Lompat ke konten
Home » Video » Segar dan Jernih Airnya, Air Terjun Lembah Tepus Bogor Tak Akan Membosankan untuk Menjadi Destinasi Wisata

Segar dan Jernih Airnya, Air Terjun Lembah Tepus Bogor Tak Akan Membosankan untuk Menjadi Destinasi Wisata

Air Terjun Lembah Tepus
Lazada

Air Terjun Lembah Tepus

Lembah Tepus merupakan destinasi wisata yang berupa sungai dan air terjun bertingkat. Destinasi wisata ini berada di Bogor. Lokasinya termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Air terjun bertingkat dengan air jernih berwarna biru menjadi jadi daya tarik utamanya. Ditambah dikelilingi oleh panorama alam asri, Lembah Tepus sangat cocok menjadi tempat menghabiskan akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Wisata Lembah Tepus

Wisatawan yang berkunjung akan dikenakan dua jenis tiket masuk wisata Lembah Tepus, yakni tiket masuk reguler dan tiket masuk camping. Harga tiket masuk wisata sendiri dari Rp 10.000 – Rp 30.000.

Jam Buka Wisata Lembah Tepus

Lembah Tepus buka tiap hari untuk wisatawan umum. Para wisatawan bisa datang dari pagi hari. Tak ada penginapan ataupun area berkemah di sekitar curug. Sehingga, para wisatawan hanya dapat menikmati wisata di sini sampai malam hari. Jam buka area wisata setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Sementara, untuk camping adalah 24 Jam.

Wisata Sungai & Air Terjun Bertingkat Lembah Tepus

REVIEW LEMBAH TEPUS BOGOR - HARGA TIKET - RUTE PERJALANAN - WISATA AIR BOGOR - CURUG HITZ

Berwisata ke Bogor tak akan pernah membosankan rasanya. Daerah satu ini selalu mempunyai hal baru yang dapat ditawarkan. Potensi alam Bogor selalu jadi favorit, apalagi bagi warga di kota Jakarta dan sekitarnya. Salah satu keindahan alam di Bogor yang beberapa waktu ke belakang semakin populer adalah Lembah Tepus.

Lembah Tepus adalah aliran sungai di hutan dengan air terjun atau curug alami. Dikarenakan posisinya di lembah, sehingga air terjun membentuk tingkat-tingkat secara alami. Lokasinya yang berada di hutan, membuat tempat wisata ini masih terjaga kelestariannya.

Kondisi lingkungan wisata yang masih lestari inilah yang membuat kawasan wisata satu ini menjadi unggulan sekaligus primadona wisata baru dari TNGHS. Air berwarna biru dan jernih akan membuat siapa saja menjadi terpesona. Apalagi lokasinya dekat dengan Kota Jakarta. Bagi Anda yang sedang mencari suasana alam untuk liburan akhir pekan, Lembah Tepus merupakan tempat layak sebagai tujuan berlibur.

Beberapa Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Wisata Lembah Tepus

Liburan di Lembah Tepus, para wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas seru. Berikut di antaranya:

● Trekking Singkat

Air Terjun Lembah Tepus2
Air Terjun Lembah Tepus2

Masuk ke kawasan wisata, wisatawan akan mendapati area parkir cukup luas. Ada banyak kios dan warung dan yang berdiri di lokasi wisata ini. Sebelum masuk kawasan wisata, para wisatawan dapat membeli dahulu perbekalan yang dibutuhkan.

Setelah melewati loket, para wisatawan harus jalan kaki menuju ke lokasi curug. Waktu tempuh menuju curug sekitar 10 menit. Namun tak perlu khawatir, sebab jalan setapak dilalui tak se-ekstrim jalan masuk ke area wisata satu ini. Jalan ini pun berhiaskan oleh bunga-bunga yang seperti taman di tengah hutan.

Jalan setapak tersedia di sini pun sudah rapi dan mempunyai pagar pengaman. Sementara konturnya cukup landai dengan permukaan yang berbatu. Wisatawan segala usia bisa trekking dengan nyaman di sini. Pada sepanjang perjalanan, bunga-bunga yang indah dan cantik, serta hutan yang masih alami dan asri di kanan-kiri akan membuat mata para wisatawan menjadi termanjakan.

Sebelum wisatawan mencapai lokasi air terjun, ada sebuah musala. Tak jauh dari mushola, terdapat deretan toilet serta kamar mandi. Fasilitas-fasilitas ini tak ada di sekitar area air terjun. Jadi, para wisatawan yang ingin ibadah dapat berhenti dulu  di sini.

● Wisata Alam yang Instagramable

Air Terjun Lembah Tepus1
Air Terjun Lembah Tepus1

Sebelum tiba di air terjun, para wisatawan akan menyeberangi dahulu jembatan bambu sederhana, yang melintang di atas aliran sungai Lembah Tepus. Lalu dari jembatan ini, para wisatawan dapat melihat pemandangan indah curug yang bertingkat.

Daya tarik yang utama objek wisata ini adalah sungai dengan air terjun dan beberapa kolamnya. Aliran sungai terisi batuan dengan ukuran kecil sampai sangat besar.

Di berbagai sudut, para wisatawan bisa menjumpai kolam dengan berbagai ukuran. Terdapat kolam berkedalaman 1 meter sampai 4 meter. Lalu, yang paling menarik perhatian di wisata ini tentu adalah kualitas air terjun. Air yang berasal dari mata air pegunungan ini memiliki warna biru serta sangat jernih.

● Kolam Alami yang Airnya Sejernih Kristal

Air Terjun Lembah Tepus
Air Terjun Lembah Tepus

Kejernihan air di wisata Lembah Tepus mengundang wisatawan untuk diselami. Dasar kolam dan sungainya dapat terlihat dengan mata telanjang. Tak hanya itu, air yang sejuk akan membuat tubuh terasa segar. Para wisatawan dapat berenang di berbagai kolam tersedia.

Untuk anak-anak, direkomendasikan bermain di kolam yang memiliki kedalaman 1 meter. Ada tempat sewa pelampung bagi Anda yang ingin bermain di kolam lebih dalam. Para petugas jaga akan memantau terus keamanan serta keselamatan wisatawan dari sekitar air terjun.

Pada sekitar sungai, ada warung dan beberapa shelter. Shelter tempat istirahat ini mempunyai desain cukup unik. Posisinya agak ‘mengapung’ serta memakai perpaduan tali dan kayu. Tali terbuat dari jaring yang dapat menjadi tempat untuk bersantai bagi para wisatawan.

Fasilitas yang Ada di Wisata Lembah Tepus

Lembah Tepus mempunyai area parkir luas. Warung ataupun kios dapat dijumpai pada area parkir serta di sekitar air terjun. Kamar mandi, mushola, serta ruang ganti berada pada beberapa meter sebelum air terjun. Banyak pula saung dan gazebo untuk istirahat.

Lokasi Wisata Lembah Tepus

Wisata Lembah Tepus merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Alamat lebih tepatnya berada di Kampung Pasir Reungit, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jalan masuk wisata berada pada samping Villa Kita di Jalan Gunung Picung.

Medan Jalan Menuju Lembah Tepus yang Menanjak Berbatu

Lembah Tepus berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Area wisata ini populer sejak lama sebagai tujuan wisata alam. Alasan utamanya karena hutan yang masih alami dan banyaknya air terjun yang ada di sini. Oleh karena itulah keberadaan wisata Lembah Tepus juga turut menambah panjang daftar opsi destinasi wisata curug di sini.

Tak ada kendaraan umum melintasi kawasan wisata ini. Para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, medan jalan menuju wisata akan cukup menantang. Walaupun tak terlalu panjang, tapi mungkin saja bisa merongrong kondisi kendaraan Anda.

Untuk dapat mengunjungi wisata Lembah Tepus, para wisatawan harus agak berjuang untuk melewati akses jalan terbatas. Jalan yang menanjak dan berbatu menuju curug akan menjadi teman selama perjalanan. Apalagi lebar jalan muat satu mobil saja. Tentu jalan yang benar-benar menguji ketahanan kendaraan, baik kendaraan motor maupun mobil.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version