Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Pindang Daging Kudus, Cocok deh Coba Masak di Rumah

Pindang Daging Kudus, Cocok deh Coba Masak di Rumah

Pindang Daging Kudus (1)

Resep pindang daging Kudus

Resep pindang daging Kudus merupakan salah satu masakan khas Nusantara dengan citarasa yang lezat. Masakan yang satu ini mirip dengan rawon khas Jawa Timur karena menggunakan bumbu kluwek. Perbedaannya, pindang daging memakai campuran santan dan daun melinjo sebagai ciri khasnya.

Pindang daging menjadi masakan khas dari Kudus, Jawa Tengah dan cukup mudah menemukan penjualnya. Biasanya, penyajian pindang daging langsung diguyurkan diatas nasi hangat saat ingin disantap. Sangat cocok untuk makan siang maupun makan malam. Lebih lengkap lagi ditemani tempe goreng, perkedel kentang, ataupun baceman jerohan sapi.

Anda sekalian terutama yang belum pernah mencicipinya dan sangat ingin menyantap pindang daging Kudus ini. Silahkan membaca resep masakan ini selengkapnya yang akan diinformasikan berikut agar dapat memasaknya sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  1. 400 gram daging sapi bagian sandung lamur
  2. 50 gram daun melinjo
  3. 400 ml santan kelapa
  4. 800 ml air kaldu sapi

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 buah bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. ½ sendok teh ketumbar
  4. ¼ sendok teh jintan
  5. ½ sendok teh terasi dibakar
  6. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  7. 2 sendok teh garam
  8. ¼ sendok teh merica
Baca Juga :  Resep Puding Kelapa Gula Jawa, Sajian Berbuka Puasa yang Manis, Segar, dan Enak

Bumbu lain

  1. 2 buah kluwek dihaluskan
  2. 10 buah cabai rawit
  3. 4 lembar daun salam
  4. 2 lembar daun jeruk
  5. 2 cm lengkuas digeprek
  6. 1 cm jahe digeprek
  7. 2 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  8. 2 sendok makan air asam Jawa
  9. 3 sendok makan makan minyak goreng untuk menumis

Cara memasak pindang daging

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda bisa mempraktikkan cara memasak pindang daging Kudus dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan daging sapi terlebih dulu di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus daging dengan panci presto sekitar 10 menit. Anda yang tidak memiliki panci presto, dapat merebus daging sapi dengan panci biasa bersama 1 liter air selama 60 menit atau hingga daging empuk.
  2. Setelah daging matang dan empuk, ambil dan tiriskan. Lalu, potong-potong daging ukuran sedang. Adapun air bekas rebusan daging jangan dibuang karena masih digunakan untuk memasak.
  3. Selanjutnya, rebus daun melinjo sebentar saja dan jangan sampai layu. Angkat dan tiriskan.
  4. Langkah berikutnya, Anda panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Lalu, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, batang serai, dan jahe. Tumis terus hingga layu.
  5. Masukkan kluwek yang sudah dihaluskan. Aduk merata lalu tambahkan air asam Jawa ke dalam wajan. Aduk lagi merata.
  6. Selanjutnya, masukkan potongan daging sapi dan aduk merata terus. Setelah mendidih, matikan kompor. Masukkan tumisan bumbu dan daging di wajan ke dalam panci yang yang berisi air kaldu bekas rebusan daging.
  7. Masak lagi dengan api kompor kecil saja. masukkan cabai rawit utuh ke dalamnya. Tambahkan santan dan aduk terus perlahan. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor dan masakan pindang daging sudah matang.
  8. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Beri nasi putih hangat secukupnya. Tambahkan daun melinjo secukupnya. Setelah itu, tuangkan pindang daging di atasnya. Jangan lupa beri bawang goreng secukupnya jika ada.
Baca Juga :  Coba Deh, Goreng Tortila yang Berbeda Penyajiannya

Itulah resep pindang daging Kudus yang bisa Anda coba memasaknya sendiri di rumah. Dijamin rasanya menggoyang lidah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan