Lompat ke konten
Home » Resep » Mango Mochi, Camilan Unik yang Rasanya Kenyal Asam Manis

Mango Mochi, Camilan Unik yang Rasanya Kenyal Asam Manis

Mango Mochi

Assalamualaikum Sahabat Top Wisata,


Lagi musim buah mangga nihh guys ! kalau makan buah mangga yang cuman tinggal kupas langsung hap nyam nyam kayaknya terlalu standar yaahh.. 


Gimana kalau kita olah buah mangganya untuk dijadikan cemilan yang rasanya nano-nano gitu.. ngiler gak tuh ?!? pasti ngileerrr laahhh ngebayanginnya ! Yuk capcus cinta kita siapkan bahan – bahannya !

Bahan – bahan :

  1. 170 gram tepung beras ketan
  2. 20 gram maizena
  3. 250 ml susu cair
  4. 70 gram santan kental instan
  5. 100 gram gula pasir
  6. 1 sdm minyak sayur
  7. 200 gr mangga golek atau mangga gadung

Cara Membuatnya :

  1. Filling (isian mochi) ; bagi dua mangga (masing – masing 100 gram), sebagian dicincang kasar dan sebagian dijadikan jus kental. Masukkan jus kental di dalam panci lalu tambahkan 25 gram gula pasir lalu masak hingga mengental membentuk pasta. Campurkan mangga cincang kasar dalam panci, lalu tiriskan.
  2. Siapkan wadah untuk membuat bahan cair. Campurkan susu, santan, gula pasir, dan minyak sayur. Aduk semuanya hingga tercampur rata.
  3. Selanjutnya di wadah yang terpisah, masukkan tepung beras ketan dan tepung maizena yang telah diayak sebelumnya. Aduk keduanya terlebih dahulu, lalu masukkan sebagian bahan cair di atas. Aduk kembali hingga kedua bahan mulai tercampur rata.
  4. Masukkan sisa bahan cair ke dalam adonan dan aduk hingga rata. Pastikan adonan tidak menggumpal. Siapkan loyang atau wadah tahan panas lainnya dan oleskan minyak sayur di dalamnya.
  5. Tuangkan adonan yang sudah disaring ke dalam wadah dan kukus selama 15 menit dengan api sedang. Selagi adonan masih panas, aduk hingga tekstur terasa elastis. Langkah ini sangat penting dilakukan untuk membuat tekstur mochi lebih lembut.
  6. Bungkus adonan dengan plastik wrap agar adonan lebih dingin. Sambil menunggu adonan dingin, siapkan pelengkapnya.
  7. Sangrai tepung maizena selama 5 menit dan dinginkan. Lalu taburkan di alas untuk menggiling adonan.
  8. Giling adonan hingga ketebalan 3 cm atau sesuai selera. Lakukan pakai cookie cutter berbentuk bulat dan cetak adonan. Sisihkan adonan yang sudah dicetak dan lapisi dengan plastik wrap agar nggak menempel satu sama lain. Setelah itu ambil satu per satu adonan dan mulailah isi dengan filling. Lipat adonan dan bentuk membulat seperti bakpao.
  9. Simpan terlebih dahulu mochi di dalam kulkas. Sajikan ketika mocha dingin. Silahkan mencoba.
Baca Juga :  Resep Miles Crepes Jadi Ide Menarik Untuk Jualan
Mango Mochi, Camilan Unik yang Rasanya Kenyal Asam Manis
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan