Skip to main content

Cara Membuat Peyek Renyah dan Tidak Keras

Siti Komariyah

Peyek gurih dan krispi



Rempeyek paling enak sebagai pendamping makan nasi. Rasanya gurih sama ada sensasi kacangnya juga. Paling cocok untuk pengganti kerupuk.

Namun, dalam pembuatannya, harus menggunakan bahan yang tepat. Salah pakai, hasil peyek bisa saja tidak maksimal. Selain bahan, teknik menggorengnya juga harus benar. Kalau tekniknya tidak benar, peyek tidak akan krispi dan gurih, malah peyek akan berminyak dan cepat lembab.

Lantas? Bagaimana teknik menggoreng dan memilih bahan yang tepat untuk membuat rempeyek? Berikut akan dibagikan cara-cara sederhananya.

Mulai dari pemilihan bahan terlebih dahulu.

Bahan:

  1. 1 kilogram tepung beras. (Cari tepung yang kiranya berkualitas baik. Bisa dilihat dari brand-nya. Utamakan yang halal dan berlabel BPOM)
  2. 5 lembar daun jeruk purut. (Kalau tidak ada daun jeruk, bisa ganti dengan daun bawang)
  3. 1 buah telur
  4. 500 gram kacang tanah.
  5. Garam
  6. Penyedap rasa
  7. Minyak goreng

Untuk bahan bumbu halus, berikut ini bahan-bahannya:

  1. 1 sendok makan ketumbar
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 butir kencur
  4. 1 kemiri

Setelah bahan semua terkumpul, lanjut ke penahapan cara membuatnya.

Cara buat:

  1. Bagi satu butir kacang menjadi dua bagian. (Tujuannya, agar kacang mudah melekat pada adonan saat akan digoreng) lepas itu, cuci kacang hingga bersih.
  2. Cuci daun jeruk purut atau daun bawang. Kemudian, potong kecil-kecil (Kalau pakai daun jeruk purut, jangan lupa buang bagian tengah daunnya)
  3. Masukkan tepung beras ke dalam loyang bersama bumbu halus. (Ingat, bumbu halusnya, sudah mesti dalam keadaan halus. Harus ditumbuk terlebih dahulu) setelah tepung dan bumbu halus, masukkan pula garam sesuai selera, penyedap rasa, telur dan irisan daun jeruk/bawang.
  4. Kasih air secukupnya. Aduk jangan sampai ada gumpalan. Jangan biarkan adonan kurang encer. Nanti, rempeyek keras.
  5. Masukkan kacang yang telah dibelah tadi. Lalu aduk kembali adonannya. Sebelum digoreng, coba rasa dulu adonannya setitik saja. Kalau dirasa sudah pas sesuai selera, siapkan penggorengan.
  6. Pastikan minyak telah panas. Apinya sedang saja. Lalu,  ambil adonan dengan sendok sayur penuh dan letakan di pinggir wajan jangan lupa disiram dengan minyak agar adonan tidak lengket.
  7. Kalau adonan sudah tidak lengket, barulah digiring ke tengah minyak untuk di bolak-balik.

Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar