Keanekaragaman Indonesia dan Heroik, aksi Jokowi di Opening Asian Games 2018

Upacara pembukaan Asian Games 2018 merupakan wujud nyata budaya dan kesenian bangsa yang dirangkum menjadi satu di panggung indah Stadion Utama Gelora Bung Karno 18-8-18 Energy of Asia.

Acara pembukaan ini menjadi sorotan dunia yang memang sudah tidak sabar dengan berbagai koreografi kesenian-kesenian Indah Indonesia.

Pada acara itu juga terlihat pejabat - pejabat tinggi negara sahabat se-Asia dan Presiden kita Joko Widodo. Awal pembukaan Asian Games menampilkan presiden Joko Widodo yang akan menuju ke SUGBK.

Dalam video tersebut, awalnya presiden Joko Widodo menggunakan mobil dinas kenegaraannya, namun ketika mendekati area SUGBK yang dipadati oleh suporter Indonesia, Joko Widodo memilih menunggangi motor salah satu paspampresnya.

Presiden Joko Widodo melakukan aksi Jumping, drifting dan berbagai banyak hal lain untuk mengejar waktu sampai ke SUGBK. Hal yang lucu lagi ketika ada rombongan anak sekolah mau menyeberang jalan, Bapak Presiden turun dari motornya dan membantu anak sekolah itu menyeberang jalan.

Simak Videonya Bapak Joko Widodo :




Setelah section Bapak Presiden Joko Widodo dilanjut acara pembukaan dengan Tari Ratoh Jaroe dari Aceh yang kental akan warna, budaya, dan identitas Indonesia dengan iringan musik dari Ronald Steven.

Latar belakang dan konsep opening ini benar-benar menunjukan Indonesia, berlatar belakang Gunung, dengan rimbunnya pohon yang mengelilingi area pegunungan, dilanjut air terjun dengan ketinggian 26 meter menjadikan Opening Ceremony Asian Games semakin fantastis, luar biasa, yes yes yes.

Inilah tarian yang ditampilkan dalam pembukaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang :

1. Sipitu Cawan
2. Gending Sriwijaya
3. Tari Piring
4. Zapin
5. Tarian transisi bunga
6. Lenong Betawi
7. Jaipongan
8. Sisingaan
9. Tarian Padang Bulan
10. Tari Gandrung lanang banyuwangi
11. Tari Janger bali
12. Tari Belian Bawo Katim
13. Tari Enggang
14. Tari Hudog
15. Tari Maengket Modero Sulut
16. Tari Kabasaran
17. Tari Soya Soya Maluku Utara
18. Tari Likurai Belu NTT
19. Tari Yospan Papua

Acara pembukaan Asian Games 2018 ini berlangsung sungguh meriah, dengan biaya anggaran yang dibatasi sebesar Rp 700 milliar, tetapi hasil yang disajikan begitu luar biasa. Kita harus berbangga diri dengan Indonesia. Oleh sebab itu pengetahuan dan wawasan tentang seni budaya bangsa merupakan nilai-nilai yang harus kita jaga. Keanekaragaman Indonesia bersatu dalam panggung upacara pembukaan Asian Games.

Elemen-elemen yang disuguhkan dipanggung pembukaan Asian Games 2018 ini juga menggambarkan wilayah Indonesia, dengan latar belakang gunung berapi, air terjun, kawasan hijau dan udara yang sejuk secara bergantian menyajikan pertunjukan yang memukau bagi penonton upacara Asian Games 2018.


Pertama, elemen Bumi yaitu menggambarkan keanekaragaman budaya, warna, ekspresi yang masih utuh hingga saat ini. Segmen ini juga menggambarkan cinta kita pada bumi pertiwi dengan representatif tarian ritual dan perang.

Kedua, elemen air menggambarkan bumi pertiwi ini meskipun terpisahkan oleh jarak, namun tidak menyurutkan masyarakat Indonesia untuk tetap bersatu. Segmen ini digambarkan oleh kebineka tunggal ika bangsa Indonesia.

Ketiga, elemen angin menggambarkan para pendahulu atau leluhur kita yang memiliki kekuatan, kebijaksanaan dan nilai pancasila yang tinggi. Segmen ini digambarkan dengan kekuatan yang semakin besar mewariskan nilai-nilai bangsa dari generasi terdahulu sampai generasi berikutnya.

Keempat, elemen api mempunyai makna keberanian dan semangat untuk membangun Indonesia. Segmen ini menggelorakan semangat juang para atlet dan masyarakat untuk tetap bersatu untuk meraih kemenangan di Asian Games 2018.

Simak Video Obor Asian Games 2018 :



TOPWISATA.INFO
INFO TOP UNTUK ANDA

Related Posts

Keanekaragaman Indonesia dan Heroik, aksi Jokowi di Opening Asian Games 2018
5/ 5
Oleh