Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mengenal Resep Lontong Balap Khas Surabaya yang Lagi Viral

Mengenal Resep Lontong Balap Khas Surabaya yang Lagi Viral

Lontong Balap (1)
Lazada

Resep lontong balap

Resep lontong balap bisa Anda masak dan buat sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan.

Menu kuliner yang satu ini mendadak viral dan populer di kalangan pemburu makanan alias food vloger setelah beberapa kali ditayangkan di acara kuliner stasiun televisi swasta.

Mereka ingin mencicipi langsung lontong balap yang katanya porsinya jumbo dan rasanya mantul.

Diketahui menu lontong balap merupakan makanan khas Kota Surabaya, Jawa Timur. Sepiring  Lontong balap saat dihidangkan berisi potongan lontong yang diberi topping tahu dan touge, lalu disiram air kaldu yang manis gurih.

Biasanya, dilengkapi dengan lentho (perkedel kacang tolo) dan sambal petis untuk memberikan sensasi rasa gurih pedasnya.

Anda semua yang ingin mencicipi lontong balap khas Surabaya tak perlu jauh-jauh berkunjung ke sana. Anda bisa membuatnya sendiri dengan panduan resep lontong balap yang disampaikan berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 buah lontong dipotong-potong
  2. 2 buah tahu putih ukuran sedang
  3. 2 genggam touge segar diseduk air panas dan tiriskan
  4. 1 batang daun bawang diiris
  5. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. ½ sendok teh merica butiran
  4. 2 sendok teh garam

Bahan untuk kuah

  1. 2 sendok makan minyak goreng
  2. 750 ml kaldu sapi
  3. 2 sendok makan kaldu jamur
  4. 100 ml kecap manis

Bahan untuk sambal petis

  1. 1 sendok makan minyak goreng
  2. 3 sendok makan petis udang
  3. 3 sendok makan kecap manis
  4. 1 sendok teh gula pasir
  5. 100 ml air matang

Bahan pelengkap

  1. Lentho atau perkedel kacang tolo (jika ada)
  2. Daun seledri secukupnya diiris halus
  3. Bawang merah goreng secukupnya

Cara membuat lontong balap

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan semua, Anda dapat segera mempraktikkan resep lontong balap dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, Anda membuat dan mempersiapkan bahan isiannya dulu. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Setalah panas, goreng tahu putih setengah matang saja. Angkat dan tiriskan. Diamkan sejenak agar tidak begitu panas, lalu potong-potong tahu ukuran sedang. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, Anda siapkan kuah lontongnya. Caranya, panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng bekas menggoreng tahu tadi karena hanya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harus.
  3. Setelah itu, tuangkan kaldu sapi ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Aduk merata. Tambahkan kaldu bubuk, kecap manis, dan irisan daun bawang. Masak hingga mendidih. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor.
  4. Selanjutnya, membuat sambal petis. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis petis udang lalu tambahkan kecap manis dan gula pasir. Aduk merata. Masukkan air matang dan masak hingga mendidih dan mengental. Angkat dan sisihkan.
  5. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh potongan lontong secukupnya diatas piring. Tambahkan tahu dan touge secukupnya. Lalu, siram dengan kuah yang sudah jadi. Lengkapi dengan sambal petis dan taburi bawang merah goreng secukupnya. Jangan lupa lentho dan daun seledrinya.

Itulah resep lontong balap khas Surabaya yang sekarang bisa Anda buat dan cicipi di rumah. Lebih lezat disantap masih panas atau hangat. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version