Lompat ke konten
Home » Keindahan Destinasi Wisata Religi Masjid Roudhotul Muchlisin Jember

Keindahan Destinasi Wisata Religi Masjid Roudhotul Muchlisin Jember

Wisata Religi Masjid Roudhotul Muchlisin3 (1)

Destinasi Wisata Religi Masjid Roudhotul Muchlisin

Keindahan Destinasi Wisata Religi Masjid Roudhotul Muchlisin – Jika Anda berkunjung ke kota Jember di Jawa Timur, maka tidak ada salahnya untuk menikmati wisata religi di sini. Salah satu kota di Jawa Timur ini memiliki masjid dengan perpaduan gaya Kota Turki dan Kota Madinah.

Lokasi

Masjid Roudhotul Muchlisin secara administratif terletak di Jalan Gajah Mada No.180, Kecamatan Kaliwates, Kota Jember, Jawa Timur.

Masjid ini terletak di pinggir jalan raya utama Jember menuju kota Surabaya. Masjid seluas 2.000 meter persegi ini terletak dekat dengan Lippo Plaza.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan bermotor untuk mencapai tujuan. Anda juga bisa naik Angkutan Umum dengan kode A, B, O, N, D, dan Q yang melewati Lippo Plaza.

Baca Juga :  Wisata Mangrove Wonorejo Surabaya, harga tiket dan lokasi

Nuansa Timur Tengah

Masjid Roudhotul Muchlisin mengadopsi gaya Timur Tengah dengan memadukan arsitektur bergaya Turki dan Madinah.

Masjid ini mengadopsi masjid di Turki dan mahkotanya identik dengan bangunan di Madinah. Saat memasuki gerbang utama, pengunjung akan langsung bertemu dengan pohon kurma yang ditanam di dekat air mancur.

Pohon kurma ini menonjolkan nuansa gaya Timur Tengah.

Kubah oranye juga memberikan nuansa kental gaya Timur Tengah. Selain itu, pada dinding masjid terdapat kaligrafi ayat Al-Qur’an yang menghiasi hampir seluruh dinding masjid.

Kaligrafi tersebut memadukan warna kuning keemasan dan jingga yang berisi surat-surat pendek untuk Asmaul Husna.

Berulang Kali Direnovasi

Di awal tahun dibangun, renovasi dari Masjid Roudhotul Muchlisin sempat terhenti total karena kehabisan dana. Pada tahun 2009, manajemen kembali merenovasi masjid ini.

Baca Juga :  Agro Wisata Petik Apel KTMA Batu Malang

Renovasi tidak dilakukan sampai selesai karena tersangkut masalah pendanaan. Baru pada tahun 2016, masjid yang satu ini direnovasi total kembali dengan bantuan dana dari bupati terpilih pada saat itu.

Dalam renovasi besar-besaran ini, Masjid Roudhotul Muchlisintampak begitu megah. Setahun kemudian, pada 15 Mei 2017, Masjid Roudhotul Muchlisin yang satu ini telah diresmikan oleh KH Ma’ruf Amin yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Galeri Foto Wisata Religi Masjid Roudhotul Muchlisin

Video Wisata Religi Masjid Roudhotul Muchlisin

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info