Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kembang Tahu Jahe yang Enak, Hangat, dan Lembut di Lidah

Resep Kembang Tahu Jahe yang Enak, Hangat, dan Lembut di Lidah

Kembang Tahu Jahe1 (1)

Resep kembang tahu jahe

Resep kembang tahu jahe seperti yang dijual di pinggiran jalan memang sangat sedap, hangat, dan disukai banyak orang.

Mulai dari anak kecil hingga orang tua suka kuliner tersebut apalagi saat musim penghujan datang. Anda mungkin salah satu yang suka dengan kuliner yang juga disebut wedang tahu ini.

Bahan utamanya bukan tahu yang sebenarnya, tetapi kembang tahu yang terbuat dari susu kedelai.

Oleh karenanya, rasanya lembut dan sedikit gurih apalagi ditambah dengan air gula Jawa sebagai pemanisnya.

Dijamin rasa kembang tahunya tidak akan terlupakan. Anda yang ingin menikmatinya tidak perlu membeli di luar sana. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan terlebih dulu membaca resep kembang tahu jahe selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 300 ml susu kedelai segar
  2. ½ sendok teh bubuk agar-agar bening
  3. 5 cm jahe diparut halus
  4. 150 gram gula Jawa
  5. 500 ml air
  6. 2 lembar daun pandan dibuat simpul
Baca Juga :  Inilah Resep Minuman Daiquiri Untuk Musim Panas

Cara membuang kembang tahu jahe

Setelah Anda menyediakan semua bahan diatas, silahkan segera mempraktikkan resep kembang tahu jahe dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan panci ukuran kecil, lalu rebus susu kedelai yang sudah disiapkan diatas api kompor kecil saja. Tambahkan bubuk agar-agar dan daun pandan. Aduk perlahan dan masak hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, matikan kompor lalu tuangkan adonan di tempat cetakan sesuai selera Anda. Masukkan ke dalam kulkas dan tunggu hingga membeku dan kaku.
  3. Selanjutnya, siapkan lagi panci ukuran kecil untuk merebus air yang sudah disiapkan diatas api kompor kecil saja. Tambahkan gula Jawa dan aduk perlahan hingga larut. Setelah itu, masukkan jahe parutnya. Aduk lagi hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, matikan kompor lalu tuangkan minumannya ke dalam sebuah teko atau  gelas besar sambil disaring agar ampas jahenya tidak ikut masuk.
  5. Siapkan 1 – 2 mangkuk bersih untuk plating. keluarkan kembang tahu dari dalam kulkas dan sendokkan saja secukupnya lalu masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan air jahe panas secukupnya. Kembang tahu jahe sudah jadi dan sangat cocok dinikmati saat masih hangat.
Baca Juga :  Resep Keripik Kangkung Panggang, Simple dan Enak!

Beberapa langkah membuatnya memang cukup mudah. Anda bisa coba resep kembang tahu jahe sekarang juga agar dapat segera menikmati kuliner tersebut. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Kembang Tahu Jahe

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan