Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Inilah Tongseng Kambing Ala Rumahan yang Rasanya Dijamin Lezat

Inilah Tongseng Kambing Ala Rumahan yang Rasanya Dijamin Lezat

Tongseng Kambing (1)
Lazada

Resep tongseng kambing

Resep tongseng kambing menjadi salah satu yang dicari banyak orang. Secara umum, masakan berbahan daging atau jeroan kambing memang sangat disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah tongseng kambing yang mudah menemukan rumah atau warung makan yang menjual menu kiliner tersebut.

Tentu saja memasak tongseng kambing membutuhkan beragam bumbu dan rempah-rempah khas Nusantara yang membuat rasanya lebih sedap sekaligus bisa menghilangkan bau prengus kambing.

Selain itu, harus diperhatikan cara memasaknya. Anda mungkin salah satu yang ingin coba memasak sendiri resep tongseng kambing silahkan membaca uraian di bawah ini.

Mulai dari bahan, bumbu, dan cara memasaknya yang direkomendasikan bisa Anda baca dan pelajari untuk dipraktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging kambing atau bisa dipilih yang berlemak atau jeroan
  2. 2 lembar daun salam
  3. 2 cm jahe digeprek
  4. 1 cm lengkuas digeprek
  5. 1 liter air matang
  6. 4 siung bawang merah diiris kecil
  7. 2 siung bawang putih diiris kecil
  8. 4 buah cabai rawit merah
  9. 1 buah tomat merah dipotong
  10. 1 batang serai digeprek dan diambil bagian putihnya
  11. 1 batang daun bawang diiris kecil
  12. 500 ml santan kelapa
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  14. Kecap manis secukupnya
  15. Kol atau kubis secukupnyak dipotong
  16. Garam secukupnya
  17. Merica bubuk secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 butir kemiri disangrai
  4. 2 cm kunyit
  5. 1 cm jahe
  6. ½ sendok teh ketumbar
  7. 2 sendok teh garam
  8. ½ sendok teh merica
  9. 1 sendok teh gula pasir

Bahan pelengkap

  1. Bawang goreng secukupnya
  2. Emping secukupnya

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap, Anda bisa segera memasak resep tongseng kambing dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging kambing di bawah air mengalir, lalu potong-potong ukuran sedang atau sesuai selera. Beli dan pilihlah daging kambing yang masih muda. Cirinya, warna serat dagingnya mengarah ke merah jambu. Setelah dipotong, bumbui dengan garam dam merica secukupnya. Diamkan sekitar 30 menit.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Lalu, masukkan batang serai dan daun salam. Aduk terus hingga layu.
  3. Tambahkan air matang dan aduk terus. Setelah itu, tambahkan santan kelapa dan kecilkan api kompor. Aduk terus merata. Setelah mendidih, matikan kompor dan sisihkan kuah tongseng tersebut.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan juga jahe dan lengkuas. Setelah itu, masukkan daging kambing dan aduk merata.
  5. Lalu, masukkan kol, cabai rawit, dan daun bawang . Aduk terus hingga merata. Setelah itu, masukkan kuah tongseng yang sudah matang tadi. Aduk perlahan agar santan tidak pecah. Masak terus hingga mendidih dan kuahnya sedikit mengental. Lalu, tambahkan tomat dan kecap manis secukupnya.
  6. Aduk terus dan silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor dan tongseng kambing siap dihidangkan.
  7. Siapkan sebuah piring atau mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Tuangkan tongseng kambing yang sudah matang diatasnya. Jangan lupa taburi bawang goreng dan emping secukupnya. Siapkan sepiring nasi hangat saat ingin menyantapnya.

Resep tongseng kambing yang diuraikan diatas bisa Anda coba masak sendiri di rumah. Setelah matang ajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat makan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version