Lompat ke konten
Advertisements
Home » Jengkol Balado Ijo yang Mantul dan Menggoyang Lidah

Jengkol Balado Ijo yang Mantul dan Menggoyang Lidah

Jengkol Balado Ijo (2)

Resep jengkol balado ijo

Resep jengkol balado ijo menjadi salah satu yang istimewa dan spesial. Bukan hanya dari bahan utamanya saja, yaitu jengkol. Namun, rasa masakannya juga luar biasa karena dijamin mantul.

Terutama Anda sekalian yang suka menyantap jengkol tentu direkomendasikan untuk mencoba menu kuliner satu ini.

Mungkin masakan jengkol balado ijo jarang dijual di warung atau rumah makan. Maka dari itu, Anda coba memasaknya saja di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat.

Adapun cara memasaknya yang direkomendasikan, silahkan membaca dulu resep jengkol balado ijo selengkapnya berikut dan semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 250 gram jengkol
  2. 3 lembar daun salam
  3. 1 batang serai digeprek
  4. 1 cm lengkuas digeprek
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. 1 buah tomat hijau dipotong-potong
  7. 1 buah jeruk limau dipotong dua bagian
  8. ½ sendok teh garam
  9. ½ sendok teh garam
  10. ¼ sendok teh merica bubuk
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. Air secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Memasak Resep Bistik Belanda ala Chef Norman Ismail yang Lezat

Bumbu yang dihaluskan

  1. 15 buah cabai rawit hijau atau sesuai selera
  2. 5 buah cabai hijau besar
  3. 9 siung bawang merah
  4. 3 siung bawang putih

Cara memasak jengkol balado hijau

Sponsor topwisata.info

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep jengkol balado ijo dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua jengkol di bawah air mengalir. Setelah itu, potong menjadi dua atau tiga bagian jika ukurannya cukup besar. Setelah itu, rebus jengkol sekitar 30 menit hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Biarkan beberapa saat hingga agak mendingin, lalu kupas kulit semua jengkol tersebut dan bersihkan sekali lagi di bawah air mengalir.
  3. Setelah itu, rebus lagi jengkol dengan air secukupnya. Pastikan semua jengkol sudah terendam air. Tambahkan batang serai dan daun salam. Rebus hingga benar-benar empuk. Jika ternyata jengkolnya belum empuk, beri air lagi secukupnya untuk merebusnya hingga empuk.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan daun jeruk, lengkuas, dan potongan tomat hijau. Tumis hingga semua bahan layu. Setelah itu, beri sedikit air dan kecilkan api kompor.
  6. Masukkan semua jengkolnya ke dalam wajan dan aduk merata. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk merata lagi.
  7. Jangan lupa untuk memberikan perasan jeruk limau, lalu dimasukkan saja kulit jeruknya ke dalam wajan. Aduk merata lagi.
  8. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakannya. Jika Anda merasakan masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  9. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan jengkol balado ijo yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Cara Membuat Manisan Mangga Simpel

Resep jengkol balado ijo sudah matang dan siap dicicipi serta disantap. Anda yang mengaku suka makan jengkol silahkan coba memasaknya di rumah. Rasa jengkol baladonya benar-benar mantap. Selamat mencoba.

Lihat Video :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info