Skip to main content

Resep dan Cara Membuat Nasi Pecel khas yang Enak

Tina Farida

Resep dan Cara Membuat Nasi Pecel



Nasi pecel merupakan salah satu jenis menu makanan yang disukai oleh banyak orang. Nasi pecel dikenal sebagai makanan populer yang dapat menciptakan rasa enak dan pembuatanya yang cukup mudah.

Hal ini disebabkan karena menu makanan ini disertai dengan bahan utama yaitu bumbu kacang yang gurih dan taburan bawang goreng serta sayuran. Sedangkan sayuran yang biasa digunakan untuk membuat pecel adalah kacang hijau, bayam, daun turi, tauge, dan berbagai macam sayuran lainnya. 

Pecel sayur sudah tersebar luas di masyarakat Indonesia. Sehingga tidak heran jika setiap daerah juga memiliki resep khusus dengan bumbu daerahnya masing - masing. 

Bisa dikatakan bahwa sajian makanan jenis ini sangat variatif dan tidak membosankan.
Namun bagi Anda yang masih kesulitan untuk membuat nasi pecel, tidak perlu khawatir. Pada artikel ini akan kami jelaskan resep mengenai cara pembuatan nasi pecel dengan mudah. 

Untuk membuat nasi pecel, bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut :

Bahan Nasi Pecel

  1. Siapkan nasi putih yang sudah matang
  2. Siapkan sayur - sayuran seperti sawi, kacang panjang dll, dan iris sesuai selera
  3. Sedangkan untuk bahan bumbu kacang yaitu kacang tanah, bawang putih, cabai rawit (sesuaikan dengan tingkat bumbu yang diinginkan).
  4. Bahan lainnya yang perlu disiapkan yaitu daun jeruk, gula merah, asam jawa, garam secukupnya, dan jangan lupa siapkan air secukupnya.

Bagaimana Cara Pembuatan Nasi Pecel?


Setelah bahan tersebut disiapkan, selanjutnya Anda bisa membuatnya dengan cara sebagai berikut :
  1. Cara pertama rebus sayuran yang telah diiris dan tunggu hingga matang. Setelah matang, segera angkat dan letakkan sayuran rebus dalam wadah.
  2. Selanjutnya haluskan kacang tanah, cabai rawit, bawang putih dan daun jeruk yang telah digoreng.
  3. Setelah itu tuangkan larutan gula merah dan asam jawa ke dalam bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Jangan lupa tambahkan garam dan aduk hingga rata.
  4. Kemudian ambil bumbu pecel secukupnya untuk porsi sayuran yang diinginkan lalu tambahkan air panas dan aduk rata.
  5. Terakhir susun sayuran di atas nasi di piring yang sudah disiapkan. Lalu siram bumbu kacang nasi pecel siap disajikan.
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar