Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Donat Coklat Kacang yang Laris Dijual dan Banyak Orang Menyukainya

Resep Donat Coklat Kacang yang Laris Dijual dan Banyak Orang Menyukainya

Donat Coklat Kacang1

Resep donat coklat kacang

Resep donat coklat kacang sangat menarik perhatian untuk dibuat apalagi dicicipi. Anda sekalian tentu sudah pernah makan donat, bukan? Sejenis roti dengan ciri khas bagian tengahnya berlubang. Selain itu, toping diatasnya bisa dibuat beragam macam, seperti coklat, keju, meyses, dan lain sebagainya. Donat semacam itu banyak dijual di toko bakery hingga pinggiran jalan dengan harga cukup terjangkau.

Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah untuk disantap sendiri bersama keluarga tercinta. Atau mungkin, membuat donat untuk dijual kembali agar mendapatkan keuntungan berlipat. Terserah saja tujuannya apa yang penting Anda harus mengetahui dulu resep donat coklat kacang selengkapnya dengan membaca informasi berikut.

Bahan donat

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 55 gram gula pasir
  • 2 butir kuning telur ayam
  • 12 ml susu cair putih
  • 5 gram ragi
  • 40 gram margarin yang dilelehkan, lalu didinginkan
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan donat

Bahan untuk toping

  • 150 gram coklat hitam
  • 100 gram kacang tanah

Cara membuat donat coklat kacang

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep donat coklat kacang dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan sebuah panci kecil bersih, lalu rebus susu cair putih yang sudah disiapkan diatas api kompor kecil saja. Tambahkan ragi, lalu aduk perlahan sebentar saja. Setelah panas dan jangan sampai mendidih, segera mematikan kompor. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah baskom bersih, lalu masuk tepung terigu dan gula pasir. Aduk merata. Tambahkan kuning telur serta campuran susu dan ragi yang sudah dibuat.
  3. Aduk dan kocok merata menggunakan alat mixer atau secara manual hingga adonannya kalis. Setelah itu, Tambahkan margarin cair dan aduk merata lagi.
  4. Silahkan diamkan adonan donat tersebut sekitar 45 – 60 menit hingga mengembang dua kali lipatnya. Jangan lupa menutup wadahnya dengan plastik atau kain. Letakkan di tempat bersuhu ruangan.
  5. Setelah didiamkan, buka penutup wadahnya dan kempiskan adonan menggunakan tangan. Lalu, bagi adonan menjadi sekitar 16 bagian sama rata. Jadi nantinya, sebanyak 16 donat bisa Anda buat dengan adonan tersebut.
  6. Diamkan lagi adonan yang sudah dibagi-bagi tersebut sekitar 15 menit. Setelah itu, ambil satu adonan lalu cetak dengan cetakan donat. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa langsung melubangi bagian tengah adonannya menggunakan gelas kecil.
  7. Lakukan langkah tersebut untuk semua sisa adonan donat yang sudah dibuat. Setelah itu, diamkan lagi adonan donat sekitar 30 menit hingga mengembang.
  8. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng adonan donat. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu adonannya.
  9. Goreng diatas api kompor kecil saja sambil dibolak-balik. Setelah matang dan berwarna kecoklatan di semua sisinya, angkat donat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  10. Sambil menunggu donat agak mendingin, Anda bisa menyiapkan topingnya. Siapkan wajan, lalu sangrai semua kacang tanah yang sudah disiapkan hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat dan bersihkan dari kulit arinya yang masih menempel. Lalu, tumbuk kasar sesuai selera Anda.
  11. Selanjutnya, lelehkan coklat hitam yang sudah disiapkan diatas wajan teflon hingga benar-benar meleleh. Setelah toping siap, ambil sebuah donat lalu celupkan salah satu sisinya ke dalam lelehan coklat. Setelah itu, taburi dengan kacang tanah secukupnya. Lakukan langkah diatas untuk semua donat.
  12. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata donat coklat kacang yang sudah jadi diatasnya. Donat siap disantap.
Baca Juga :  Memasak Lele Goreng Sambal Pecak, Mudah dan Maknyus

Sekarang, Anda sudah mengetahui resep donat coklat kacang setelah membaca uraian diatas. Jangan malu dan ragu coba mempraktikkannya di rumah. Semoga berhasil.

Lihat video membuat Donat Coklat Kacang

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan