Resep Donat Jco Kentang Super Lembut untuk Jualan

Resep Donat Jco

Jika kita memakan donat, pasti teringat tentang makanan yang populer kala 1990 an ya moms. Donat merupakan makanan mewah saat itu, banyak orang yang penasaran bagaimana cara membuat seenak restoran mewah seperti dunkin donuts.

Donat sendiri berasal dari amerika, dan sudah ada sejak tahun 1800 an. Disana donat merupakan makanan jalan atau street food, karena disebut dengan roti goreng. Donat dulu hanya diberi pemanis gula ataupun selai.

Namun sekarang ini, donat menjadi makanan yang merakyat serta populer. Semakin banyak perorangan atau UMKM yang memproduksi donat. bahkan restoran seperti Jco juga ada di Indonesia sejak tahun 2006.

Donat Jco begitu populer saat ini karena punya inovasi yang cukup bagus, mereka membuat beragam warna, rasa dan bentuk yang memanjang para pelanggannya. Jika mama ingin membeli donat Jco bisa bingung karena variannya begitu banyak seperti heaven berry, choconutzy, green tease, dan banyak lain.

Jco sendiri mampu bertahan karena inovasi yang cukup unik. Donat yang disajikan tidak melulu bolong tengahnya, tapi mereka membuat beragam bentuk. Nah, jika mama ingin sekali membuat donat seenak Jco ini, topwisata punya resep dan langkahnya ya moms.

Cara membuat Donat Jco sederhana dirumah aja.

Bahan-bahan :

  1. 300 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 50 gr susu bubuk
  3. 1 sdm ragi instan
  4. 100 gr kentang kukus (haluskan dan dinginkan)
  5. 75 gr gula pasir
  6. 1 sdm mentega
  7. 1/2 sdt garam
  8. 2 butir kuning telur
  9. 100 ml air Hangat/air dingin (bisa kurang bisa lebih)

Topping:

  1. Secukupnya Dark Chocolate Cooking
  2. Secukupnya Coklat Putih
  3. Secukupnya Pewarna Makanan
  4. Secukupnya Mentega
  5. Secukupnya Meses Warna
  6. Secukupnya Kacang Tanah Goreng
  7. Secukupnya Kacang Almond

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah tersendiri, kemudian campurkan beberapa bahan seperti gula, tepung terigu, susu bubuk, ragi. aduk-aduk hingga merata.
  2. Setelah merata, kemudian tambahkan kentang tumbuk halus, telur dan air hangat. aduk-aduk lagi hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan garam dan mentega pada adonan tadi, kemudian aduk-aduk lagi uleni sampai kalis dan lentur. diamkan dulu adonan kurang lebih 30 menit.
  4. Setelah adonan mengembang, ambil adonan tadi kemudian giling hingga tipis. balik adonan dan giling lagi sampai tipis.
  5. Jika mama punya cetakan donat, siapkan cetakan, beri tepung terigu untuk alas kemudian pindahkan adonan disini, lubangi adonan dengan cetakan donat. lakukan hal ini sampai adonan yang mama siapkan tadi habis.
  6. Setelah semua cetakan donat sudah selesai, diamkan dulu adonan sampai mengembang.
  7. Adonan yang tadi mama diamkan kurang lebih 20 menit, pastikan sudah mengembang 2x lipat.
  8. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. nyalakan dengan api sedang, kemudian goreng satu persatu sampai matang, jangan lupa bolak-balik donat agar matang sempurna.
  9. Angkat dan tiriskan, Jadi deh donat kentang ala Jco dirumah aja.
  10. Mama bisa menambahkan topping sesuai selera, mulai dari gula halus, coklat atau lelehan Dark Chocolate Cooking. Jika mama menggunakan Dark Chocolate Cooking pastikan jangan terlalu encer, agar hasil celupan donat menjadi cantik.

Langganan Surel
Langganan