Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kue Pastel Kering Istimewa untuk Lebaran Spesial

Membuat Kue Pastel Kering Istimewa untuk Lebaran Spesial

Membuat Kue Pastel Kering Istimewa (2)

Membuat Kue Pastel Kering Istimewa

Bahan-bahan

  1. 250 gr tepung terigu prot sedang/rendah
  2. 50 gr mentega/margarin
  3. 1 butir telur
  4. 100 ml santan
  5. 1/4 sdt lada bubuk
  6. 1/4 sdt garam
  7. 1/2 sdt kaldu bubuk
  8. secukupnya Abon

Langkah-langkah membuat kue pastel kering spesial

  1. Untuk membuat kue pastel kering spesial, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan[1]. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit pastel antara lain tepung terigu, telur, margarin, sagu, dan garam[1][2][3]. Untuk isiannya bisa digunakan daging suwir atau sayur mayur. Alat-alat yang dibutuhkan adalah rolling pin, cetakan pastel, dan deep fryer atau penggorengan. Setelah semua bahan dan alat terkumpul, langkah selanjutnya adalah mencampur dan menyiapkan adonan pastel.
  2. Untuk menyiapkan adonan pastel, campurkan tepung terigu, telur, margarin, sagu, dan garam ke dalam mangkuk[1][2][3]. Uleni adonan hingga menjadi halus dan elastis[1]. Biarkan istirahat sebentar. Sementara itu, siapkan isiannya dengan memasak dan menyuwir daging atau sayuran. Ambil sedikit adonan lalu pipihkan dengan rolling pin. Letakkan sesendok isian di tengah adonan pipih dan lipat menjadi bentuk setengah bulan. Tekan kedua tepinya untuk merekatkan pastel[1]. Ulangi proses tersebut hingga semua adonan dan isian habis.
  3. Setelah pastel terisi, perlu diperas dan dikeringkan sebelum digoreng[2][4]. Gunakan cetakan pastel untuk menekan pastel menjadi bentuk yang seragam. Kemudian, biarkan hingga kering selama beberapa jam atau semalaman [2]. Setelah pastel mengering, panaskan deep fryer atau penggorengan dengan minyak. Goreng pastel hingga berwarna coklat keemasan[2]. Keluarkan dari minyak dan biarkan dingin di atas tisu untuk menyerap minyak berlebih. Terakhir, kue pastel kering spesial siap disajikan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Pastel Berkualitas Tinggi** – Pilih warna pastel lembut yang dibuat dengan pigmen dan bahan pengikat berkualitas tinggi. Carilah warna pastel yang memiliki ketahanan terhadap cahaya yang baik dan diberi label tingkat artis. Merek seperti Sennelier, Rembrandt, dan Schmincke terkenal dengan warna pastelnya yang berkualitas tinggi.

Baca Juga :  Tongseng Ayam Mercon, Pedas Nikmat Bikin Lupa Diri

**Siapkan Permukaan yang Cocok** – Gunakan permukaan bertekstur seperti kertas pastel atau kertas pastel yang diampelas untuk memastikan pastel menempel dengan baik. Permukaannya harus memiliki cukup gigi untuk menahan partikel pastel. Papan pastel atau papan yang diampelas juga merupakan pilihan populer untuk membuat kue pastel.

**Lapisan dan Campuran Warna** – Oleskan pastel berlapis-lapis, secara bertahap tingkatkan warnanya. Padukan warna menggunakan jari Anda, blending tunggul, atau kuas lembut untuk mencapai transisi yang mulus dan menciptakan kedalaman pada karya seni Anda. Hindari memadukan secara berlebihan, karena dapat mengakibatkan hilangnya semangat.

**Eksperimen dengan Teknik Berbeda** – Jelajahi berbagai teknik seperti bintik, scumbling, dan bulu untuk menciptakan efek dan tekstur yang berbeda. Misalnya, stippling melibatkan penerapan titik-titik kecil pastel untuk membangun warna dan tekstur, sedangkan scumbling melibatkan penerapan pastel dengan gerakan menggosok yang longgar untuk menciptakan kesan kedalaman dan suasana.

**Lindungi dan Simpan Kue Pastel Anda** – Setelah kue pastel Anda kering, tangani dengan hati-hati agar tidak luntur. Untuk melindungi karya seni Anda, pertimbangkan untuk menggunakan semprotan fiksatif yang dirancang khusus untuk warna pastel. Simpan kue pastel dalam wadah dengan kompartemen tersendiri atau gunakan lembaran kertas kaca di antara keduanya untuk mencegah noda dan mempertahankan warna cerahnya.

Baca Juga :  Resep Halua Khas Sumatera Utara, Manisan Asal Langkat yang Menemani Momen Ramadan dan Lebaran

FAQ

Q: Apa saja bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat kue pastel kering spesial? A: Untuk membuat kue pastel kering spesial, Anda memerlukan tepung terigu, mentega, gula halus, telur, pewarna makanan, esens vanila, alat pencetak kue pastel, dan oven.

Q: Bagaimana cara mencampur dan mempersiapkan campuran pastel untuk kue pastel kering? A: Langkah awal adalah mencampur tepung terigu, mentega, dan gula halus hingga menjadi adonan. Kemudian tambahkan telur, pewarna makanan, dan esens vanila ke dalam adonan. Campur hingga semua bahan tercampur dengan baik sebelum dipersiapkan untuk proses selanjutnya.

Q: Mengapa penting untuk menekan kue pastel sebelum mengeringkannya? A: Menekan kue pastel sebelum mengeringkannya membantu memastikan bahwa kue memiliki bentuk yang rata dan padat. Ini juga membantu adonan kue pastel menempel dengan baik sehingga kue tidak hancur saat dipotong atau disajikan.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan kue pastel? A: Waktu yang diperlukan untuk mengeringkan kue pastel dapat bervariasi tergantung pada ketebalan kue dan suhu oven. Secara umum, kue pastel biasanya perlu dikeringkan selama 20-30 menit pada suhu sekitar 160-180 derajat Celcius.

Q: Apakah ada tips tambahan yang perlu diperhatikan saat membuat kue pastel kering spesial? A: Selain langkah-langkah dalam pembuatan kue pastel, penting untuk memastikan bahwa oven sudah dipanaskan sebelum memasukkan kue. Selain itu, pastikan untuk memberikan jarak yang cukup antara kue-kue saat ditempatkan di atas loyang agar kue dapat mengering dengan sempurna.

Baca Juga :  Resep Donat Tanpa Telur, tetap lezat tanpa harus telur

Referensi : 

1.   Resep Pastel Kering Isi Abon, Camilan Renyah untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

2.   5 Resep Pastel Mini Isi Abon Renyah dan Gurih dengan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

3.   Resep Pastel kering renyah isi abon oleh Lusi Aprillia.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/6995056-pastel-kering-renyah-isi-abon 

4.   peraturan badan pengawas obat dan makanan.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari jdih.pom.go.id/download/product/827/34/2019 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info