Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mencicipi Lezatnya Gulai Daging Sapi Khas Yogyakarta

Mencicipi Lezatnya Gulai Daging Sapi Khas Yogyakarta

Gulai Daging Sapi (1)

Resep gulai daging sapi

Masakan gulai daging sapi khas Yogyakarta bisa dijadikan menu makan siang atau makan malam yang direkomendasikan. Gulai yang biasanya menggunakan daging kambing dengan ciri khasnya tersendiri.

Sekarang, gulai juga bisa dimasak menggunakan bahan daging sapi. Dimasak dengan bumbu yang kaya rempah-rempah, sehingga citarasanya benar-benar menggugah selera.

Anda yang berdomisili atau pernah berkunjung ke Yogyakarta tentu juga mencicipi kuliner khasnya. Bukan hanya Gudeg saja masakan khas Yogyakarta yang lezat dan mantap.

Masih ada banyak masakan lainnya yang tidak kalah enaknya. Tentu saja dengan masing-masing citarasa khasnya. Begitu juga dengan masakan gulai daging sapi khas Yogyakarta yang bisa Anda masak sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resepnya berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 kg daging sapi bisa dipilih yang berlemak
  2. 1 liter santan kental
  3. 2 liter santan encer
  4. Mentega atau margarin secukupnya untuk menumis

Bahan pelengkap

  1. 10 buah cabai rawit merah utuh
  2. 100 gram kol/kubis dirajang kecil
  3. 3 buah tomat merah dipotong
  4. Kecap manis secukupnya
  5. Bawang goreng secukupnya
Baca Juga :  Lezat dan Mudah Dibuat, Resep Rice Bowl Oyakodon Khas Jepang Wajib Dicoba

Bumbu yang dihaluskan

  1. 15 siung bawang merah
  2. 7 siung bawang putih
  3. 4 sendok teh biji ketumbar disangrai
  4. 1 sendok teh jintan disangrai
  5. 8 butir kemiri disangrai
  6. 2 cm kunyit
  7. 2 cm jahe

Bumbu pelengkap

  1. 6 butir cengkih
  2. 4 buah kapulaga
  3. 8 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  4. 2 cm lengkuas
  5. 2 lembar daun kunyit
  6. 3 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  7. Garam secukupnya
  8. Gula pasir secukupnya
  9. Lada putih bubuk secukupnya

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda bisa segera memasak gulai daging sapi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging sapi di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus sekitar 30 menit. Angkat dan sisihkan. Lalu, potong daging ukuran sedang atau sesuai selera Anda.
  2. Selanjutnya, siapkan panci lalu rebus santan encer. Masukkan potongan daging sapi dan masak hingga mendidih diatas api kompor kecil saja.
  3. Panaskan wajan dan beri mentega atau margarin secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan bumbu pelengkap, kecuali garam, gula pasir, dan lada putih bubuk. Tumis terus hingga layu.
  4. Setelah itu, masukkan tumisan bumbu tersebut ke dalam panci rebusan daging. Masak hingga daging empuk. Tambahkan santal kental ke dalamnya. Aduk perlahan saja.
  5. Tambahkan garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya. Aduk terus perlahan. Masukkan juga cabai rawit utuh ke dalamnya.
  6. Masak hingga mendidih dan mengental. Anda bisa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Jika masih kurang asin, tambahkan saja garam secukupnya lalu aduk lagi sebentar. Setelah itu, matikan kompor dan masakan sudah matang, siap dihidangkan.
  7. Siapkan sebuah mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Tuangkan gulai daging yang sudah matang diatasnya. Tambahkan bahan pelengkap, seperti rajangan kol, tomat, dan kecap manis secukupnya. Lebih sedap lagi ditaburi bawang goreng secukupnya. Jangan lupa menyiapkan sepiring nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Membuat Dolsot Bibimbap (Mangkuk Nasi Pot Batu Korea)

Masakan gulai daging sapi sudah matang dan siap untuk disantap. Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan memasaknya sendiri dengan bahan, bumbu, serta cara memasak seperti yang diinformasikan diatas. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan