Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ayam Bakar Cincane, Menu Kuliner Khas Samarinda yang Rasanya Mantul

Ayam Bakar Cincane, Menu Kuliner Khas Samarinda yang Rasanya Mantul

Ayam Bakar Cincane (1)

Resep ayam bakar Cincane

Resep ayam bakar Cincane berasal dari Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Bahan utamanya menggunakan ayam kampung yang lebih besar dan keras tekstur dagingnya.

Namun, rasanya lebih lezat dan pastinya sehat dibanding ayam potong biasa. Sebelum dibakar, potongan ayam akan dimasak dan diungkep dengan bumbu khas Samarinda yang bernama Cincane.

Rasanya gurih pedas apalagi ada tambahan terasi di dalam bumbunya yang menambah citarasa ayam bakarnya.

Menu kuliner yang satu ini mungkin hanya dijual di daerah asalnya saja, yaitu Samarinda. Sulit menemukan ayam bakar Cincane di luar Kalimantan.

Kecuali, ada warung atau rumah makan yang menjual kuliner khas Kalimantan. Anda yang penasaran dengan rasa ayam bakarnya bisa memasaknya di rumah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resep ayam bakar Cincane berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam kampung segar ukuran sedang di bagian paha dan dada
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 4 lembar daun salam
  4. 2 batang serai digeprek
  5. 2 cm lengkuas digeprek
  6. 2 cm jahe digeprek
  7. 500 ml santan
  8. 1 sendok teh garam
  9. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Membuat Kue Lemang, Sajian Khas Isra' Mi'raj

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai merah keriting
  4. ½ sendok teh terasi
  5. 2 sendok makan gula Jawa

Cara memasak ayam bakar Cincane

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera memasak resep ayam bakar Cincane dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging ayam kampung yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu halus di permukaan kulitnya. Anda bisa memotong ayamnya menjadi beberapa bagian, jika ukurannya terlalu besar.
  2. Setelah itu, masukkan semua potongan ayam ke dalam wadah baskom, lalu beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 20 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 20 menit, bilas semua potongan ayam hingga bersih, lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus diatas api kompor sedang hingga harum.
  4. Tambahkan daun salam, batang serai, lengkuas, dan jahe. Aduk merata hingga semua bahan layu dan berwarna kecoklatan.
  5. Setelah itu, masukkan semua potongan daging ayam ke dalam wajan dan aduk merata hingga berwubah warna. Tuangkan santan dan masukkan garam ke dalam wajan, lalu aduk perlahan. Kecilkan api kompor dan masak hingga kuah santan menyusut dan kering.
  6. Matikan kompor dan potongan ayam siap dibakar. Anda siapkan dulu tempat pembakarannya dengan tungku arang atau wajan teflon. Jika ingin membakar ayamnya diatas wajan teflon, pilih yang datar dan olesi dulu permukaan atasnya dengan sedikit minyak goreng.
  7. Setelah itu, bakar ayam hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa untuk membolak-balikkan ayamnya sambil diolesi dengan bumbu sisa ungkepannya. Setelah matang, angkat ayam bakar dan siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata semua ayam bakar Cincane yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya. Anda juga bisa melengkapinya dengan sambal goreng atau sambal tomat sesuai selera.
Baca Juga :  Resep Ikan Tuna Bakar Kecap yang Mantul untuk Lauk Makan Sekeluarga

Cara memasak resep ayam bakar Cincane sudah diuraikan diatas dari awal hingga disajikan. Selanjutnya, silahkan coba mempraktikkannya di rumah dimana ayam bakarnya sangat cocok dijadikan lauk makan siang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan