Lompat ke konten
Home » Resep » Bubur Suro, Sajian Khas Tahun Baru, ini Resepnya

Bubur Suro, Sajian Khas Tahun Baru, ini Resepnya

bubur suro (2)

Resep Bubur Suro

Sebentar lagi umat islam memperingati Tahun baru islam yang ke 1444 H. Biasanya dalam perayaan tersebut disajikan dengan syukuran dan bubur suro.

Bubur suro sendiri adalah salah satu hidangan wajib yang ada di perayaan tersebut, dan bubur suro sendiri mempunyai sejarah yang begitu kental dengan masyarakat jawa.

Menurut pemerhati budaya Jawa, Arie Novan, seperti sajian yang disuguhkan untuk masyarakat muslim melambangkan rasa syukur yang begitu besar kepada Allah SWT, karena sudah dilimpahkan rezeki, sehat, iman dan islam.

Dulu juga, Sultan Agung ketika bertahta di Jawa, membuat acara syukuran pada tahun baru islam ini dengan membuat bubur suro sebagai refleksi atas nikmat dan berkah yang sudah diberikan Allah SWT.

Namun, ada juga sahabat nabi Nuh AS yang menceritakan, ketika berlayar dan tepat pada tahun baru islam ini. Mereka membuat hidangan dari bahan-bahan yang tersedia di kapal.

Seperti mulai dari kacang poi, kacang adas, ba’ruz, tepung, dan kacang hinthon. Bahan tersebut lalu dimasak bersamaan dan terciptalah sajian Bubur yang memiliki ciri khas sama dengan Bubur Suro Masyarakat Jawa.

Hidangan tersebut juga dibuat dan diberi kuah dengan perpaduan rempah seadanya seperti santan, serai, dan daun salam sehingga rasanya lebih gurih dibandingkan bubur biasanya. 

Baca Juga :  Tumis Kangkung Berbumbu Pedas, Nikmati Sensasi Pedasnya yang Menggoda Selera

Oke deh, itu tadi sedikit sekilas balik tentang asal usul Bubur Suro yang saat ini menjadi hidangan wajib di Masyarakat Jawa

Sekarang topwisata akan menyajikan resep dan cara membuat Bubur Suro yang enak banget dirumah aja.

Tentunya dengan peralatan dan bahan pastinya tersedia dengan mudah di toko kelontong dekat rumah.

Berikut resep membuat Bubur Suro.

Bahan-bahan:

  1. 300 gr beras
  2. 2500 ml air santan
  3. 2 batang serai
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun pandan ikat simpul
  6. Secukupnya garam

Bahan kering tempe:

  1. 1/2 papan besar tempe, iris
  2. 3 buah cabai merah
  3. 7 butir bawang merah
  4. 7 siung bawang putih
  5. 2 ruas lengkuas
  6. 1/2 sdm asam, larutkan dengan air
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 2 lembar daun salam
  9. 6 buah cabai merah, iris serong lalu goreng sebentar
  10. 3 sdm gula

Bahan kare tahu dan ayam:

  1. 250 gr tahu, potong dadu, goreng sebentar
  2. 500 gr ayam, potong dadu
  3. 16 butir bawang merah
  4. 10 siung bawang putih
  5. 5 buah kemiri
  6. 1 sdt ketumbar
  7. 2 ruas kunyit
  8. Sedikit jinten
  9. 6 lembar daun jeruk
  10. 3 lembar daun salam
  11. 3 batang serai
  12. 1000 ml santan kental

Pelengkap lain:

  1. Telur dadar
  2. Kacang goreng
  3. Kacang kedelai goreng
  4. Seledri

Cara membuat:

  1. Langkah pertama untuk membuat Bubur Suro yang enak adalah mencampurkan semua bahan bubur ke dalam satu wadah stainless, seperti beras, air santan, 2 batang serai, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun pandan ikat simpul, Secukupnya garam, aduk-aduk semua bahan sampai tercampur merata.
  2. Masak Bubur sampai matang
  3. Sambil menunggu bubur matang sempurna, bunda bisa membuat kering tempe. langkah pertama adalah menghaluskan bawang putih, bawang merah dan lengkuas. bunda bisa memakai blender atau ulek.
  4. Panaskan wajan anti lengket, tumis bumbu tadi sampai harum, kemudian tambahkan daun jeruk dan daun salam. tumis lagi hingga harum. setelah itu tambahkan garam, gula dan air asam. Masak lagi hingga mendidih dan mengental sempurna, matikan api. setelah itu masukan tempe yang sudah diiris kecil, cabai merah. aduk-aduk sampai semua tercampur merata.
  5. Sekarang bunda waktunya membuat kare tahu ayamnya. langkah pertama, haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, kunyit, jinten dan kemiri.
  6. Setelah halus, sekarang tumis bumbu tadi, siapkan wajan anti lengket dan panaskan dengan api kecil. Tumis bumbu sampai tercium aroma harum, setelah itu tambahkan daun jeruk, serai, daun salam, garam dan gula. Tumis hingga harum.
  7. Setelah itu masukan ayam, masak terlebih dahulu sampai terlihat berubah warna, kemudian masukan tahu. Masak terlebih dahulu sampai matang, lalu tambahkan santan secukupnya. aduk-aduk terus sampai mendidih. Koreksi rasa. Angkat
  8. Angkat dan dingin semua masakan seperti bubur, kare dan kering tempe.
  9. Hidangkan bubur suro, tuang ke dalam piring, taburi dengan bahan pelengkap, kemudian siram dengan kuah kare, dan siap dinikmati.
Baca Juga :  Kue Bawang Renyah dan Empuk, Mudah kok, Begini caranya

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan