Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Gudeg Nangka Ceker Satu Ini Rasanya Maknyus

Gudeg Nangka Ceker Satu Ini Rasanya Maknyus

Gudeg Nangka Ceker

Resep gudeg nangka ceker

Resep gudeg nangka ceker pasti sangat menarik perhatian Anda sekalian. Memang benar, gudeg khas Yogyakarta yang menggunakan bahan nangka muda dimasak dan diolah menjadi menu kuliner gudeg.

Anda tentu bisa membayangkan sendiri betapa lezatnya masakan gudeg tersebut meskipun tanpa lauk tambahan. Apalagi jika ditambah bahan protein lainnya, seperti potongan ayam.

Namun kali ini, gudeg dimasak dengan ceker ayam yang rasanya masih tetap mantul.

Untuk bisa menikmati gudeg nangka ceker yang lezat, Anda tidak perlu membelinya di warung atau rumah makan yang mungkin harganya cukup mahal.

Anda bisa memasaknya sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan.

Untuk lebih lengkap dan jelas perihal resep gudeg nangka ceker, silahkan Anda baca dulu uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 2 kg nangka muda
  2. 500 gram ceker ayam segar
  3. 1 sendok makan asam Jawa
  4. 5 sendok makan gula Jawa disisir
  5. 10 lembar daun salam
  6. 8 lembar daun jambu biji atau 3 lembar daun jati
  7. 2 liter santan sedang
  8. 3 sendok teh garam
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Air secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Kering Tempe Pedas Manis Tahan Lama

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 sendok makan ketumbar bijian
  4. 2 buah kemiri disangrai

Cara memasak gudeg nangka ceker

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep gudeg nangka ceker dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua nangka muda di bawah air mengalir. Buang semua bijinya dan potong menjadi dua bagian jika ukurannya terlalu besar. Sisihkan.
  2. Anda juga harus membersihkan semua ceker ayamnya di bawah air mengalir. Potong bagian kukunya dan buang semua sisiknya jika ada. Setelah itu, rebus sekitar 45 menit hingga ceker matang dan empuk. Angkat, tiriskan, lalu sisihkan sebentar.
  3. Selanjutnya, siapkan panci ukuran besar untuk merebus sekaligus memasak gudegnya. Masukkan nangka muda yang sudah disiapkan ke dalam panci, lalu tuangkan air hingga menutupi semua nangka. Rebus dengan api kompor besar hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, kecilkan api kompornya. Tambahkan semua bahan lainnya ke dalam panci termasuk ceker ayam, kecuali minyak goreng. Aduk merata. Aduk perlahan saja secara terus menerus agar santan tidak pecah. Setelah nangka empuk, matikan kompornya.
  5. Sementara itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  6. Selanjutnya, masukkan semua tumisan bumbu ke dalam panci rebusan nangka mudanya. Nyalakan api kompor kecil saja, lalu aduk merata.
  7. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk lagi. Masak hingga airnya menyusut.
  8. Setelah matang dan nangka muda berwarna coklat tua, matikan kompor karena masakan siap disajikan.
  9. Siapkan mangkuk ukuran sedang atau besar untuk plating. Lalu, tuangkan gudeg nangka ceker yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Bakcang Ayam, Lontong Isi Khas Tionghoa yang Halal Dimakan

Setelah resep gudeg nangka ceker matang, silahkan Anda cicipi dan santap bersama keluarga dan orang terdekat. Gudeg ini cocok disantap untuk makan siang atau makan malam. Silahkan Anda coba memasaknya di rumah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan