Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bubur Delima Merah Putih, Sajian Khas Perayaan HUT RI yang Menarik dan Lezat

Resep Bubur Delima Merah Putih, Sajian Khas Perayaan HUT RI yang Menarik dan Lezat

bubur delima merah putih

Resep bubur delima merah putih

Resep bubur delima merah putih menjadi salah satu sajian spesial di hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78 tahun ini.

Tentu saja karena warnanya merah putih seperti warna bendera Indonesia. Sebenarnya ada begitu banyak kuliner berciri khas merah putih seperti itu. Tinggal daya kreatif orangnya saja untuk menemukan dan membuat seperti yang diinginkan.

Ternyata bubur delima juga bisa dibuar berwarna merah putih. Warna merah untuk biji delima yang terbuat dari bahan bengkuang dan lainnya.

Sementara itu, warna putih untuk kuah santannya yang memang berwarna putih bersih. Lalu, bagaimana resep bubur delima merah putih yang direkomendasikan dan rasanya enak? Silahkan membaca uraian berikut hingga selesai.

Bahan untuk biji delima

  • 200 gram bengkuang dikupas, dicuci bersih, lalu dipotong dadu kecil
  • 25 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 300 ml air matang
  • 200 gram tepung tapioka
  • Pewarna makanan merah secukupnya

Bahan untuk bubur

  • 750 ml air
  • 200 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 2 lembar daun opandan ditali simpul
Baca Juga :  Membuat Roti isi keju untuk Bekal Anak Sekolah

Bahan untuk saus santan

  • 200 ml santan kental
  • ½ sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan ditali simpul
  • 1 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh tepung maizena dilarutkan dengan 1 sendok makan air

Cara membuat bubur delima merah putih

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep bubur delima merah putih dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama membuat biji delima terlebih dulu. Caranya, siapkan siapkan dulu panci bersih ukuran sedang, lalu rebus air yang sudah disiapkan.
  2. Tambahkan gula pasir dan garam, lalu aduk perlahan hingga mendidih. Setelah itu, masukkan potongan bengkuang dan masak sekitar 15 menit diatas api kompor kecil saja. setelah itu, angkat dan tiriskan.
  3. Masukkan potongan bengkuang ke dalam wadah, lalu beri perwarna makanan merah secukupnya. Aduk perlahan hingga warnanya merata. Setelah itu, guling-gulingkan diatas tepung tapioka hingga rata. Ambil semuanya dan sisihkan dulu.
  4. Langkah selanjutnya silahkan siapkan panci bersih lainnya, lalu rebus 750 ml air yang sudah disiapkan untuk membuat bubur. Tambahkan gula pasir, garam, dan daun pandan. Rebus diatas api kompor kecil hingga mendidih.
  5. Setelah itu, masukkan biji delima ke dalam rebusan gula tersebut hingga mengapung dan kuahnya mengental. Anda bisa mencicipi sedikit buburnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah terasa enak, matikan kompor dan sisihkan dulu.
  6. Langkah berikutnya membuat saus santan. Caranya, siapkan panci lain dan rebus santan bersama gula pasir, garam, dan daun pandan yang sudah disiapkan.
  7. Rebus diatas api kompor kecil saja dan dan aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah. Setelah itu, tambahkan larutan maizena dan aduk hingga mengental. Setelah matang, matikan kompor dan diamkan beberapa saat agar agak mendingin.
  8. Waktunya plating. siapkan 2 – 3 mangkuk kecil untuk plating, lalu tuangkan bubur delima secukupnya. Setelah itu, tuang saus santan diatasnya hingga berwarna merah putih yang cantik.
Baca Juga :  Purple Sweet Potato Pancake, Cara Lain Menikmati Enaknya Ubi Ungu

Silahkan Anda coba di rumah resep bubur delima merah putih diatas. Siapa tahu masih ada perayaan HUT RI di lingkungkan tempat tinggal Anda, sehingga sangat cocok dihidangkan. Selamat mencoba.

Lihat video membuat bubur delima merah putih

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan