Lompat ke konten
Home » Resep » Yuk, Memasak Fried Chicken Cheese yang Rasanya Luar Biasa

Yuk, Memasak Fried Chicken Cheese yang Rasanya Luar Biasa

Fried+Chicken+Cheese[1]

Fried Chicken Cheese

Resep fried chicken cheese bisa diartikan cara memasak ayam goreng tepung dengan toping keju di atasnya. Ayam goreng tepung khas KFC memang sangat populer di tengah masyarakat. 
Menu kuliner yang satu ini dijual mulai pinggiran jalan hingga rumah makan besar. Tentu saja rasanya berbeda tergantung dari pemilihan bahan, bumbu, dan cara memasaknya. 
Fried chicken yang rasa gurih bumbunya terasa. Ditambah daging ayam yang lembut. Apalagi rasa tepung gorengnya yang masih kriuk saat digigit. Itulah ayam goreng tepung terbaik.
Anda pun bisa membuat fried chicken sendiri di rumah dengan rasa yang tidak kalah dari para penjual di luar sana. Lebih spesial lagi karena diberi lelehan keju di atas ayam gorengnya, sehingga lebih berasa kekinian. 
Mulai dari anak-anak hingga orang tua dijamin menyukainya. Bagaimana? Tertarik untuk memasaknya sendiri? Untuk lebih jelasnya, silahkan menyimak resep fried chicken cheese berikut selengkapnya.

Bahan untuk ayamnya :

  1. ½ kg daging ayam segar, Anda bisa memilih yang dada atau paha
  2. 2 sendok makan saus tiram
  3. 1 sendok makan minyak wijen
  4. 5 siung bawang putih dihaluskan
  5. 1 cm jahe digeprek
  6. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam
Baca Juga :  Resep Bubur Kacang Hijau, Sarapan Sehat Keluarga

Bahan untuk tepungnya :

  1. 5 sendok makan tepung bumbu crispy
  2. 5 sendok makan tepung maizena
  3. 1 sendok makan baking powder
  4. 1 sendok teh lada bubuk
  5. 2 butir telur ayam

Bahan untuk cheese atau kejunya :

  1. 100 gram keju cheddar
  2. 1 sendok makan keju parmesan
  3. 200 ml susu cair
  4. 1 sendok makan tepung maizena yang dicampur sedikit air untuk mengentalkan

Cara membuat fried chicken cheese

  1. Semua bahan di atas harus Anda siapkan terlebih dulu. Setelah itu, barulah mempraktikkan cara memasak resep fried chicken cheese berikut.
  2. Potong daging ayamnya dulu menjadi beberapa bagian dengan ukuran sesuai selera. Lalu, rebus sekitar 15 menit agar matang. Ambil dan tiriskan.
  3. Setelah itu, ambil potongan ayam dan masukkan ke dalam wadah. Campurkan semua bahan ayam, kecuali minyak goreng hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit akan semua bumbu meresap ke dalam ayam.
  4. Selanjutnya, Anda membuat adonan tepungnya. Ambil wadah dan masukkan satu per satu bahan tepung, kecuali telur ayam. Aduk dengan tangan hingga merata.
  5. Anda juga harus membuat lelehan keju untuk topingnya. Panaskan pan penggorengan di api kecil. Lalu, masukkan semua bahan cheese, kecuali tepung maizena.
  6. Aduk hingga tercampur rata dan kejunya meleleh. Baru tambahkan tepung maizena ke dalamnya untuk mengentalkan adonan. Matikan kompor dan sisihkan.
  7. Setelah semua bahan selesai dibuat, Anda bisa mulai menggoreng ayamnya. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Perlu diingat, ayam goreng harus terendam semua saat proses penggorengan. Oleh karena itu, usahakan memakai wajan ukuran sedang atau besar, dan tuangkan minyak goreng cukup banyak.
  8. Sembari menunggu minyak goreng panas, Anda persiapkan dulu ayamnya. Campur telur ayam ke adonan ayam dan aduk merata.
  9. Setelah itu, masukkan ayam ke dalam adonan tepung yang sudah dibuat. Pastikan seluruh bagian permukaan ayam dilumuri tepung.
  10. Masukkan ayam ke dalam wajan satu per satu. Kecilkan api kompor. Jangan lupa membolak-balik ayamnya agar tidak gosong.
  11. Jika ayam goreng sudah berwarna kuning kecoklatan, segera angkat dan tiriskan. Ayam goreng tepung sudah matang dan siap di plating.
  12. Siapkan piring saji. Ambil dan tata fried chicken di atasnya. Lalu, tuangkan lelehan keju di atasnya.
  13. Anda juga bisa melengkapinya dengan saus tomat atau saus cabai sesuai selera.
Baca Juga :  Lauk Buka Puasa Maknyuss, Resep Ayam Asam Manis

Akhirnya, fried chicken cheese sudah matang dan siap disantap. Ajaklah seluruh anggota keluarga dan orang terdekat mencicipinya. Silakan dicoba sendiri resep fried chicken cheese di rumah. Selamat mencoba. 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan