Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Pastel Renyah tahan lama tanpa telur

Resep Pastel Renyah tahan lama tanpa telur

Resep Pastel Renyah (2)

Resep Pastel Renyah

Cara membuat Pastel Renyah

Untuk membuat pastel yang renyah, langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan isian dan adonan[1][2]. 

Untuk adonan, 

  1. ayak 300g tepung terigu protein sedang hingga halus lalu tambahkan garam, kaldu, gula pasir, dan margarin. 
  2. Aduk adonan hingga menggumpal[3]. 

Untuk isiannya, 

  1. siapkan ½ kg dada ayam rebus, potong kecil-kecil, lalu tambahkan merica bubuk. 
  2. Campur semua bahan dengan baik. 

Langkah selanjutnya adalah merakit pastel [4] [5]. 

  1. Bagi adonan secara merata menjadi bagian 20 gram. Ratakan setiap bagian dan tambahkan isian. 
  2. Bentuk pastel menjadi bentuk setengah bulan dan rekatkan pinggirannya. 
  3. Ulangi proses tersebut hingga semua adonan dan isian habis. 
  4. Pastelnya bisa diisi dengan berbagai macam bahan seperti sayur mayur, bihun, daging ayam, atau daging hasis[6][7]. 
  5. Langkah ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk memastikan setiap pastel terbentuk dan tersegel dengan baik.

Langkah terakhir adalah menggoreng pastel hingga garing dan garing. 

  1. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan pastel dan goreng hingga berwarna cokelat keemasan. 
  2. Saat menggoreng, siram pastel dengan minyak agar menggelembung sempurna. Langkah ini memerlukan perhatian yang cermat untuk memastikan setiap pastel matang secara merata dan sempurna. 
  3. Setelah selesai, keluarkan pastel dari loyang dan letakkan di atas tisu untuk menyerap minyak berlebih. 

Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, Anda sudah berhasil membuat pastel renyah yang pasti memuaskan selera Anda.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Adonan Kue Kering yang Tepat** – Gunakan adonan kue yang ringan dan bersisik untuk mendapatkan warna pastel renyah terbaik. Puff pastry atau adonan empanada merupakan pilihan populer yang menghasilkan tekstur renyah saat dipanggang atau digoreng. – Contoh: Puff pastry dibuat dengan lapisan mentega dan adonan, sehingga menghasilkan tekstur yang ringan dan lapang saat dimasak, cocok untuk menghasilkan pastel yang renyah.

Baca Juga :  Langkah Mudah Membuat Cireng Ayam Suwir yang Enak dan Praktis

**Persiapan Pengisian yang Benar** – Pastikan isian pastelnya tidak terlalu encer, karena kelembapan berlebih bisa membuat pastry lembek, bukannya renyah. Masak dan tiriskan bahan isian yang mengeluarkan banyak cairan, seperti sayuran, sebelum digunakan sebagai isian. – Contoh: Jika menggunakan daging sebagai isian, pastikan daging sudah matang dan dikeringkan untuk menghindari kelembapan berlebih yang dapat mengurangi kerenyahan pastel.

**Segel Pastel dengan Benar** – Menyegel pastel dengan benar sangat penting untuk mencegah isian bocor saat dimasak. Gunakan garpu untuk mengeritingkan tepian pastel atau gunakan sedikit air untuk membantu merekatkan tepian adonan kue. – Contoh: Menekan kuat-kuat bagian tepi pastel dengan garpu tidak hanya akan menyegel isian di dalamnya tetapi juga menciptakan pola yang menarik pada pastel.

**Pengatur suhu** – Saat menggoreng pastel, pastikan suhu minyak tepat. Jika minyak terlalu panas, bagian luar pastel bisa gosong sebelum bagian dalamnya matang. Jika minyaknya kurang panas, pastel akan menyerap lebih banyak minyak dan menjadi berminyak, bukannya renyah. – Contoh: Suhu penggorengan ideal untuk pastel adalah sekitar 175-190°C (350-375°F), yang memungkinkan proses memasak merata dan bagian luarnya renyah.

**Tiriskan Minyak Berlebih** – Setelah digoreng, letakkan pastel yang sudah matang di atas piring berlapis tisu untuk mengalirkan minyak berlebih. Hal ini membantu menjaga kerenyahan pastel dan mencegahnya menjadi berminyak. – Contoh: Membiarkan pastel terkuras di atas tisu akan menyerap minyak berlebih, sehingga pastel menjadi renyah dan lezat.

FAQ

Q: Apa saja isian yang biasa digunakan pada pastel renyah? A: Isian yang umum digunakan dalam pastel renyah antara lain daging giling, ayam, udang, keju, dan sayuran campur. Isian ini bisa dibumbui dengan berbagai bumbu dan rempah untuk menambah cita rasa.

Baca Juga :  Bakwan Pontianak Bertoping Udang, Cocok Sajian Berbuka Puasa

Q: Bisakah saya membuat adonan pastel terlebih dahulu dan menyimpannya untuk digunakan nanti? A: Ya, Anda bisa menyiapkan adonan pastel terlebih dahulu dan menyimpannya di lemari es hingga 2-3 hari. Pastikan untuk membungkus adonan dengan rapat dengan bungkus plastik agar tidak mengering. Jika sudah siap digunakan, biarkan adonan mencapai suhu ruangan sebelum digulung untuk dirakit.

Q: Apa kunci untuk mendapatkan pastel yang renyah sempurna saat digoreng? A: Kunci untuk mendapatkan pastel yang renyah sempurna saat menggoreng adalah memastikan minyak cukup panas sebelum menambahkan pastel. Minyak harus dipanaskan hingga sekitar 350-375°F (175-190°C) untuk mencapai kerenyahan yang diinginkan. Selain itu, hindari penggorengan yang terlalu penuh agar pastel matang secara merata dan menjadi renyah.

Q: Bisakah pastel dipanggang daripada digoreng untuk alternatif yang lebih sehat? A: Ya, pastel bisa dipanggang daripada digoreng sebagai alternatif yang lebih sehat. Untuk memanggang pastel, panaskan oven hingga 375°F (190°C) dan letakkan pastel yang sudah dirakit di atas loyang yang dilapisi kertas roti. Olesi pastel dengan sedikit minyak dan panggang selama 25-30 menit atau sampai berwarna coklat keemasan dan renyah.

Q: Apakah ada pilihan vegan atau vegetarian untuk membuat pastel renyah? A: Ya, ada berbagai pilihan vegan dan vegetarian untuk membuat pastel renyah. Untuk isian vegan, Anda bisa menggunakan campuran tumis sayuran, tahu, atau protein nabati bertekstur yang dibumbui dengan bumbu dan rempah. Untuk pilihan vegetarian, Anda bisa menggunakan keju, campuran sayuran, atau kombinasi keju dan bayam sebagai isiannya.

Referensi :

1.   8 Resep Pastel Renyah dan Gurih, Cocok untuk Camilan ….  (n.d.)   Diperoleh January 9, 2024, dari www.merdeka.com 

Baca Juga :  Resep Sop Makaroni Ayam Kampung, Masakan Hangat Penggugah Selera di Musim Penghujan

2.   Resep Pastel Renyah Anti Melempem Tahan Seharian.  (n.d.)   Diperoleh January 9, 2024, dari allofresh.id/blog/resep-pastel-renyah/ 

3.   8 Cara Membuat Pastel Aneka Isian, Kulit Renyah dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 9, 2024, dari www.liputan6.com 

4.   Resep Pastel Renyah dan Garing, Enak dan Gampang ….  (n.d.)   Diperoleh January 9, 2024, dari www.happyfresh.id/blog/resep/resep-pastel-renyah-dan-garing/ 

5.   Resep Pastel Lapis Isi Tongkol Kecombrang yang Renyah.  (n.d.)   Diperoleh January 9, 2024, dari food.detik.com 

6.   Resep Pastel Goreng Hanya 4 Bahan, Rasanya yang ….  (n.d.)   Diperoleh January 9, 2024, dari www.koran-gala.id 

7.   Resep Pastel Isi Daging dan Cara Buat Kulit Pastel Renyah.  (n.d.)   Diperoleh January 9, 2024, dari www.kompas.com 

8.   Resep Pastel renyah oleh Dapur Mama Abil.  (n.d.)   Diperoleh January 9, 2024, dari cookpad.com/id/resep/11318423-pastel-renyah 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info