatikan cara menggoreng donat

Cara membuat kue donat  mengembang dengan sempurna juga dipengaruhi oleh proses penggorengan. Gunakan minyak dalam jumlah banyak dan api sedang cenderung rendah saat menggoreng donat sampai donat empuk.
 
Baca Juga :  Dessert Lezat Ovomaltine Cheese Cake

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan