Home » Ovomaltine Croffles, Jajanan Kaum Millineals

Ovomaltine Croffles, Jajanan Kaum Millineals

Ovomaltine Croffles (1)

Resep Ovomaltine Croffles

Assalamualaikum sahabat Top Wisata,

sudah pada kenal belum sama croffles ? Jajanan ini lagi naik daun lho satu bulan terakhir ini. Croffle merupakan singkatan dari croissant dan waffle, dan penemunya bernama Louise Lennox.

Proses awal membuat croffle adalah dengan menempatkan croissant yang sudah diolesi dengan mentega ke cetakkan waffle sehingga akan menghasilkan rasa yang gurih dan renyah.

Jika croffles sudah matang, bisa ditambahkan aneka topping di atasnya sesuka hati penikmat. Bisa dibilang croffles merupakan modifikasi dari croissant dan ini memberi ide untuk menikmati croissant dalam bentuk yang lain.

Penasaran nggak nih kalian pengen cobain sendiri di rumah ? Catet ya bahan dan cara membuatnya !

Bahan – bahan :

  1. 225ml usus cair hangat
  2. 8 gram ragi instan
  3. 10 sdm gula pasir/brown sugar
  4. 300 gram tepung terigu protein tinggi
  5. 1/2 sdt garam
  6. 170 gr mentega/butter
  7. Selai ovomaltine secukupnya

Cara membuatnya :

  1. Masukkan ragi dan 5 sendok makan gula ke dalam susu, aduk lalu tutup dengan plastic wrap. Diamkan selama 15 menit di suhu ruang.
  2. Di wadah terpisah, masukkan tepung terigu dan garam lalu aduk agar tercampur rata. Masukkan larutan susu, ragi dan gula ke dalam wadah. Uleni hingga kalis (tidak perlu halus, cukup sudah tidak lengket banget di tangan) selama 5 – 8 menit.
  3. Olesi wadah lain dengan sedikit minyak goreng, masukkan adonan no. 2 lalu istirahatkan selama 1 jam hingga mengembang 2 kali lipat.
  4. Siapkan talenan yang telah ditaburi dengan terigu sebelumnya. pipihkan adonan dengan rolling pin kira – kira sampai 40 x 50 cm luasnya dan membentuk persegi panjang.
  5. Olesi permukaan adonan dengan butter secara merata menggunakan spatula. Lalu tumpuk semua adonan selanjutnya lipat 3 kali. Bungkus menggunakan plastic wrap dan simpan dalam freezer selama 50 menitan. Setelah 25 menit didinginkan, balik adonan agar dinginnya merata.
  6. Keluarkan adonan dari freezer, pipihkan perlahan dengan rolling pin memanjang berbentuk seperti jajaran genjang. Selanjutnya bagi dan potong menjadi 10 bagian berbentuk segitiga.
  7. Ambil satu per satu adonan, belah tengah bagian bawah, tarik kemudian gulung. Lakukan hingga adonan habis.
  8. Diamkan adonan selama 15 – 20 menit hingga mengembang.
  9. Olesi permukaannya dengan air lalu masukkan ke dalam gula pasir/brown sugar.
  10. Panaskan cetakan waffle lalu masukkan adonan croffle. Panggang hingga kecoklatan.
  11. Penyajian : olesi bagian atas croffles dengan selai ovomaltine selagi dalam kondisi hangat. Sajikan penuh cinta untuk keluarga. Selamat mencoba di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *