Lompat ke konten
Home » Uncategorized » Destinasi Wisata Jombang Cocok untuk Short Holiday

Destinasi Wisata Jombang Cocok untuk Short Holiday

Destinasi Wisata Jombang

Tak kalah menariknya dengan kota ataupun kabupaten yang menjadi tempat tren wisata seperti Malang, Batu, Banyuwangi, Jember dan Situbondo, ternyata Kabupaten Jombang juga menyimpan pesona wisata tersendiri. 

Short holiday bulan lalu kami sekeluarga mengagendakan liburan ke Kabupaten Jombang. Mau tau wisata mana saja yang kami eksplore saat berada di Jombang ? Yuk simak cerita kami..


Penginapan Kampoeng Djawi terletak di dusun Gondang Kecamatan Wonosalam. Lokasi penginapan ini sangat stretegis karena berada diantara wisata Banyu Mili dan Sumber Biru Wonosalam. 
Suasana yang tersuguhkan adalah etnik rumah jawa masa lampau sehingga pengunjung akan teringat rumah kakek nenek yang ada di pedesaan. 
Transportasi untuk menuju ke penginapan ini terjangkau, dari alun – alun Kabupaten Jombang hanya berjarak sekitar 31,4 km atau sekitar 50 – 60 menit perjalanan. 
Pemandangan pegunungan dan persawahan yang asri dan alami serta didukung dengan udara yang sejuk pengunjung akan merasa rileks. 
Tiket masuk ke Kampoeng Djawi ini harganya cukup murah yakni hanya Rp 50.000/orang yang berlaku dari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. 
Dengan waktu yang cukup panjang tersebut pengunjung sangatlah puas menjelajahi seluruh area yang ada di sana, dan terdapat fasilitas kolam renang juga di sini yang diperuntukkan bagi umum. 
Saat menjelajahi area ini terdapat bangunan – bangunan klasik bergaya arsitek jawa yang terbuat dari bata merah, kayu jati dan batu – batuan kali yang dipadupadankan dengan gaya khas modern sehingga sangat indah dan artistik di pandang mata. 
Bagi kawula muda Kampoeng Djawi ini tempat yang cocok untu berswafoto, banyak spot – spot yang instagramable seperti miniatur candi sugeng rawuh, lumbung beras, pendopo tahun 60-an, rumah kuwalik dan ada pula asesoris modern tahun 60-an. 
Penginapan ini memiliki 4 tipe rumah yang bisa dipilih untuk bermalam bersama keluarga maupun teman. Adapun tipe – tipenya antara lain Griya Dorogepak, Griya Joglo, Griya Majapahit dan Griya Jineman. 
Fasilitas lain yang ditawarkan oleh penginapan ini antara lain ruang karaoke, meja makan besar untuk makan bersama, mini panggung music, paket hiburan meliputi musik elekton dan kembang api serta area outbond beserta kelengkapannya. 
Untuk paket outbond terbilang cukup murah yakni Rp 130.000 – 250.000/orang, terdapat pula permainan paintball yang bisa dilakukan bersama keluarga minimal 10 orang dengan biaya Rp 180.000/orang.

Baca Juga :  Wisata alam Gumuk Reco Sepakung Semarang

2. Wisata Sumber Biru dan Banyu Mili


Keesokan harinya kami mengunjungi wisata Banyu Mili yang letaknya tak jauh dari penginapan, jaraknya kira – kira 9,9 km hanya sekitar 28 menit perjalanan. 
Destinasi wisata yang ada di Dusun Wonotiro ini konsepnya sangat unik dan masih mengandung unsur alam. Pepohonan yang rindang dan asri menambah kesejukan di area wisata ini. 
Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil menikmati hidangan yang sudah dipesan. Bedanya dengan café di tempat lainnya, meja dan kursi yang ada di wisata ini berada di tengah – tengah sungai. 
Pengunjung pun dapat menikmati sensasi makan sambil berendam kaki merasakan aliran sungai yang tenang dan jernih. Setelah puas makan dan bermain air di wisata Sumber Biru, kami melanjutkan berwisata ke Banyu Mili. 
Perjalanan dari wana wisata Sumber Biru menuju ke Eco Wisata Banyu Mili hanya berjarak 8,8 km atau jarak tempuhnya sekitar 26 menit lewat jalan raya Gondang. 
Masih bertemakan alam, pesona pemandangan di tempat ini juga tak kalah kerennya dengan sebelumnya. 
Banyak spot untuk mengabadikan momen bersama keluarga di tempat ini, antara lain gardu pandang, rumah hobbit, serta bangunan – bangunan epic lainnya yang menambah kecantikan dan pesona dari wisata alam ini. 
Tak hanya berswafoto pengunjung juga dapat mengelilingi sungai yang ada di Banyu Mili menggunakan perahu dayung dan sangat seru bila dilakukan bersama – sama keluarga maupun teman – teman. 
Bagaimana, menjadi short holiday yang sangat menyenangkan bukan yang bisa kita temukan di Kabupaten Jombang ??


Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan