Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kue Tambang Istimewa untuk Lebaran Spesial

Membuat Kue Tambang Istimewa untuk Lebaran Spesial

Membuat Kue Tambang Istimewa (2)

Membuat Kue Tambang Istimewa

Resep membuat kue tambang spesial

Untuk membuat kue khas pertambangan, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapat[1]. 

Bahan-bahannya antara lain: 

  1. 300 gram tepung terigu protein sedang dan 
  2. 2 sendok makan tepung maizena 
  3. 80 gram gula halus (gula pasir diblender) 
  4. 1/2 sendok teh garam halus 
  5. 1/3 sendok teh baking powder 
  6. 1/2 sendok teh bubuk vanila 
  7. 60 gram margarin 
  8. 140 ml santan (1 santan instan dan air) 
  9. 2 sendok makan biji wijen

Langkah membuat Kue Tambang Istimewa : 

  1. Setelah menyiapkan bahan-bahannya, langkah selanjutnya adalah mencampurkannya. Mulailah dengan mencampurkan semua bahan kecuali air, aduk rata[2]. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit dan uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket[1]. Setelah itu giling adonan dengan rolling pin dan potong kecil-kecil. Kemudian bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan ratakan[3]. Terakhir, taburkan biji wijen di atas adonan.
  2. Untuk menyajikan kue tambang spesial, panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 160°C. Letakkan adonan yang sudah pipih di atas loyang dan panggang selama 20-25 menit[4]. Setelah matang, biarkan dingin selama beberapa menit sebelum disajikan. Kue penambangan dapat disajikan dengan teh atau kopi, atau dimakan sebagai camilan sendiri[5]. Kue unik ini sangat cocok untuk acara-acara khusus, seperti Idul Fitri, atau sebagai suguhan istimewa untuk keluarga dan teman.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Desain yang Relevan** – Saat membuat kue pertambangan khusus, pertimbangkan untuk memasukkan unsur-unsur yang mewakili industri pertambangan. Hal ini dapat mencakup pembuatan kue dalam bentuk helm penambangan, beliung, atau truk penambangan. Anda juga bisa menggunakan bahan yang bisa dimakan seperti batu coklat atau debu emas yang bisa dimakan untuk meniru tampilan mineral dan bijih.

Baca Juga :  Enaknya Ayam Fillet Saus Tiram, ini Resepnya

**Gunakan Toppers Kue Kreatif** – Tambahkan sentuhan pribadi pada kue penambangan Anda dengan menggunakan hiasan kue kreatif. Pertimbangkan untuk menggunakan patung mini penambang, peralatan pertambangan, atau bahkan replika alat pertambangan yang dapat dimakan seperti sekop dan dinamit. Toppers ini dapat menyempurnakan tema keseluruhan dan membuat kue lebih menarik secara visual.

**Bereksperimenlah dengan Rasa dan Tekstur** – Menggabungkan rasa dan tekstur yang sesuai dengan tema penambangan. Misalnya, pertimbangkan untuk menggunakan jalan berbatu atau kue keping coklat untuk membangkitkan perasaan menambang bahan-bahan berharga. Anda juga dapat bereksperimen dengan tekstur berbeda seperti menambahkan lapisan kue atau kacang yang dihancurkan untuk meniru tekstur tanah atau bebatuan.

**Menggabungkan Warna Terkait Penambangan** – Gunakan warna-warna yang berhubungan dengan pertambangan, seperti warna tanah seperti warna coklat, abu-abu, dan metalik. Warna-warna ini dapat digunakan pada frosting, dekorasi, dan penyajian kue secara keseluruhan untuk memperkuat tema penambangan.

**Tambahkan Sentuhan Realisme** – Pertimbangkan untuk menambahkan detail realistis pada kue untuk meningkatkan keasliannya. Misalnya, Anda bisa membuat miniatur pemandangan penambangan di atas kue menggunakan bahan yang bisa dimakan seperti fondant dan pewarna makanan. Ini mungkin termasuk membuat terowongan penambangan kecil, ban berjalan, atau lokasi penambangan untuk menghidupkan tema tersebut. Dengan mengikuti tip dan praktik terbaik ini, Anda dapat membuat kue penambangan yang menarik secara visual dan sesuai tema yang akan mengesankan audiens Anda dan menyenangkan penerimanya.

Baca Juga :  Resep Sop Daging Kambing Pedas

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue tambang khusus? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue khusus pertambangan biasanya antara lain tepung terigu, gula pasir, mentega, telur, coklat bubuk, baking powder, ekstrak vanila, susu, dan coklat chip.

Q: Bisakah Anda memberikan proses persiapan langkah demi langkah untuk membuat kue pertambangan khusus? A: Tentu! Proses persiapannya meliputi beberapa langkah seperti mencampur bahan kering, mengocok mentega dan gula, menambahkan telur dan vanila, bergantian dengan bahan kering dan susu, memasukkan coklat keping, menuangkan adonan ke dalam loyang kue, dan memanggangnya hingga matang. Selesai.

Q: Apakah ada tips dalam menyajikan dan menyajikan kue khas pertambangan? A: Ya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menaburkan kue dengan gula halus untuk meniru tampilan bubuk batu bara. Selain itu, Anda dapat menempatkan patung mainan penambangan atau batu coklat kecil di atas kue untuk menyempurnakan tema penambangan.

Q: Bisakah resep kue pertambangan khusus disesuaikan dengan pembatasan diet, seperti pilihan bebas gluten atau bebas susu? A: Ya, Anda dapat memodifikasi resepnya untuk mengakomodasi pembatasan diet. Untuk versi bebas gluten, Anda bisa menggunakan campuran tepung bebas gluten, dan untuk pilihan bebas susu, Anda bisa mengganti mentega dengan alternatif non-susu dan menggunakan susu bebas susu.

Q: Bagaimana cara menambahkan sentuhan unik pada kue penambangan khusus untuk acara atau perayaan khusus? A: Anda dapat mempersonalisasikan kue dengan membuat hiasan fondant atau icing menyerupai alat pertambangan, seperti beliung, sekop, atau helm. Selain itu, pertimbangkan untuk memasukkan debu emas atau perak yang dapat dimakan untuk memberikan tampilan mewah dan perayaan pada kue.

Baca Juga :  Cake Mewah Mille crepes, Begini Resepnya

Referensi : 

1.   Resep Kue Tambang untuk Camilan Lebaran, Cuma Butuh ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

2.   Resep Kue Tambang (Untir Untir) oleh Dapur Esmo.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16446512-kue-tambang-untir-untir 

3.   Resep Kue Tambang yang Manis Juga Enak, Anda Cukup ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.babad.id 

4.   Resep Kue Untir-Untir Renyah yang Cocok untuk Teman ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

5.   Resep Istimewa – Resep Kue Tradisional Untir- ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.facebook.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan