Lompat ke konten
Home » Video » Hidden Gems di dalam Hutan, Wisata Air Terjun Rantiang Wajib Dikunjungi Jika ke Sumatera Barat

Hidden Gems di dalam Hutan, Wisata Air Terjun Rantiang Wajib Dikunjungi Jika ke Sumatera Barat

Wisata Air Terjun Rantiang (1)
Lazada

Wisata Air Terjun Rantiang

Air Terjun Lubuak Rantiang adalah salah wisata alam di Pandang. Air terjun ini terletak di Kecamatan Koto Tangah, Padang. Padang sendiri merupakan kota terbesar di kawasan Pantai Barat Pulau Sumatera dan juga Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat.

Wisata air terjun selalu tawarkan sensasi berbeda. Untuk Anda pecinta air terjun, maka harus kunjungi Air Terjun Lubuak Rantiang ini.

Air Terjun Lubuak Rantiang sering disebut juga dengan nama Air Terjun Lubuak Ngalauan, serta juga dikenal dengan nama Sarasah Lubuak Rantiang. Namun, apapun nama dari wisata air terjun ini, satu yang pasti jika air terjun ini memiliki keindahan tersembunyi. Untuk informasi saja, disebut “Lubuak” sebab air terjunnya mirip kolam aliran sungai.

Alam selalu menyajikan banyak hal menakjubkan. Tidak pernah bosan untuk menikmati keindahan alam Indonesia yang Tuhan berikan.

Pulau Sumatera selalu menyajikan keindahan alam asri dan terjaga. Banyak hal akan Anda temui jika berkunjung ke wisata Air Terjun Lubuak Rantiang. Anda akan rasakan sensasi air terjun berbeda dari air terjun biasanya.

Mengapa begitu? Anda penasaran? Mari simak ulasan lebih lanjutnya berikut ini!

Lokasi dan Alamat Wisata Air Terjun Lubuak Rantiang

Air Terjun Lubuak Rantiang terletak di Sungai Angah Bangek, Kel. Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Rute Menuju ke Air Terjun Lubuak Rantiang

Wisata Air Terjun Rantiang (1)
Wisata Air Terjun Rantiang (1)

Rute ke Air Terjun Lubuak Rantiang jika Anda berangkat kota, Anda akan dapat menempuh perjalanan sekitar 25 km, akses jalan ke tempat wisata ada yang telah di aspal tapi ada pula yang masih berupa bebatuan.

Terus lurus saja ikuti jalan yang ada, lalu setelah sampai kampus IAIN Imam Bonjol, belokkan kendaraan ke kiri dan kemudian turun menyusuri tepian sungai di sebelah kirinya.

Trekking Menuju ke Air Terjun Lubuak Rantiang

#1|Air Terjun Lubuak Rantiang/ Ngalauan|Sungai Bangek| Kota Padang Explore SUMBAR #sumbar #airterjun

Anda harus bersabar untuk bisa sampai ke lokasi wisata Air Terjun Lubuak Rantiang. Sebelum Anda  tiba di air terjun, Anda harus melakukan trekking dahulu di alam terbuka.

Anda harus berjalan menyusuri hutan dan juga melewati 4 sungai. Anda juga harus menaiki serta menuruni bukit, masuk ke hutan tropis basah yang rimbun.

Setelah melakukan perjalanan lumayan menguras tenaga serta memakan waktu sekitar 1 jam, maka sampailah Anda di Air Terjun Lubuak Rantiang.

Tiket Masuk Wisata Air Terjun Lubuak Rantiang

Tiket masuk ke wisata Air Terjun Lubuak Rantiang sangat terjangkau, Anda cukup membayar biaya tiket sebesar Rp. 5.000,-/orang. Murah sekali, bukan?

Jam Buka Wisata Air Terjun Lubuak Rantiang

Jam buka dan operasional wisata Air Terjun Lubuak Rantiang buka tiap hari dari hari Senin hingga Minggu, dan dari pagi sampai sore.

Pesona Keindahan Air Terjun Lubuak Rantiang

Wisata Air Terjun Rantiang1
Wisata Air Terjun Rantiang1

Air Terjun Lubuak Rantiang berukuran lebih kecil dibandingkan air terjun umumnya. Air terjun ini hanya punya ketinggian kurang lebih 6 meter. Tak seperti air terjun umumnya yang dapat mempunyai ketinggian hingga di atas 10 meter.

Namun walaupun demikian, wisata Air Terjun Lubuak Rantiang tawarkan pesona keindahan luar biasa. Apalagi di air terjun ini, wisatawan dapat bermain air sampai berenang.

Kolam Air Terjun Lubuak Rantiang lumayan luas untuk dijelajahi wisatawan dengan berenang, akan tetapi Anda harus tetap hati-hati sebab ada batasan sejauh mana Anda diperbolehkan untuk berenang. Batasan itu ditandai seutas rotan memanjang yang membelah kolam.

Keindahan dari Air Terjun Lubuak Rantiang ini masih asri, Air kolam memiliki warna kehijauan yang cocok sekali untuk Anda melepas penat perjalanan dengan berenang di sana.

Pada sekitar kolam ada batu-batu besar yang biasanya dijadikan sebagai spot untuk Anda loncat ke kolam, tapi tentu saja Anda harus berhati-hati karena bebatuan tersebut cukup licin.

Anda dapat menaiki bebatuan tersebut, lalu meloncat dengan gaya tersendiri, ataupun dengan bergelantungan menggunakan ranting pohon menjuntai dan selanjutnya Anda menceburkan diri ke dalam kolam Air Terjun Lubuak Rantiang.

Terasa bebas bukan? Nah, itulah alam. Dengan pesona keindahannya mampu untuk membuat siapapun yang berkunjung dan berwisata. Keindahan alam membuat Anda dapat melupakan kepenatan serta kelelahan selama perjalanan menuju ke wisata Air Terjun Lubuak Rantiang.

Tips Wisata ke Air Terjun Lubuak Rantiang yang Indah dan Mempesona

Wisata Air Terjun Rantiang
Wisata Air Terjun Rantiang

Ada sejumlah tips untuk Anda yang akan berwisata dan mengunjungi Air Terjun Lubuak Rantiang:

● Siapkan kondisi Anda yang sebaik-baiknya, sebab nantinya Anda akan melalui medan cukup berat serta cukup panjang.

● Usahakan Anda membawa perlengkapan seperlunya.

● Bawa makanan dan minuman cukup.

● Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tak sedang mendung atau turun hujan.

● Tetap jaga kebersihan kawasan sekitar wisata Air Terjun Lubuak Rantiang.

● Siapkan kamera ponsel atau kamera profesional Anda agar tetap on ketika berlibur di wisata Air Terjun Lubuak Rantiang.

Penutup

Air terjun merupakan salah satu wisata alam yang tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi saat liburan. Air yang mengalir dapat memanjakan dan menyejukkan mata.

Keindahan alam ini harus tetap dijaga. Tanpa merusak dan merubah, selalu jaga kebersihan, dan selalu menikmati pesonanya adalah tugas manusia.

Selamat menikmati keindahan dari wisata Air Terjun Lubuak Rantiang, Dijamin perjalanan liburan yang melelahkan langsung terbalaskan. Jangan lupa untuk siapkan foto terbaik Anda!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version