Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Bakar Taliwang khas Lombok yang Pedas

Resep Ayam Bakar Taliwang khas Lombok yang Pedas

Resep Ayam Bakar Taliwang (2)

Resep Ayam Bakar Taliwang

Langkah-langkah membuat Ayam Bakar Taliwang

Langkah pertama dalam membuat ayam bakar Taliwang adalah menyiapkan ayamnya sendiri. Mulailah dengan membersihkan ayam dan memotongnya menjadi beberapa bagian. 

Lalu lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis dan garam[1][2][3]. Ini membantu melunakkan daging dan memberikan rasa yang tajam. 

Panggang ayam di atas bara api hingga setengah matang[2]. Hal ini memastikan ayam matang secara merata dan mempertahankan kelembapannya.

Selanjutnya, saatnya membuat pasta bumbu yang menjadi ciri khas ayam bakar Taliwang. Untuk membuat pasta bumbu, 

  1. haluskan cabai merah kering, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, tomat rampai merah, dan terasi bakar.
  2. Panaskan minyak dalam wajan lalu tumis bumbu halus hingga harum dan matang[1][7]. Pasta inilah yang memberi rasa pedas dan aromatik pada ayam.
  3. Terakhir, saatnya memanggang ayam hingga sempurna. Celupkan ayam setengah matang ke dalam bumbu halus lalu panggang kembali di atas bara api hingga matang sempurna[2][8]. 
  4. Ayam harus matang dan bagian luarnya sedikit gosong. Sajikan dengan nasi kukus, irisan tomat, dan irisan jeruk nipis[7][9][10][11]. 

Hidangan ini merupakan perpaduan sempurna antara rasa pedas, tajam, dan gurih yang akan membuat Anda ketagihan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Segar** – Saat menyiapkan ayam bakar Taliwang, penting untuk menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Ini termasuk ayam kampung segar, bumbu lokal, dan kecap asli Indonesia. Bahan-bahan segar akan meningkatkan rasa dan keaslian hidangan.

**Marinasi Semalaman** – Untuk membuat ayam kaya akan cita rasa masakan Taliwang, marinasi ayam semalaman. Bumbunya biasanya terdiri dari campuran bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, lengkuas, serai, dan daun jeruk. Pengasinan semalaman memungkinkan rasa meresap ke dalam daging, sehingga menghasilkan hidangan yang lebih beraroma dan empuk.

Baca Juga :  Resep Yakitori, Sate Ayam Jepang yang Gurih dan Juicy

**Panggang Di Atas Arang** – Ayam bakar Taliwang asli dimasak secara tradisional di atas arang, sehingga memberikan rasa berasap yang khas. Saat memanggang ayam, gunakan arang untuk rasa yang autentik. Rasa berasapnya menambah kedalaman profil rasa hidangan secara keseluruhan.

**olesi dengan mentega berbumbu** – Elemen kunci dari ayam bakar Taliwang adalah proses pengolesan. Saat memanggang, olesi ayam dengan campuran mentega yang sudah dibumbui, biasanya berupa campuran mentega, kecap manis, air jeruk nipis, dan campuran bumbu Taliwang. Ini meningkatkan rasa dan menjaga kelembapan ayam selama dipanggang.

**Sajikan dengan Sambal Plecing** – Ayam bakar Taliwang secara tradisional disajikan dengan sambal plecing, sambal pedas. Sambal plecing dibuat dengan cabai merah segar, tomat, terasi, air jeruk nipis, dan gula. Perpaduan antara ayam bakar berasap dengan sambal plecing yang pedas dan tajam menciptakan pengalaman bersantap Taliwang yang serasi dan autentik.

FAQ

Q: Apa itu Ayam Bakar Taliwang? A: Ayam Bakar Taliwang adalah masakan ayam bakar tradisional Indonesia yang berasal dari Taliwang, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ia terkenal dengan bumbunya yang pedas, beraroma, dan ayam panggang yang empuk dan berasap.

Q: Apa saja langkah-langkah penting dalam menyiapkan Ayam Bakar Taliwang? A: Langkah-langkah utama dalam menyiapkan Ayam Bakar Taliwang antara lain menyiapkan ayam, membuat pasta bumbu Taliwang, dan memanggang ayam hingga sempurna.

Baca Juga :  Resep Onde Onde Gula Merah yang praktis dan kenyal

Q: Bagaimana cara menyiapkan ayam untuk Ayam Bakar Taliwang? A: Untuk mengolahnya, ayam biasanya dibersihkan lalu dilubangi dengan potongan yang dalam agar bumbunya meresap. Beberapa resep juga mengharuskan ayam direndam dalam campuran bumbu dan bumbu sebelum dipanggang.

Q: Bahan apa saja yang biasa digunakan pada sambal bumbu Taliwang? A: Bumbu Taliwang sering kali mengandung campuran bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, serai, kemiri, dan berbagai bumbu seperti ketumbar dan jintan. Pasta ini kemudian dicampur dengan bumbu lain seperti asam jawa, daun jeruk, dan garam.

Q: Bagaimana cara ayam bakar taliwang dipanggang secara tradisional? A: Secara tradisional, Ayam Bakar Taliwang dipanggang di atas arang sehingga memberikan rasa berasap pada ayamnya. Ayamnya diolesi bumbu Taliwang selama proses pemanggangan untuk meningkatkan cita rasa dan menjaga kelembapannya.

Referensi : 

1.   Resep Pembaca : Ayam Bakar Taliwang yang Pedasnya ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari food.detik.com 

2.   Resep Ayam Taliwang, Ayam Bakar Pedas dari Nusa ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.kompas.com 

3.   Enak dan Praktis, Berikut Resep Ayam Bakar Taliwang ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.ihwal.id 

4.   Resep Ayam Taliwang Gurih dan Pedas – UFS.  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.unileverfoodsolutions.co.id 

5.   Resep Ayam Bakar Taliwang oleh Ayu (Mama Aura).  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari cookpad.com/id/resep/16517838-ayam-bakar-taliwang 

6.   Ayam Bakar Taliwang + Nasi Uduk Rempah.  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari cookpad.com 

Baca Juga :  Resep Lumpia Rebung asli Semarang

7.   Resep Ayam Bakar Taliwang Lombok yang Pedas Nendang.  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari food.detik.com 

8.   Resep Masakan Ayam Bakar Taliwang dengan Sambal ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari momsmoney.kontan.co.id 

9.   Resep Ayam Panggang Taliwang Cocok untuk Menu ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.fimela.com 

10.   Resep Ayam Taliwang Asli yang Praktis, Bumbu Meresap ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.idntimes.com 

11.   Resep Ayam bakar taliwang oleh Susan Mellyani.  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari cookpad.com/id/resep/3800097-ayam-bakar-taliwang 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan