Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Spring Roll Udang dengan Saus Bawang Putih yang Dijamin Mantul

Resep Spring Roll Udang dengan Saus Bawang Putih yang Dijamin Mantul

Spring Roll Udang (1)

Resep spring roll udang

Resep spring roll udang juga cukup menarik untuk diketahui, lalu mempraktikkannya segera. Setelah matang, spring roll bisa menjadi cemilan gorengan yang sedap serta menggugah selera. Apalagi di dalamnya ada tambahan bahan udang sebagai bahan protein hewani. Jadi, juga tidak ada masalah saat menyantapnya sebagai lauk utama atau pendamping yang lezat. Jika rasanya enak, tentu saja disukai anak-anak hingga orang tua.

Untuk bisa membuatnya yang lezat, pastinya ada bahan, bumbu, dan cara membuatnya harus Anda ketahui dengan pasti. Oleh karenanya, sudah tepat membaca uraian ini karena akan membahasnya panjang lebar. Untuk lebih jelas dan detail, silahkan membaca resep spring roll udang selengkapnya berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 sendok makan minyak wijen
  2. 3 cm jahe diparut
  3. 2 siung bawang putih dicincang halus
  4. ½ buah kol/kubis dicincang kecil
  5. 1 buah wortel diparut
  6. 150 gram udang segar ukuran kecil dibersihkan, lalu dicincang halus
  7. 3 batang daun bawang dipotong kecil
  8. 1 sendok makan kecap manis
  9. 1 sendok teh garam
  10. ½ sendok teh lada hitam
  11. 2 genggam tauge segar
  12. 1 butir telur ayam dikocok lepas
  13. Kulit lumpia secukupnya
  14. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng spring roll
Baca Juga :  Rolade Daging Sapi Mantul, Ini Resepnya

Bahan untuk saus

  • 70 gram gula pasir
  • 3 siung bawang putih dicincang halus
  • 1½ sendok tek saus tomat
  • 1 sendok teh cuka
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • 5 sendok makan air

Cara membuat spring roll udang

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan semua, Anda dapat segera mempraktikkan resep spring roll udang dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis jahe dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan irisan kubis, wortel, dan tauge. Aduk merata dan masak hingga layu. Setelah itu,
  3. tambahkan udang, daun bawang, kecap manis, garam, dan lada hitam.
  4. Aduk dan masak hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata. Tambahkan minyak wijen yang sudah disiapkan, lalu aduk sebentar.
  5. Silahkan mencicipi sedikit masakan isian spring roll tersebut untuk memastikan rasanya sudah enak. Setelah itu, matikan kompor dan sisihkan dulu beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  6. Ambil sbuah kulit lumpia yang sudah disediakan. Lalu, beri isian yang sudah matang sekitar 2 sendok makan. Gulung dan lipat kulitnya hingga berbentuk rapi. Olesi bagian pinggirannya dengan telur agar tidak lepas lipatannya.
  7. Lakukan langkah tersebut hingga semua isian spring roll habis. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng agk banyak untuk menggoreng spring roll.
  8. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu spring roll ke dalamnya. Goreng hingga kulitnya berwarna kuning keemasan. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  9. Sambil menunggu spring roll tidak terlalu panas, Anda bisa membuat saus sebagai pendampingnya. Cara membuatnya, panaskan dulu diatas api kompor kecil saja wajan teflon bersih, lalu masukkan satu per satu semua bahan membuat saus yang sudah disiapkan.
  10. Aduk merata hingga sausnya mendidik dan mengental. Anda bisa mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah itu, matikan kompor dan saus sudah siap.
  11. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan semua spring rool udang yang sudah matang diatasnya. Siapkan juga sebuah mangkuk kecil untuk wadah sausnya.
Baca Juga :  Cara Membuat Fruit pie Enak Banget, Ini Resepnya

Akhirnya, resep spring roll udang selesai dipraktikkan dan silahkan mencicipinya. Ambil sebuah spring rooll, lalu cocol di sausnya untuk segera menyantapnya. Dijamin rasanya mantul dan sesuai selera Anda sekalian.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan