Lompat ke konten
Home » Memasak Kare Ayam yang Rasanya Maknyus untuk Disantap Seluruh Keluarga

Memasak Kare Ayam yang Rasanya Maknyus untuk Disantap Seluruh Keluarga

Kare Ayam (1)

Resep kare ayam

Resep kare ayam biasanya dimasak khusus untuk menyambut hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Kare atau bisa disebut kari bisa dimasak dengan beragam bahan, seperti daging sapi, bebek, ayam, atau bahkan seafood.

Namun yang sekarang, kare akan dimasak dengan bahan ayam kampung. Dimana tekstur daging ayamnya lebih keras dan padat, sehingga harus dimasak lebih lama agar rasanya empuk.

Kare ayam sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat untuk makan siang atau makan malam. Menu kuliner yang satu ini rasanya enak dan disukai oleh banyak orang, mulai anak-anak hingga orang tua.

Oleh karenanya, resep kare ayam sangat cocok disantap bersama seluruh anggota keluarga dan orang terdekat. Lalu, apakah Anda ingin memasaknya sendiri di rumah? Berikut informasi resepnya yang bisa Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung muda ukuran sedang
  2. 500 ml santan atau dari ½ butir kelapa
  3. 4 buah tahu putih dipotong-potong lalu digoreng setengah matang
  4. 2 batang serai digeprek
  5. 3 cm lengkuas digeprek
  6. 3 lembar daun salam
  7. 4 lembar daun jeruk
  8. 1 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. Kaldu bubuk secukupnya
  11. Bawang merah goreng secukupnya untuk taburan
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Mau Menyantap Masakan Khas Jawa? Coba Saja Menu Asem-Asem Daging Sapi

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 4 butir kemiri
  4. 2 cm jahe
  5. 3 cm kunyit
  6. 1 sendok makan ketumbar
  7. 1 sendok teh merica butiran

Cara memasak kare ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep kare ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Lalu, potong-potong menjadi 10 bagian atau sesuai selera. Rebus ayam sekitar 30 menit. Angkat dan sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan batang serai. Tumis hingga layu.
  3. Masukkan potongan ayam dan aduk merata hingga berubah warna. Tambahkan santan dan aduk perlahan. Kecilkan api kompor, lalu masukkan potongan tahu. Bumbui dengan garam gula, dan kaldu bubuk. Aduk terus perlahan hingga mendidih dan bumbu meresap.
  4. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor dan masakan kare ayam sudah matang, siap disajikan.
  5. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Tungkan masakan kare ayam yang sudah matang ke atas mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya agar lebih sedang. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Membuat Mie Aceh, Lezatnya tak Terlupakan

Ternyata, memasak resep kare ayam tidak begitu sulit. Silahkan Anda coba sendiri di rumah. Setelah matang, jangan lupa ajak seluruh anggota keluarga untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor topwisata.info