Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Ikan Bakar Lada Hitam, Sajian Lezat Menggugah Selera

Resep Ikan Bakar Lada Hitam, Sajian Lezat Menggugah Selera

Ikan Bakar Lada Hitam
Lazada

Resep ikan bakar lada hitam

Apakah Anda sudah pernah coba memasak atau mencicipi resep ikan bakar lada hitam? Jika pernah, pasti ingin mencicipi dan menyantapnya lagi karena rasanya benar-benar mantul.

Jenis ikan yang dipakai bisa beragam. Untuk kali ini, digunakan ikan bawal karena dagingnya yang lumayan tebal dan harganya masih terjangkau. Ikan bawal tersebut dibumbui, lalu dibakar dengan diolesi bumbu lada hitam yang mantap.

Lebih cocok lagi dilengkapi dengan sambal kecap, sehingga saat disantap mempu menggugah selera. Daripada Anda membeli menu kuliner ini di warung atau rumah makan dengan harga cukup mahal, sebaiknya membuatnya sendiri di rumah.

Selain porsinya lebih banyak, Anda juga bisa menikmatinya sepuasnya bersama keluarga tercinta. Lalu, bagaimana resep ikan bakar lada hitam selengkapnya? Berikut informasinya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 3 ekor ikan bawal segar ukuran sedang
  2. 1 sendok teh lada hitam kasar
  3. 3 siung bawang putih dicincang halus
  4. 2 sendok makan saus tiram
  5. 1 buah jeruk nipis
  6. Air secukupnya
  7. Minyak goreng secukup

Bahan untuk sambal kecap

  1. 5 sendok makan kecap manis
  2. 3 siung bawang merah diiris tipis
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera diuleg kasar
  4. 1 buah jeruk limau

Cara membuat ikan bakar lada hitam

Setelah semua bahan diatas siap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep ikan bakar lada hitam dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan bawal di bawah air mengalir. Bersihkan semua sisi, kotoran, dan di bagian insangnya. Jika Anda tidak menyukai bagian kepalanya, silahkan dipotong dan disisihkan saja. Setelah itu, iris atau kerat-kerat dengan pisau bagian kanan kiri tubuhnya. Sisihkan.
  2. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak agak banyak untuk menggoreng ikan. Setelah minyak panas, masukkan ikan bawal satu per satu dan goreng setengah matang saja hingga berwarna kekuningan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  3. Langkah berikutnya membuat bumbu marinasi untuk ikan bawal. Caranya, siapkan wadah baskom lalu masukkan bawang putih, lada hitam, saus tiram, sekitar 5 sendok makan air, dan beri perasan jeruk nipis. Aduk merata, lalu masukkan semua ikan bawal ke dalam baskom. Bolak-balik ikan agar merata terkena bumbunya. Diamkan sekitar 20 menit agar bumbu marinasinya meresap.
  4. Selanjutnya, siapkan tempat membakar dengan menggunakan arang atau wajan teflon datar. Jika menggunakan wajan teflon, olesi dulu bagian wajannya dengan minyak goreng secukupnya. Setelah itu, bakar ikan bawal hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  5. Jangan lupa mengolesi lagi sisa bumbu marinasinya sambil terus dibolak-balik agar matangnya sempurna. Setelah matang, angkat dan ikan bakar siap disajikan.
  6. Jangan lupa membuat sambal kecap sebagai pelengkapnya. Caranya, siapkan mangkuk kecil, lalu masukkan bawang merah, cabai rawit, dan kecap manis. Aduk merata, lalu beri perasan jeruk limau, aduk merata lagi sebentar. Sambal kecap sudah jadi.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata ikan bakar lada hitam yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan sambal kecap dan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Cukup mudah bukan membuat ikan bakar lada hitam? Maka dari itu, silahkan Anda coba sendiri resep ikan bakar lada hitam diatas dengan langkah-langkah yang sudah diuraikan. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Gurame Bakar Lada Hitam, With Sambal Penyet , Makanan Ala Resto
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version