Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Gudeg Jogja, Rasa Manisnya bikin Kangen Rumah

Resep Gudeg Jogja, Rasa Manisnya bikin Kangen Rumah

resep gudeg jogja (1)

Resep Gudeg Jogja

Recipe By siti
Course: resep gudeg jogja Cusine:ID Difficulty:Starter

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. 300 gram nangka muda

  2. 3 butir telur rebus

  3. 65 ml santan kental

  4. 2 kantong teh celup (pengganti daun jati)

  5. 100 gram gula merah

  6. 3 lembar daun salam

  7. 3 lembar daun jeruk

  8. 1 jempol lengkuas geprek

  9. 1 batang serai geprek

  10. 2 sdt garam

  11. 1 sdt ketumbar bubuk

  12. 500 ml air

  13. 4 siung bawang putih

  14. 3 butir bawang merah besar

  15. 2 butir kemiri

  16. 2 cm jahe

  17. 2 cm kunyit

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam membuat gudeg Jogja adalah merebus nangka muda dengan santan dan daun salam hingga empuk

  2. Langkah 2

    Setelah itu, tambahkan gula merah, garam, lengkuas, dan bumbu lain sesuai dengan selera

  3. Langkah 3

    Biarkan bahan-bahan tersebut meresap dan bumbu meresap ke dalam nangka muda

  4. Langkah 4

    Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar tidak gosong

  5. Langkah 5

    Setelah matang, gudeg Jogja siap disajikan dengan nasi dan lauk pauk lainnya.

NOTES

    Untuk mendapatkan gudeg Jogja yang memiliki rasa yang autentik, sebaiknya gunakan daun salam, lengkuas, dan serundeng sebagai bumbu tambahan. Daun salam dan lengkuas akan memberikan aroma khas Jawa yang harum, sementara serundeng akan menambahkan tekstur renyah pada gudeg. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi gudeg selama proses memasak agar tingkat kemanisan dan keasinan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Gudeg merupakan salah satu makanan khas dari Yogyakarta yang terkenal dengan cita rasa manisnya. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah khas Jawa. Gudeg Jogja biasanya disajikan dengan nasi, ayam suwir, telur, sambal goreng krecek, dan serundeng. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep gudeg Jogja beserta cara membuatnya dengan baik dan benar.

Baca Juga :  Resep Ayam Panggang Renyah dengan Rasa BBQ Korea

Bahan-bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat gudeg Jogja, ada beberapa bahan utama yang harus disiapkan, antara lain nangka muda, santan, gula merah, daun salam, lengkuas, dan garam. Nangka muda yang digunakan sebaiknya dipotong kecil-kecil agar teksturnya lebih empuk saat dimasak. Santan yang digunakan sebaiknya yang masih segar agar menghasilkan gudeg yang lebih lezat. Gula merah dapat ditambahkan sesuai dengan selera untuk mendapatkan tingkat manis yang pas.

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah pertama dalam membuat gudeg Jogja adalah merebus nangka muda dengan santan dan daun salam hingga empuk. Setelah itu, tambahkan gula merah, garam, lengkuas, dan bumbu lain sesuai dengan selera. Biarkan bahan-bahan tersebut meresap dan bumbu meresap ke dalam nangka muda. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Setelah matang, gudeg Jogja siap disajikan dengan nasi dan lauk pauk lainnya.

Tips Tambahan

Untuk mendapatkan gudeg Jogja yang memiliki rasa yang autentik, sebaiknya gunakan daun salam, lengkuas, dan serundeng sebagai bumbu tambahan. Daun salam dan lengkuas akan memberikan aroma khas Jawa yang harum, sementara serundeng akan menambahkan tekstur renyah pada gudeg. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi gudeg selama proses memasak agar tingkat kemanisan dan keasinan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Baca Juga :  Cara Membuat Resep Seblak Super Pedas Yang Lezat

Variasi Menu

Meskipun gudeg Jogja biasanya disajikan dengan nasi dan lauk pauk tradisional, Anda juga dapat bereksperimen dengan variasi menu lainnya. Misalnya, Anda bisa mencoba menyajikan gudeg dengan ketan atau lontong sebagai pengganti nasi. Anda juga dapat menambahkan telur rebus, tempe goreng, atau tahu sebagai pelengkap gudeg. Variasi ini akan memberikan sensasi baru dalam menikmati hidangan khas Yogyakarta ini.

Manfaat Gudeg Jogja

Gudeg Jogja tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Nangka muda yang menjadi bahan utama gudeg mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, santan yang digunakan mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh. Gudeg juga mengandung berbagai rempah-rempah seperti daun salam dan lengkuas yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi gudeg secara teratur, Anda dapat mendapatkan manfaat kesehatan dari hidangan tradisional ini.

Kesimpulan

Gudeg Jogja merupakan hidangan khas Yogyakarta yang lezat dan sarat akan manfaat kesehatan. Dengan mengikuti resep di atas dan tips tambahan, Anda dapat dengan mudah membuat gudeg Jogja sendiri di rumah. Jangan lupa untuk bereksperimen dengan variasi menu untuk menambahkan kesan baru dalam menikmati hidangan ini. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan gudeg Jogja!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan nangka kaleng untuk membuat gudeg Jogja? Ya, Anda bisa menggunakan nangka kaleng jika tidak menemukan nangka muda segar. Namun, pastikan untuk menyaring nangka kaleng dari sirupnya terlebih dahulu.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak gudeg Jogja? Waktu memasak gudeg Jogja bisa bervariasi tergantung pada jumlah bahan yang digunakan. Namun, secara umum, gudeg biasanya matang dalam waktu 2-3 jam.

Baca Juga :  Memasak Gulai Daun Singkong Spesial yang Lezat Sendiri di Rumah

Apakah saya bisa menyimpan gudeg Jogja di dalam kulkas? Ya, Anda bisa menyimpan gudeg Jogja di dalam kulkas untuk dikonsumsi di lain waktu. Namun, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara dan panaskan kembali sebelum disajikan.

Dapatkah saya mengganti santan dengan susu dalam resep gudeg Jogja? Meskipun tidak lazim, Anda bisa mengganti santan dengan susu sebagai alternatif. Namun, rasanya akan sedikit berbeda dan tekstur gudeg mungkin juga akan berubah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info