Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Mempraktikkan Resep Pastel Ayam yang Rasanya Lezat dan Mantul

Yuk, Mempraktikkan Resep Pastel Ayam yang Rasanya Lezat dan Mantul

Pastel Ayam (1)

Resep pastel ayam

Apakah Anda sudah mengetahui resep pastel ayam yang enak dan rasanya sedap? Jika belum, sudah tepat Anda membaca artikel ini karena akan menguraikannya lengkap.

Diketahui bahwa pastel merupakan jajanan pasar yang sangat populer di tengah masyarakat. Selain rasanya gurih dan enak, juga harganya cukup bersahabat untuk semua orang.

Oleh karenanya, pastel selalu laris manis dibeli orang untuk dijadikan cemilan.

Pastel ayam berisi bahan potongan kentang, soun, daging ayam giling, dan daun bawang. Ditambah bumbu halus untuk isiannya, lalu dimasak hingga menjadi isian pastel yang menggugah selera.

Jangan lupa membuat kulit pastelnya dengan adonan tepung yang tepat. Lalu, bagaimana resep pastel ayam yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan kulit pastel

  1. 200 gram tepung terigu protein sedang
  2. 100 ml air matang
  3. 1 butir telur ayam
  4. 25 gram margarin
  5. ½ sendok teh garam
  6. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng pastel

Bahan isian pastel

  1. 100 gram kentang rebus dipotong-potong kecil
  2. 100 gram daging ayam giling
  3. 25 gram soun direndam air dingin
  4. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  5. 100 ml air matang
  6. 3 sendok teh garam
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. ½ sendok teh merica bubuk
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Mudah dan Tanpa Mixer, Resep dan Cara Buat Kue Cubit Sederhana

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 butir kemiri disangrai
  4. 2 sendok teh ketumbar disangrai

Cara membuat pastel ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep pastel ayam dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama membuat isian pastel terlebih dulu. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  2. Tambahkan daging ayam giling, lalu aduk merata hingga berubah warna. Setelah itu, masukkan kentang dan soun, lalu aduk merata lagi.
  3. Bumbui dengan garam, gula, dan merica bubuk, lalu aduk merata. Silahkan mencicipi sedikit rasanya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi.
  4. Tambahkan potongan daun bawang dan aduk merata hingga matang. Setelah itu, matikan kompor dan angkat isian pastel yang sudah matang. Sisihkan dulu.
  5. Langkah berikutnya membuat kulit pastel. Caranya, siapkan wadah baskom, lalu masukkan satu per satu semua bahan untuk kulit, kecuali minyak goreng.
  6. Aduk merata dengan tangan, lalu giling adonan menggunakan alat penggiling mie. Jika tidak ada, Anda bisa menggiling adonannya secara manual dengan kayu gilingan.
  7. Giling adonan hingga menipis dan mengecil sambil terus diberi sedikit tepung terigu bagian atasnya. Setelah adonannya siap, cetak dengan cetakan bulat berukuran atau berdiameter 9 cm. Anda bisa membeli cetakan semacam itu di pasar tradisional atau supermarket terdekat.
  8. Lakukan pencetakan seperti itu hingga semua adonan kulit pastel habis. Setelah itu, ambil selembar adonan kulit pastel, lalu adonan isi yang sudah matang sekitar 2 sendok makan. Lipat kulitnya dan pilin pinggirannya hingga berbentuk bergelombang, seperti pinggiran pastel pada umumnya.
  9. Lakukan langkah tersebut hingga semua kulit dan isian pastel habis. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan diatas api sedang dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng pastel.
  10. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu pastel ke dalamnya. Goreng hingga permukaan kulitnya berwarna kecoklatan dan jangan lupa dibolak-balik. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  11. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan pastel ayam yang sudah matang. Lengkapi dengan cabai rawit hijau.
Baca Juga :  Resep Pelasan Nikmat Khas Banyuwangi

Langkah-langkah membuatnya memang cukup rumit, seperti resep pastel ayam diatas. Silahkan Anda coba praktikkan satu per satu dengan santai dan tidak perlu terburu-buru agar menghasilkan pastel ayam yang rasanya mantul.

Lihat video membuat Pastel Ayam

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info