Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Berondong Jagung Ala Korea

Resep Ayam Berondong Jagung Ala Korea

Ayam popcorn Ala Korea (1)

Resep Ayam popcorn Ala Korea

Di Korea, ayam popcorn Korea atau Dakgangjeong, adalah jajanan kaki lima yang populer. Nugget ayam tanpa tulang ini dilapisi dengan saus khas Korea yang lengket, pedas, tajam, dan manis setelah digoreng.

Di sisi lain, ayam popcorn adalah jenis ayam goreng yang disajikan dalam potongan seukuran sekali gigit dan biasanya dibuat dengan menggunakan fillet ayam tanpa tulang.

Sebaliknya, ayam goreng Korea biasanya dibuat dengan potongan yang lebih besar dari potongan ayam apa pun. Biasanya ayam yang digunakan adalah ayam tanpa tulang, tetapi kamu juga bisa menggunakan ayam tanpa tulang.

BAHAN-BAHAN UNTUK AYAM POPCORN KOREA (2 HINGGA 3 PORSI)

Bahan Utama :

  1. 500g / 18 ons fillet paha ayam (atau fillet dada), dibilas dengan air dingin, potong-potong seukuran sekali gigit
  2. 150g / 5,3 ons kue beras Korea segar, potong menjadi dua (jika tidak menggunakan kue beras segar, pisahkan dan rendam dalam air hangat selama 10 menit sebelum dipotong. Tepuk-tepuk hingga kering dengan kertas dapur).
  3. 1 sendok makan arak beras
  4. 2 sdt bubuk jahe
  5. 1/2 sdt garam laut halus
  6. 1/4 sdt lada hitam bubuk
  7. 1 cangkir tepung kentang atau tepung jagung
  8. Sedikit minyak goreng untuk menggoreng
  9. Saus (campur ini dalam mangkuk)
  10. 5 sendok makan saus tomat/saus sambal
  11. 1 & 1/2 sendok makan gochujang (pasta cabai Korea)
  12. 2 sendok makan madu
  13. 2 sendok makan gula merah tua
  14. 1 sendok makan kecap asin
  15. 2 sendok teh minyak wijen
  16. 1/2 sdt bawang putih cincang
Baca Juga :  Ikan Patin Bumbu Khas Palembang, Duh Enaknya, Ini Resepnya

Opsional – untuk hiasan

  1. Kacang atau biji-bijian yang dihancurkan (misalnya kenari, kacang tanah, pistachio, biji bunga matahari dan biji wijen, dll.)
    1. Daun bawang cincang halus – jika ingin kontras warna yang bagus

*1 sendok makan = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml

CARA MEMBUAT AYAM POPCORN KOREA :

  1. Masukkan potongan ayam ke dalam mangkuk besar. Aduk rata arak beras, bubuk jahe, garam, dan lada hitam. Ayam harus direndam selama 30 menit di dalam kulkas di bawah bungkus plastik.
  2. Balurkan tepung kanji ke setiap potongan ayam secara menyeluruh. Hal ini harus dilakukan dalam empat sampai lima kali pengolesan agar bubuk kanji merata.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng dalam panci atau wajan dengan suhu 175 C/347 F atau sampai mendidih.
  4. Untuk mencegah kue beras meledak, goreng kue beras secara bertahap hingga lapisan luarnya menjadi renyah. Sisihkan di atas kertas dapur untuk menyerap kelebihan minyak setelah diangkat. Dengan sisa kue beras, lakukan hal ini lagi.
  5. Goreng ayam yang sudah dibumbui hingga berwarna keemasan dan matang (dua hingga tiga menit). Sisihkan di atas kertas dapur untuk menyerap kelebihan minyak setelah diangkat. Dengan sisa ayam, ulangi langkah ini. Ayam dapat menurunkan suhu minyak secara signifikan, jadi jangan menambahkan terlalu banyak sekaligus. Goreng ayam sekali lagi untuk mendapatkan kerenyahan ekstra. Setelah itu sisihkan.
  6. Panaskan wajan dan tambahkan saus. Dengan api sedang, didihkan hingga saus mulai mengental (sekitar 1 hingga 2 menit). Aduk terus. Setelah menambahkan kue beras dan ayam goreng, lumuri dengan saus. Taburi dengan topping pilihan kamu, seperti daun bawang, biji-bijian, dan kacang tumbuk. Setelah selesai sajikan.
Baca Juga :  Resep Donat Indomie, Cemilan Kreasi Kekinian

TIPS:

  1. Kamu bisa melewatkan kue beras Korea jika tidak dapat menemukannya, mungkin bisa menambahkan lebih banyak ayam untuk mengimbangi jumlah saus.
  2. Rasanya paling enak disajikan tepat setelah dimasak. Saat itu, kerenyahan ayam mencapai puncaknya. Namun, kamu juga bisa menyajikannya dalam keadaan dingin. Daging yang tersisa dapat disimpan semalaman dalam wadah kedap udara di lemari es. Meskipun tidak serenyah hari pertama, rasanya tetap enak!
  3. Jika kami ingin sedikit variasi, kamu bisa menyajikan ayam popcorn goreng yang belum disiram saus. Selama proses awal, ayam dibumbui dengan garam, lada hitam, dan bubuk jahe, sehingga memberikan rasa yang sangat menyenangkan. Hal ini sangat dihargai oleh mereka yang tidak bisa mengonsumsi makanan pedas!
Baca Juga :  Resep Kimbap Segitiga (Samgak Kimbap)

Author : Choiriyah Nur Fadilla

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan