Lompat ke konten
Home » Video » Melihat Sejarah Masa Lampau di Benteng Kuto Besak

Melihat Sejarah Masa Lampau di Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak (1)
Lazada

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak adalah wisata Palembang yang sajikan berbagai tema wisata di dalam satu kawasan, mulai dari wisata sejarah, wisata malam instagenic, sampai wisata kuliner. Sejumlah tempat populer di Palembang seperti panorama keindahan Sungai Musi, Jembatan Ampera, dan Tugu Iwak Belido, Pasar Ilir, sampai Masjid Agung Palembang, lokasinya dekat sekali dengan Benteng Kuto Besak.

Lokasi Wisata Benteng Kuto Besak yang sangat strategis menjadikan wisata ini sebagai salah satu wisata populer dan wisata bagi masyarakat Palembang khususnya. Walaupun faktanya banyak pula wisatawan yang datang dari luar daerah Palembang.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak tentang wisata Benteng Kuto Besak, pada artikel ini sudah disiapkan sejumlah informasinya untuk Anda sebagai referensi awal untuk tentukan destinasi wisata di Palembang untuk dikunjungi saat liburan akhir pekan atau saat liburan tiba.

Sejarah Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak Palembang Sumatera Selatan, Benteng Asli Buatan Indonesia

Sebelum masuk ke pembahasan tentang pesona keindahan wisata Benteng Kuto Besak Palembang, sebaiknya pahami dulu sejarah singkat objek wisata ini.

Ide awal pembangunan Benteng Kuto Besak sebenarnya telah ada dari jaman Sultan Mahmud Badarudin I. Namun pembangunan itu baru dapat terealisasi di tahun 1780 pada masa kepemimpinan Sultan Mahmud Muhammad Bahaudin.

Sebelum Benteng Kuto Besak berdiri, pada mulanya area tersebut adalah area keraton yang jadi pusat Kesultanan Palembang, di abad ke XVIII.

Selanjutnya setelah pembangunan selesai dan Benteng Kuto Besak berdiri, benteng ini berfungsi sebagai pertahanan dari serangan penjajah serta menjadi tempat tinggal Sultan dan keluarganya.

Secara resmi Benteng Kuto Besak ini dipergunakan pada 21 Februari 1792. Sekarang ini, Benteng Kuto Besak Palembang, atau juga disebut dengan nama BKB ditempati Komando Daerah Militer Sriwijaya.

Lokasi dan Alamat Wisata Benteng Kuto Besak

Lokasi dari Benteng Kuto Besak berada tak jauh dari lokasi Jembatan Ampera Palembang, dan juga menghadap ke Sungai Musi Palembang.

Untuk alamat lengkap Benteng Kuto Besak berada di Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Prov. Sumatera Selatan.

Rute Menuju ke Wisata Benteng Kuto Besak

Jalan menuju ke wisata BKB Palembang cukup mudah diakses. Jarak dari Alun-Alun Kota Palembang sekitar 4 km saja, dengan waktu tempuh kurang lebih 10-15 menit perjalanan lewat Jalan Veteran.

Tak hanya itu, wisata Benteng Kuto Besak dekat sekali dengan Pasar 16 Ilir. Akses menuju ke wisata Benteng Kuto Besak bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Harga Tiket Masuk Wisata Benteng Kuto Besak

Tiket masuk wisata Benteng Kuto Besak, atau BKB dibanderol mulai dari Rp. 5.000 per orang.

Jam Buka Wisata Benteng Kuto Besak

Waktu operasional wisata Benteng Kuto Besak adalah buka setiap hari dari pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Kawasan depan wisata Benteng Kuto Besak buka 24 jam.

Fasilitas Tersedia di Wisata Benteng Kuto Besak Palembang

Fasilitas pendukung wisata di Benteng Kuto Besak jika masih berada dalam area benteng ada museum, serta benda-benda bersejarah lain. Namun, jika di luar area BKB, ada sangat banyak fasilitas yang bisa  pengunjung nikmati, seperti:

  • Area parkir kendaraan yang luas,
  • Tempat duduk nyaman,
  • Spot festival,
  • Pasar 16 Ilir,
  • Spot kuliner, Resto terapung.

Daya Tarik dari Wisata Benteng Kuto Besak

Banyaknya wisata yang terdapat di kawasan Benteng Kuto Besak, menjadikannya sebagai destinasi wisata yang mampu menyajikan sensasi berbeda di sisi waktu kunjungan.

Inilah berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di wisata Benteng Kuto Besak:

  • Benteng dan Berbagai Benda Bersejarah
Benteng Kuto Besak5
Benteng Kuto Besak5

Daya tarik pertama dari wisata Benteng Kuto Besak tentunya adalah keberadaan dari sebuah benteng bersejarah yang dibangun bukan oleh orang-orang Belanda. Sebab kebanyakan benteng di Indonesia dibangun bangsa Belanda pada masa penjajahan.

Wisata Benteng Kuto Besak berbentuk persegi panjang. Adapun panjang wisata BKB adalah sekitar 274,32 meter, dan lebarnya kurang lebih 182,88 meter.

Untuk tingginya, wisata Benteng Kuto Besak ini adalah sekitar 9,14 meter, dan tebal 2,13 meter. Pada sela-sela benteng ada lubang yang menjadi ruang bidik senjata.

Dalam area Benteng Kuto Besak ada museum, dan juga benda-benda bersejarah lain, seperti meriam serta bangunan – bangunan bersejarah lainnya.

  • Pemandangan atau View Jembatan Ampera, serta Sungai Musi
Benteng Kuto Besak2
Benteng Kuto Besak2

Sebaiknya, Anda melakukan kunjungan wisata ke Benteng Kuto Besak dengan luangkan waktu hingga malam hari. Ketika jam operasional wisata BKB tutup, maka keseruan wisata Anda tak berhenti di situ saja, malah bahkan lebih ramai.

Suasana di luar wisata Benteng Kuto Besak ketika sore ke malam kian ramai. Pemandangan sekitar kawasan wisata ini sangat indah, berpadu dengan lampu malam yang kerlap-kerlip akan manjakan mata wisatawan.

Kawasan tersebut adalah spot terbaik untuk dapat menikmati keindahan dari Jembatan Ampera serta Sungai Musi. Sekaligus menjadi latar belakang foto keren.

  • Tugu Iwak Belido
Tugu Iwak Belido
Tugu Iwak Belido

Ada spot selfie favorit para wisatawan, yakni Tugu Iwak Belido. Spot ini adalah sebuah patung ikan raksasa yang berupa ikan khas Sungai Musi yang sudah mulai langka.

Ikan Belido terkenal sebagai ikan yang memiliki rasa sangat enak, sekaligus sebagai bahan utama untuk buat kuliner khas daerah Palembang, yakni Pempek.

  • Resto Terapung
Resto Terapung benteng kuto
Resto Terapung benteng kuto

Tutup aktivitas wisata bersama keluarga tersayang dengan mencoba masakan di resto terapung yang ada di Sungai Musi. Tentang rasanya, jangan ditanyakan lagi. Sebab masakan khas Palembang ini sudah terkenal sekali mempunyai citarasa tinggi.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version