Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ayam Goreng Kalasan Sleman, Enak Banget, Ini caranya

Ayam Goreng Kalasan Sleman, Enak Banget, Ini caranya

Ayam Goreng Kalasan (1)

Resep ayam goreng Kalasan

Ayam goreng Kalasan berasal dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kuliner ayam goreng yang sudah populer terutama di Pulau Jawa. Bahkan, tidak sedikit rumah atau warung makan yang menjual ayam goreng tersebut meskipun citarasanya belum tentu sama dengan yang asli dari Sleman.

Ayam goreng ini mempunyai ciri khas rasa yang benar-benar gurih dan sedap. Bahan utamanya adalah ayam kampung yang dimasak ungkep dengan bumbu kaya rempah-rempah khas Nusantara.

Oleh karena itu, rasanya yang lezat dipastikan menggoyang lidah Anda. Biasanya, menyantap ayam goreng khas Kalasan lebih lengkap ditemani nasi hangat, sambal terasi, dan lalapan. Dijamin, bukan hanya sepiring nasi saja yang dimakan, tetapi lebih.

Anda yang ingin mencicipi ayam goreng Kalasan tak perlu jauh-jauh pergi ke Sleman, Yogyakarta. Pasalnya, Anda bisa memasak dan membuatnya sendiri di rumah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan membaca resepnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
  2. 600 ml air kelapa
  3. 3 lembar daun salam
  4. 2 cm lengkuas digeprek
  5. 3 sendok gula Jawa
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok makan kecap manis
  8. 500 ml minyak goreng untuk menggoreng ayam
  9. Mentimun, tomat, kol, dan daun kemangi secukupnya untuk lalapan
Baca Juga :  Resep Membuat Tteokbokki Vegan (Kue Beras Pedas) dalam 15 Menit

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh ketumbar bubuk

Bahan sambal terasi goreng

  1. 3 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 3 buah cabai merah
  4. 5 buah cabai rawit
  5. 1 sendok teh terasi sudah digoreng sebentar
  6. ¼ sendok teh garam
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuatnya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera membuat ayam goreng Kalasan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Setelah itu, potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda.
  2. Perlu diingat, tekstur daging ayam kampung lebih padat dan keras, sehingga harus lebih lama merebusnya. Kecuali, Anda memiliki panci presto untuk merebusnya tak perlu waktu lama hingga dagingnya empuk. Namun jika hanya menggunakan panci biasa, minimal direbus 60 menit. Setelah direbus, angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, ayam kampung direbus untuk kedua kalinya bersama air kelapa. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk sebentar, lalu masukkan daun salam, lengkuas, gula Jawa, garam, dan kecap manis. Aduk lagi merata dan ungkep ayam hingga air menyusut. Angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng ayam yang sudah diungkep. Pastikan minyak goreng benar-benar sudah panas. Setelah itu, masukkan potongan ayam satu per satu. Goreng ayam di api kompor sedang hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa membolak-baliknya agar matangnya merata dan tidak gosong.
  5. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Ayam goreng sudah matang. Anda tinggal membuat sambal dan menyiapkan lalapannya.
  6. Cara membuat sambalnya cukup mudah. Panaskan dulu wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit hingga layu.
  7. Siapkan cobek dan tuangkan tumisan tersebut beserta minyak gorengnya diatasnya. Tambahkan terasi goreng dan garam secukupnya. Lalu, uleg dan haluskan sambal hingga halus. Adapun untuk lalapannya, Anda cukup mencuci dulu sayurannya di bawah air mengalir. Lalu, potong sayuran sesuai selera.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating. Letakkan ayam goreng diatasnya dan lengkapi dengan sambal terasi serta lalapan. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Sederhana Mie Ramen Homemade

Itulah resep ayam goreng Kalasan khas Sleman Yogyakarta yang bisa Anda coba masak sendiri di rumah sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan