Lompat ke konten
Home » Resep » Sayur Sambal Krecek yang Gurih Pedas Memang Menggugah Selera

Sayur Sambal Krecek yang Gurih Pedas Memang Menggugah Selera

Sayur Sambal Krecek

Resep sayur sambal krecek

Resep sayur sambal krecek bisa Anda jumpai saat berada di Jawa Tengah. Khususnya di kota Solo, Yogyakarta, dan sekitarnya.

Biasanya, sayur tersebut menjadi pelengkap menu kuliner gudeg, nasi kuning, lontong opor, atau menjadi sayur utama yang disantap dengan nasi hangat.

Rasanya yang pedas dan gurih memang lezat di lidah. Terutama kreceknya yang menjadi sensasi tersendiri saat dimakan. Anda mungkin salah satu yang sudah pernah coba mencicipinya dan sekarang ingin menyantapnya lagi.

Anda bisa menemukan sayur krecek di warung atau rumah makan khas Jawa. Namun jika belum menemukannya juga, silahkan memasaknya sendiri dengan bahan, bumbu, dan cara yang mudah.

Untuk lebih jelasnya, berikut informasi resep sayur sambal krecek selengkapnya yang harus Anda coba.

Bahan-bahan

  1. 100 gram kerupuk kulit sapi
  2. 3 kotak tahu putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 2 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 2 cm lengkuas
  7. 1 sendok teh garam
  8. ½ sendok teh kaldu bubuk
  9. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  10. 500 ml santan dari ½ butir kelapa
  11. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Memasak Resep Tumis Brokoli untuk Sahur yang Cepat dan Praktis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 buah cabai merah besar diseduh air panas sebentar

Cara memasak sayur sambal krecek

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep sayur sambal krecek dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Potong dulu tahu putih ukuran dadu. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tahu. Setelah minyak panas, goreng semua tahu hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi untuk menumis. Anda bisa menggunakan sisa minyak menggoreng tahu, tetapi dikurangi hanya tinggal sedikit. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Tambahkan daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Tumis hingga semua layu. Setelah itu, tuangkan santan ke dalam wajan. Kecilkan api kompor dan aduk perlahan terus menerus agar santannya tidak pecah. Masak hingga mendidih.
  4. Setelah itu, masukkan semua kerupuk kulitnya, tahu goreng, dan cabai rawit merah utuh. Aduk merata. Bumbui dengan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk. Aduk merata lagi, lalu masak hingga krecek benar-benar lunak dan lembut.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah sedap dan kreceknya lumak, segera matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap dihidangkan.
  6. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Lalu, tuangkan sayur sambal krecek yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda bisa melengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya atau menjadi campuran sayur saat memakan gudeg, opor, sambal goreng ati, dan lain sebagainya.
Baca Juga :  Resep Ramen Ayam Ala Rumahan Wajib Anda Coba di Rumah

Itulah resep sayur sambal krecek khas Jawa Tengah yang rasanya benar-benar lezat. Anda yang penasaran dengan rasanya silahkan coba memasaknya di rumah dengan langkah-langkah seperti diatas. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan