Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Bitterballen, Camilan Enak Keluarga Saat Weekend

Bitterballen, Camilan Enak Keluarga Saat Weekend

Bitterballen (1)

Cara membuat Bitterballen

Assalamualaikum sahabat Top Wisata, Camilan apa yang biasanya kalian nikmati atau yang menjadi favorit keluarga saat weekend ? Kalau keluarga mommin sukanya bitterballen.

Camilan ini terbilang cukup berat, yup karena bahan – bahan untuk membuatnya mengandung daging, keju, jamur, susu, krim, telur, tepung dan minyak yang kaya akan karbohidrat, lemak dan protein.

Hihihiii.. kalau buat kalian yang lagi program diet siih makan cukup 1 buah aja udah bikin kenyang, tapi nggak tau lagi yaa kalau udah ngerasain enaknya dan bikin nagih buah nyomot lagi.

Wkwkwkwkk.. jangan salahin mommin klo timbangannya geser ke kanan (peace.. 😊). Buat bocah – bocah yang lagi GTM (gerakan tutup mulut) para mommies di rumah bisa juga deh bikini ini resep. Yuk mulai masaknya !

Bahan – bahan :

  1. 175 gr daging sapi giling
  2. 150 gr margarin
  3. 125 gr bawang bombay, cincang kasar
  4. 5 siung bawang putih, cincang halus
  5. 100 gr jamur champignon, iris tipis
  6. 100 gr tepung terigu serbaguna
  7. 200 ml susu cair full cream
  8. 150 ml krim kental
  9. 50 gr keju cheddar parut
  10. 1 sdt garam
  11. 1/2 sdt pala bubuk
  12. 1/2 sdt merica bubuk
  13. 1/2 sdt gula pasir
  14. 2 butir telur kocok lepas
  15. 100 gr tepung terigu
  16. 150 gr tepung roti
  17. Minyak secukupnya untuk menggoreng
Baca Juga :  Sayur Asem Nila Goreng, Sambal Terasi Memang Tiada Duanya

Cara membuatnya :

  1. Sangrai daging menggunakan teflon anti lengket hingga berubah warna dan kering. Angkat lalu sisihkan ke wadah lain.
  2. Panaskan margarin menggunakan teflon bekas sangrai daging, lalu masukkan juga bawang bombay dan bawang putih hingga aromanya harum.
  3. Masukkan jamur dan tumis hingga layu. Tambahkan tepung terigu lalu aduk hingga rata sembari tuang sedikit demi sedikit susu dan krim secara bergantian. Aduk adonan hingga kalis, licin dan rata.
  4. Tambahkan gula, garam, merica dan pala lalu aduk rata kembali. Tambahkan juga keju parutnya lalu angkat dan biarkan dingin.
  5. Ambil 1 sendok adonan, bentuk bulat. Ulangi langkah tersebut hingga adonan habis
  6. Ambil 1 bulatan adonan, gulingkan ke dalam tepung terigu serbaguna lalu celupkan ke dalam telur kocok. Selanjutnya gulingkan kedalam tepung roti. Ulangi langkah ini hingga keseluruhan adonan berbalut tepung roti.
  7. Masukkan adonan bitterballen ke dalam freezer selama 1 jam sebelum di goreng.
  8. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, gunakan api sedang cenderung kecil. Goreng bitterballen hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  9. Siapkan saus sambal dan saus tomat sebagai teman cocolan atau bisa juga ditambahkan mayonnaise.
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan