Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Tart Susu Lembut dan Sederhana

Resep Tart Susu Lembut dan Sederhana

Resep Tart Susu (1)

Resep Tart Susu

Langkah-langkah membuat kue tart susu yang enak

Untuk membuat kue tart susu yang enak, terlebih dahulu kita perlu menyiapkan bahan-bahannya seperti 

  1. tepung terigu protein sedang sebanyak 190 gram, 
  2. mentega dingin sebanyak 100 gram, 
  3. gula bubuk sebanyak 1 sendok makan, 
  4. garam sebanyak 1/2 sendok teh, 
  5. kuning telur sebanyak 1 butir, 
  6. air es sebanyak 2-3 sendok makan, 
  7. susu cair sebanyak 350 gram[1]. 

Pertama-tama, kita perlu membuat keraknya terlebih dahulu dengan 

  1. mencampurkan tepung terigu, gula bubuk, garam, dan mentega. 
  2. Kemudian tambahkan kuning telur dan air es sedikit-sedikit hingga tercampur rata.
  3. Setelah itu diamkan adonan selama 30 menit sebelum dipanggang.

Setelah kerak sudah jadi, selanjutnya kita perlu membuat isian dari kue tart susu. Untuk membuat isian, kita perlu menyiapkan bahan-bahan seperti 

  1. telur ayam sebanyak 4 butir, 
  2. air sebanyak 5 gelas atau sekitar 800 ml, 
  3. tepung terigu sebanyak 3 1/2 gelas atau sekitar 450 gram, 
  4. gula pasir sebanyak 3/4 gelas atau sekitar 60 gram , 
  5. dan bubuk susu putih sebanyak 1 sachet[2]. 

Cara membuat isian tart : 

  1. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga tercampur rata. 
  2. Setelah itu masak adonan dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental. 
  3. Setelah isian sudah jadi, tuangkan ke dalam kerak yang sudah dipanggang tadi.

Alternatif lain dalam membuat isian kue tart susu adalah dengan menggunakan bahan-bahan seperti 

  1. telur ayam sebanyak 5 butir, 
  2. susu kental manis putih sebanyak 1 kaleng, 
  3. mentega sebanyak 200 gram, 
  4. tepung terigu sebanyak 200 gram, 
  5. gula pasir sebanyak 100 gram, 
  6. dan vanila cair sebanyak 1 sendok teh[3]. 

Pertama-tama, kocok telur dan gula hingga putih dan mengembang. Kemudian masukkan susu kental manis putih, mentega cair, tepung terigu, dan vanila cair, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu tuangkan adonan ke dalam kerak yang sudah dipanggang dan dipanggang hingga matang. Kue tart susu siap disajikan dan dinikmati.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan yang Tepat** – Gunakan susu full-cream untuk tekstur yang lebih kaya dan creamy dibandingkan susu rendah lemak. Pilihlah ekstrak vanila atau buah vanila berkualitas tinggi untuk rasa yang lebih pekat. Pertimbangkan untuk menggunakan kayu manis bubuk dengan kandungan minyak tinggi untuk mendapatkan kue susu yang lebih aromatik dan beraroma.

Baca Juga :  Cocok Menjadi Ide Jualan, Teppanyaki Ayam Kekinian Resepnya Mudah

**Konsistensi Pengisian** – Pastikan isian custard halus dan lembut dengan terus mengaduknya dengan api kecil. Ini mencegah gumpalan dan memastikan tekstur lembut. Dengan menambahkan susu panas ke dalam adonan telur secara perlahan lalu memanaskannya kembali, Anda dapat mencegah telur menggumpal sehingga menghasilkan custard yang sempurna.

**Menyempurnakan Kue** – Saat membuat pastry, pastikan adonannya tipis dan digulung secara merata untuk menghasilkan lapisan kulit yang halus dan bersisik. Memanggang kue secara buta sebelum menambahkan isian memastikan dasar kue menjadi renyah dan matang sempurna, mencegahnya menjadi basah.

**Infus Rasa** – Seduh susu dengan batang kayu manis atau buah vanila sebelum digunakan dalam custard untuk meningkatkan profil rasa kue tart susu. Hal ini menambahkan kedalaman rasa yang halus pada custard, membuatnya lebih aromatik dan menggoda.

**Mendinginkan dan Menyajikan** – Setelah kue tart susu matang, biarkan dingin hingga mencapai suhu ruangan sebelum didinginkan di lemari es. Ini membantu mengatur custard dengan benar. Sajikan kue tart susu dalam keadaan dingin, biarkan rasa menyatu dan tekstur mengeras, memberikan pengalaman rasa terbaik.

Baca Juga :  Resep Telur Ceplok, Cocok untuk Sarapan Kilat

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue tart susu yang enak? A: Untuk membuat kue tart susu yang enak, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti tepung terigu, mentega, gula pasir, garam, telur, tepung maizena, ekstrak vanila, susu, dan kayu manis untuk toppingnya.

Q: Bisakah Anda memberikan langkah-langkah membuat kulit pastry untuk kue tart susu? A: Tentu! Kerak kue untuk kue tart susu dibuat dengan menggabungkan tepung, mentega, gula, garam, dan telur. Campuran tersebut kemudian ditekan ke dalam loyang tart dan dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan.

Q: Bagaimana cara menyiapkan isian krim untuk kue tart susu? A: Isian krim tart susu dibuat dengan cara memanaskan campuran susu, gula pasir, tepung maizena, dan sedikit garam hingga mengental. Setelah mengental, campuran tersebut dihaluskan dengan telur kocok dan dimasak hingga mencapai konsistensi seperti custard. Terakhir, ekstrak vanila ditambahkan untuk menambah rasa.

Q: Bisakah kue tart susu dibuat terlebih dahulu dan disimpan? A: Ya, Anda bisa membuat kue tart susu terlebih dahulu. Dapat disiapkan hingga 2 hari ke depan dan disimpan dalam lemari es. Sisanya bisa disimpan di lemari es hingga 3 hari. Namun, pembekuan tidak disarankan karena tekstur puding dapat berubah setelah dicairkan.

Q: Bagaimana sejarah kue tart susu di Afrika Selatan? A: Tart susu, yang dikenal sebagai melktert dalam bahasa Afrikaans, telah menjadi makanan penutup yang digemari di Afrika Selatan yang berasal dari zaman kolonial Belanda. Resepnya dibawa ke Afrika Selatan oleh pemukim Belanda dan sejak itu diadaptasi dan disempurnakan, menjadi bagian favorit masakan Afrika Selatan.

Baca Juga :  Membuat Seblak Mie yang Uenak Poll, Cocok di santap saat hujan-hujan

Referensi : 

1.   5 Resep Tart Susu Lembut dan Mudah Dibuat!.  (n.d.)   Diperoleh December 24, 2023, dari www.orami.co.id/magazine/resep-tart-susu 

2.   Resep Tart susu NTT oleh Hesniaty Arasi.  (n.d.)   Diperoleh December 24, 2023, dari cookpad.com/id/resep/3399102-tart-susu-ntt 

3.   Resep Tart Susu khas Kupang.  (n.d.)   Diperoleh December 24, 2023, dari www.fimela.com/food/read/4976558/resep-tart-susu-khas-kupang 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan