Lompat ke konten
Home » Resep » Yuk, Buat Tempe Penyet Sambal Kencur yang Mudah, Cepat, dan Rasanya Maknyus

Yuk, Buat Tempe Penyet Sambal Kencur yang Mudah, Cepat, dan Rasanya Maknyus

resep tempe penyet sambal kencur
Lazada

Keyword : resep tempe penyet sambal kencur

Satu lagi menu kuliner sederhana yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu resep tempe penyet sambal kencur. Meskipun sederhana karena hanya menggunakan bahan tempe, tetapi jangan meremehkannya.

Terutama rasanya yang pastinya enak. Tempe yang digoreng garing di penyet dengan sambal kencur. Perpaduan rasa gurih tempe dan pedas sambal kencur. Siapa pun ingin mencicipinya.

Apalagi tempe penyet tersebut disantap dengan nasi hangat dalam kondisi lapar. Pasti makannya banyak dan lahap.

Menu tempe penyet sambal kencur juga menjadi andalan mereka yang lagi di ‘tanggal tua’. Daripada beli tempe penyet di luar yang mungkin rasa dan porsinya kurang mantap.

Lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Lagipula, bahan dan bumbunya mudah didapatkan serta harganya cukup murah. Cara membuatnya juga mudah dan cepat.

Lalu, bagaimana cara memasak resep tempe penyet sambal kencur yang lezat? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 8 potong tempe mentah
  2. 5 buah cabai rawit atau disesuaikan selera masing-masing
  3. 3 siung bawang putih
  4. 3 cm kencur
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. Kaldu bubuk secukupnya


Cara membuat tempe penyet sambal kencur

Semua bahan di atas harus disiapkan dulu. Setelah itu, barulah mempraktikkan resep tempe penyet sambal kencur dengan langkah sebagai berikut.

  1. Ambil tempe dan rendam dengan air hangat yang sudah diberi kaldu bubuk secukupnya.
  2. Lalu, siapkan wajan penggorengan dan nyalakan api kompor. Beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, masukkan tempe satu per satu ke dalam wajan.
  3. Goreng tempe hingga matang dan garing. Angkat dan tiriskan.
  4. Tempe sudah digoreng matang. Sekarang, giliran membuat sambalnya. Siapkan cobek dan ulegan. Lalu, uleg bawang putih, kencur, daun jeruk, dan cabai rawit. Tak perlu mengulegnya halus-halus. Tambahkan gula dan garam, lalu uleg lagi sebentar.
  5. Beri sedikit minyak panas dari bekas menggoreng tempe ke dalam cobek. Aduk hingga merata.
  6. Setelah itu, ambil tempe goreng dan penyet bersama sambalnya. Dipenyet bisa diartikan digepuk atau dipukul pelan tempe tersebut dengan ulekan, sambil dibolak-balik sehingga tempe dan sambal tercampur sempurna.
  7. Akhirnya, tempe penyet sambal kencur sudah matang dan siap disantap.
  8. Tak perlu di plating di piring saji. Anda bisa langsung menyantap tempe penyet sambal kencur di atas cobek. Siapkan juga nasi hangat untuk menemani makan.

Itulah resep tempe penyet sambal kencur selengkapnya? Sangat mudah dan cepat memasaknya. Silakan dicoba sendiri di rumah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version