Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Jajangmyeon, Mie Saus Kacang Hitam

Resep Membuat Jajangmyeon, Mie Saus Kacang Hitam

Jajangmyeon 1 (1)

Resep Mie Saus Kacang Hitam

Jajangmyeon adalah hidangan mie yang sangat terkenal di Korea yang dibuat dengan lem kacang hitam Cina (Chunjang), daging, dan sayuran. Hidangan yang lezat untuk setiap kesempatan atau hari dalam seminggu!

Hidangan mie Korea Cina yang dikenal sebagai Jajangmyeon atau Jjajangmyeon disajikan dengan daging, makanan laut, atau sayuran yang diberi saus kacang hitam yang kental dan gurih.

Karena rasanya yang lezat namun tidak pedas, hidangan ini sangat populer di kalangan masyarakat Korea, terutama anak-anak.

Suta Jajangmyeon adalah nama tradisional yang diberikan untuk mie yang ditarik dengan tangan. Ditarik dengan tangan berarti adonan ditarik, diregangkan, dilipat, dan dilipat lagi hingga menjadi ratusan helai tipis. Sayangnya, mie tarik tangan yang segar sudah tidak tersedia lagi.

Sejarah jajangmyeon dimulai pada tahun 1905 ketika seorang koki Cina di Gonghwachun, sebuah restoran Cina di Pecinan Incheon yang pertama kali didirikan oleh imigran Cina dari Provinsi Shandong, Cina.

Sejak saat itu, restoran ini telah sepenuhnya berintegrasi ke dalam budaya Korea dan membangkitkan berbagai kenangan bagi banyak orang Korea baik tua maupun muda.

Menurut cerita lain, tidak ada yang tahu pasti siapa yang pertama kali memperkenalkan hidangan ini, tetapi para imigran Cina yang bekerja di dermaga Incheon pada tahun 1890-an membutuhkan sesuatu yang cepat dan murah untuk dimakan.

  1. Gan-Jajangmyeon : lebih mahal karena sausnya kental (hanya pasta kacang hitam, sayuran, dan sedikit air), tetapi memiliki rasa yang lebih kuat.
  2. Jajangmyeon : air atau kaldu ditambahkan ke dalam Gan Jajang, sehingga memiliki rasa yang lebih ringan.
  3. Samseon-Gan-Jajangmyeon: “Sam” berarti tiga dan “seon” berarti rasa. Biasanya terdiri dari daging babi, sayuran, dan tiga jenis makanan laut-cumi-cumi, teripang, dan udang, misalnya.
Baca Juga :  Nasi Gandul Khas Jawa Tengah, Gurih Nikmat Gampang Buatnya !

Tips :

  1. Selalu goreng Chunjang dengan minyak yang banyak, jika tidak, saus akan sedikit asam.
  2. Tambahkan bahan-bahan sendiri, kamu dapat menambahkan atau mengganti sayuran. Kentang adalah tambahan yang populer, tetapi terserah untuk memilihnya atau tidak. Biarkan saja bawang bombaynya tetap ada.
  3. Buatlah saus tambahan, saus ini dapat disimpan selama beberapa hari di lemari es, cukup panaskan kembali dan nikmati nanti.
  4. Buatlah Jajangbap dengan nasi sebagai pengganti mie, atau lebih baik lagi, sajikan dengan nasi goreng.
  5. Untuk menambah rasa pedas, tambahkan telur goreng yang encer!

BAHAN – BAHAN

Porsi 3 Waktu memasak: 35 menit Tingkat kesulitan: Sedang

  1. 1 bungkus mie segar untuk Jajangmyeon atau kal guksu (buatan sendiri)
  2. 1/2 cangkir pasta kacang hitam Cina
  3. 1/3 cangkir minyak sayur (untuk menumis chunjang)
  4. 3 sdm minyak sayur (untuk menumis sayuran)
  5. 1/2 cangkir atau 3 jamur shitake segar, kering atau segar, cincang (opsional)
  6. 3 ons (80 gram) daging bagian pinggang atau perut yang dipotong dadu
  7. 1 bawang bombay ukuran sedang, cincang
  8. 1 1/2 cangkir kubis, cincang
  9. 1/2 cangkir zucchini, cincang
  10. 1 wortel, cincang (opsional)
  11. 2 daun bawang, cincang
  12. 1/2 mentimun, potong kecil-kecil (sebagai hiasan)
  13. 1 sendok teh gula pasir
  14. 1 cangkir air
  15. Bubur tepung maizena
  16. 1/4 cangkir air
  17. 1 sdm tepung maizena
  18. Jinmi Choonjang (Pasta Kacang Hitam Cina)

CARA MEMBUAT :

  1. Untuk menyiapkan mi, didihkan sepanci air. Masak mie sesuai dengan petunjuk dalam kemasan jika membelinya di toko. Biasanya 7 hingga 10 menit. Namun, setelah mie matang, bilas dan tiriskan dengan air dingin. Sisihkan.
  2. Siapkan bahan-bahan
  3. Potong dadu kecil daging babi dan semua sayuran. Mentimun julienne untuk digunakan sebagai hiasan.
  4. Dengan api sedang/sedang-sedang saja, tambahkan chunjang dan minyak dalam jumlah yang sama ke dalam wajan antilengket. Jangan sampai gosong, melainkan menggelegak. Masak selama 7 menit sambil terus diaduk.
  5. Setelah menggoreng pasta, akan ada banyak minyak yang tersisa. Angkat chunjang dari wajan. Seharusnya tidak sulit untuk membungkus chunjang yang sudah matang dan menghilangkan minyaknya. Buang minyak yang tersisa di wajan.
  6. Saat chunjang dimasak, di piring lain, tambahkan 2 T minyak ke dalam wadah dengan api sedang. Hanya bawang bombay dan kubis yang harus ditumis setidaknya selama 10 menit sampai bawang bombay menjadi bening. Saus akan terasa lebih manis sebagai hasilnya!
  7. Sisihkan bawang bombay dan kubis dari wajan. Di wajan yang sama, tumis daging selama 2 hingga 3 menit dengan api sedang-besar.
  8. Kembalikan bawang bombay dan kubis ke dalam wajan setelah daging matang. Tambahkan 1 T minyak dan sisa sayuran. Tumis semua bahan selama 5 hingga 7 menit dengan api sedang-besar. Namun, sayuran harus sedikit renyah.
  9. Aduk semua bahan di dalam wajan sebelum menambahkan pasta chunjang tumis, pastikan semua bahan tercampur rata.
  10. 2 menit menumis Tambahkan satu sendok makan gula dan satu cangkir air atau kaldu ayam. Campurkan dan didihkan selama 1-2 menit.
  11. Masukkan bubur tepung maizena. Aduk selama dua hingga tiga menit. sampai saus menjadi kental. Sebagai alternatif, Gan Jjajangmyeon dapat dibuat tanpa bubur hanya dengan memasak hingga kuahnya berkurang setengahnya. Untuk rasa yang lebih pekat, kurangi lagi.
  12. Sausnya sudah siap sekarang
  13. Cukup tambahkan nasi atau mie ke dalam mangkuk, taburi dengan saus lezat ini, dan hiasi dengan mentimun yang sudah dipotong-potong.
Baca Juga :  Bistik Ayam Tepung, Kreasi Masakan Ayam untuk Makan Bersama

CATATAN :

  1. Istilah “chunjang” dan “jajang” digunakan secara bergantian untuk menggambarkan pasta kacang hitam. Jika kamu menemukan “bokkeum jajang,” yang menandakan bahwa pasta kacang hitam tersebut telah digoreng dengan minyak.
  2. Gunakan kaldu ayam sebagai pengganti air untuk mendapatkan saus yang lebih kaya rasa. Namun, karena kandungan natrium yang tinggi pada kaldu ayam, rasa asin harus dihindari. Gunakan kaldu ayam dengan natrium rendah atau setengah air dan setengah kaldu.

Cara Penyajian :

  1. Untuk menemani chunjang sebagai saus cocolan, tawarkan Danmuji-acar lobak kuning-bersama dengan irisan bawang bombay segar. Kedua makanan ini harus disertakan, begitu juga dengan kimchi!
  2. Buatlah Gyeran Guk, sup tetesan telur khas Korea, dan sajikan dengan nasi dan saus kacang hitam.
Baca Juga :  Resep Sambal Oen Peugaga Khas Aceh yang Punya Cita Rasa Asam dan Segar, Cocok Buat Pendamping Segala Macam Lauk

Lihat video cara membuat Jajangmyeon

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan