Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Ayam Cincane Bakar Khas Kalimantan Timur dengan Bumbu Spesial

Resep Ayam Cincane Bakar Khas Kalimantan Timur dengan Bumbu Spesial

Ayam Cincane Bakar (2)

Resep ayam cincane bakar

Resep ayam cincane bakar merupakan menu ayam bakar khas Kalimantan Timur yang pasti rasanya begitu lezat. Tentu saja berbeda dari ayam bakar pada umumnya, seperti yang dijual di banyak warung makan. Bahan dan bumbu cukup beragam, sehingga saat diolah menjadi ayam bakar menjadikan rasanya begitu terasa. Terlebih proses pembakarannya yang agak lama. Dengan begitu, aroma bakarannya benar-benar terasa dan menambah citarasanya.

Anda mungkin belum pernah mencicipi atau menyantap ayam bakar yang satu ini. Jika demikian, tidak ada salahnya mencobanya di rumah dengan membuatnya terlebih dulu. Setelah matang, barulah menyantapnya beramai-ramai bersama keluarga tercinta. Namun sebelumnya, silahkan membaca terlebih dulu resep ayam cincane bakar selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam pedaging segar ukuran sedang
  2. 2 cm jahe digeprek
  3. 2 cm lengkuas digeprek
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 batang serai digeprek
  6. 4 sendok teh gula Jawa disisir
  7. 1 sendok makan garam
  8. 1 liter santan dari ½ buah kelapa setengah tua
  9. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  10. Air secukupnya untuk merebus ayam
Baca Juga :  Resep Dalca Khas Aceh, Makanan Wajib di Resepsi Pernikahan yang Kini Dapat Dibuat di Rumah

Bumbu yang dihaluskan

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah abai merah besar buang bijinya lalu direbus
  • 2 buah cabai merah keriting direbus
  • 2 butir kemiri disangrai
  • ½ sendok teh terasi dibakar

Bahan pelengkap

  • Sambal tomat secukupnya
  • Irisan timun secukupnya
  • Irisan kol secukupnya
  • Daun kemangi secukupnya

Cara membuat ayam cincane bakar

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep ayam cincane bakar dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu halus yang masih menemel di kulitnya. Anda yang tidak menyukai lemaknya juga bisa membuangnya.
  2. Setelah itu, potong menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda. Lalu, rebus ayam sekitar 15 menit dan mengeluarkan kaldu. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan jahe, lengkuas, daun salam, dan serai. Tumis lagi hingga semua bahan layu. Setelah itu, masukkan potongan ayam dan aduk merata.
  5. Tuangkan santan lalu kecilkan api kompor. Aduk perlahan saja dan masak hingga santan mendidih.
  6. Setelah ayam berubah warna, tambahkan gula Jawa dan garam. Aduk merata. Pastikan bumbunya meresap ke dalam ayam. Setelah kuah santan menyusut, matikan kompor.
  7. Silahkan menyiapkan tempat untuk membakar ayam. Anda bisa memakai tungku berbahan arang atau wajan teflon datar bergelombang.
  8. Selanjutnya, bakar ayam dengan mengoleskan lagi sisa bumbunya. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Setelah semua sisi ayam berwarna kecoklatan dan sedikit gosong di bagian kulitnya, segera angkat.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan ayam cincane bakar yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan sambal tomat serta lalapan timun, kol, dan daun kemangi. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya agar lebih mengenyangkan.
Baca Juga :  Resep Pompom Potato, Makanan Kecil Menarik dan Rasanya Enak untuk Semua Orang

Sekarang Anda sekalian sudah mengetahui resep ayam cincane bakar selengkapnya. Jika penasaran dengan rasa ayam bakar tersebut, silahkan segera coba mempraktikkan resepnya di rumah.

Lihat video membuat Ayam Cincane Bakar

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan