Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kimchi Mandu (Pangsit Kimchi)

Resep Kimchi Mandu (Pangsit Kimchi)

Kimchi Mandu

Resep Kimchi Mandu

Mandu atau Mandoo adalah versi Korea dari Jiaozi yang mirip dengan Gyoza di Jepang dan Cina. Kimchi Mandu juga dikenal sebagai pangsit Korea, adalah salah satu yang paling disukai untuk membuat mandu Korea.

Seperti yang kamu lihat, kimchi yang terbuat dari kubis napa adalah salah satu bahan utama pangsit ini. Biasanya berisi tahu dan daging babi cincang juga. Namun, kamu dapat dengan mudah memodifikasinya sesuai selera.

Mandu dapat digoreng untuk mendapatkan tekstur yang renyah (seperti gun mandu atau yaki mandu) atau dikukus untuk mendapatkan rasa yang lebih sehat (seperti jjin mandu).

Pada Hari Tahun Baru, orang Korea juga sering mengonsumsi mandu, biasanya dalam bentuk sup dengan kue beras. Namun, tekstur renyah dari mandu yang digoreng adalah yang paling disukai. Ketika dilapisi dengan saus manis dan pedas khas Korea, rasanya menjadi lebih enak.

BAHAN-BAHAN UNTUK KIMCHI MANDU / PANGSIT KIMCHI (UNTUK 25 BUAH)

KULIT PANGSIT

  1. 25 bungkus pangsit (ukuran besar)
  2. Sedikit air dalam mangkuk kecil (untuk membantu menutup pembungkus)

ISIAN PANGSIT

  1. 1 dan 1/2 cangkir kimchi (sekitar 2 minggu + Kimchi berusia 2 minggu), cincang halus
  2. 250g / 8,8 ons tahu (keras), cincang
  3. 200g / 7 ons tauge, rebus setengah matang dan cincang halus
  4. 130g / 4,6 ons daging babi cincang (atau daging sapi), kelebihan air / darah dibuang dengan tisu dapur
  5. 1/2 bawang bombay (50g / 1,7 ons), cincang halus
  6. 10g / 0,3 ons daun bawang putih, cincang halus
  7. 1 butir telur
  8. 1 sendok teh garam laut halus
  9. 1 sdt minyak wijen
  10. 1/2 sdt bawang putih cincang
  11. Beberapa taburan lada hitam bubuk
Baca Juga :  Resep Soto Padang Daging Bening, Sederhana dan Kaya Rasa

LAINNYA

  1. Sedikit minyak goreng
  2. 1/4 cangkir air untuk digunakan dalam penggorengan (Ini untuk sekali masak, jadi jika ingin memasak dalam beberapa kali masak, bisa membutuhkan lebih banyak air).

*1 sendok makan = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml

CARA MEMBUAT KIMCHI DUMPLING DAN MANDU

  1. Dalam mangkuk, campurkan bahan-bahan isian.
  2. Letakkan isian di tengah-tengah pembungkus pangsit dan letakkan di telapak tangan. Basahi sedikit bagian tepi pembungkus pangsit dengan mencelupkan jari ke dalam air. Setelah menutup pembungkus, letakkan di atas permukaan yang rata dan tidak lengket.
  3. Lanjutkan dengan langkah 2 sampai semua bahan habis.
  4. Mandu dapat dimasak sesuka selera.

GORENG MANDU :

  1. Tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan yang sudah dipanaskan dengan baik. Masak mandu di atas api sedang-tinggi hingga bagian bawahnya berwarna cokelat keemasan (dua hingga tiga menit). Kecilkan api ke api sedang-kecil. Tutup panci dan tambahkan 1/4 cangkir air untuk memasak dengan uap. Ini akan menjamin daging matang secara menyeluruh tanpa gosong. Ketika sebagian besar air telah menguap dari panci (dalam waktu sekitar 5 menit), mandu akan siap untuk disantap.
Baca Juga :  Resep Gudeg Jogja, Enaknya bikin Kangen Jogja

KUKUS MANDU :

  • Letakkan mandu di dalam kukusan dengan bahan antilengket seperti kertas roti atau daun kubis. Pastikan bahwa mandu tidak saling bersentuhan. Kencangkan tutupnya. Masak mandu selama 15 hingga 20 menit dengan api sedang di dalam panci dengan meletakkan kukusan di atas air mendidih.
  • Saus pangsit Korea dan mandu panas harus disajikan di atas piring.
  • Perhatikan bahwa tauge, tahu, dan kimchi secara alami mengandung banyak air. Bahan-bahan ini harus dibuang kelebihan airnya. Jika tidak, maka akan merobek bungkus pangsit saat masih menyusunnya.
  • Jika tidak menyukai tahu, kamu bisa mengganti dengan daging babi atau daging sapi. Demikian pula, kamu dapat mengganti lebih banyak tahu dengan daging babi atau sapi untuk versi vegetarian.

CARA MEMBEKUKAN DUMPLING YANG TIDAK DIGUNAKAN :

Cara terbaik untuk membekukannya adalah dengan mengukusnya terlebih dahulu. Kukus seperti yang dijelaskan pada langkah 4 di atas (dinginkan di atas nampan, letakkan nampan di dalam freezer selama kurang lebih 30 menit hingga mengeras, keluarkan, letakkan mandu yang telah dibekukan sebagian ke dalam kantong ziploc atau wadah serupa. Simpan di sana sampai membutuhkannya. paling baik dikonsumsi dalam waktu sekitar satu bulan).

Baca Juga :  Resep Seafood Ikan Kerapu dengan Saus Merah Gurih dan Mantap

Lihat video Kimchi Mandu

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan