Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Rica-Rica Bebek Manado yang Satu Ini, Menggugah Selera

Rica-Rica Bebek Manado yang Satu Ini, Menggugah Selera

Rica-Rica Bebek (1)
Lazada

Resep rica-rica bebek

Resep rica-rica bebek khas Manado memang sudah populer. Rasa masakannya bukan hanya pedas gurih saja, tetapi juga harum khas rempah-rempah dari bumbunya.

Oleh karena itu, jangan heran jika bau amis atau anyir dari daging bebek sudah tidak tercium lagi. Selain itu, daging bebeknya juga tidak alot atau keras lagi karena sudah dimasak cukup lama. Setelah matang, sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Anda yang suka menyantap masakan berbahan bebek harus mencoba menu kuliner yang satu ini. Tak perlu jauh-jauh berkunjung ke Manado karena Anda bisa memasaknya di rumah dengan bahan dan bumbu yang relatif mudah didapatkan.

Untuk lebih jelas perihal resep rica-rica bebek khas Manado ini, silahkan membaca uraian berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor bebek muda ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 7 lembar daun jeruk dicincang halus
  4. 2 batang serai digeprek diambil putihnya saja
  5. 2 cm jahe digeprek
  6. 1 liter air matang
  7. 3 sendok makan minyak goreng
  8. Garam secukupnya
  9. Kaldu bubuk secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 butir kemiri
  4. 15 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 5 buah cabai merah keriting

Cara memasak rica-rica bebek

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera memasak resep rica-rica bebek dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah awal, bersihkan bebek di bawah air mengalir. Buang semua kotoran maupun bulu yang masih menempel di tubuhnya. Setelah itu, potong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda.
  2. Masukkan ke dalam wadah, lalu beri perasan jeruk nipis dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Sisihkan.
  3. Dikarenakan tekstur daging bebek lebih tebal dan keras, maka harus dimasak lebih lama. Anda dapat merebusnya terlebih dulu sekitar 30 menit hingga matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk, jahe, dan batang serai. Tumis hingga layu.
  5. Masukkan potongan bebek dan aduk merata dengan bumbu. Masak hingga daging bebek berubah warna. Setelah itu, tuangkan air matang ke dalam wajan.
  6. Kecilkan api kompor. Bumbu dengan garam dan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata. Anda bisa sedikit mencicipi kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar.
  7. Tutup wajan penggorengan dan masak hingga air menyusut. Pastikan daging bebek sudah empuk dan matang. Setelah itu, matikan kompor dan masakan rica-rica bebek siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan rica-rica bebek yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Resep rica-rica bebek khas Manado diatas memang benar-benar menggugah selera. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan memasak dan menyantapnya sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version