Home » Resep Roti Kukus Sederhana, Lembut dan Tanpa Mixer

Resep Roti Kukus Sederhana, Lembut dan Tanpa Mixer

Resep Roti Kukus Tanpa Mixer

Kita bisa lebih mudah membuat kue dengan alat seperti mixer dan oven. Proses pembuatan kue juga bisa lebih cepat. Bagi yang tidak memiliki peralatan tersebut pasti akan sangat kesulitan untuk membuat kue.
 
Apalagi harga peralatan tersebut juga cukup mahal. Namun, ternyata ada juga kue yang bisa dibuat tanpa harus menggunakan mixer maupun oven. Kita bisa mencoba membuat kue berupa roti kukus. Berikut ini resep roti kukus tanpa mixer yang bisa anda praktekkan di rumah, diantaranya meliputi :

 

Bahan – bahan roti kukus:

  1. 440 gram gula pasir
  2. 400 gram tepung terigu
  3. 400 ml susu cair
  4. 2 butir telur
  5. 2 sendok teh emulsifier
  6. 1 sendok teh baking powder
  7. pewarna makanan sesuai selera
Baca Juga :  Bakcang Ayam, Lontong Isi Khas Tionghoa yang Halal Dimakan

 

 

 

Bagaimana Cara untuk Membuat Roti Kukus Tanpa Menggunakan Mixer ?

  1. Kita campur gula, telur, dan teh emulsifier dalam satu wadah. Kita kocok campuran tersebut dengan cepat agar adonan lebih cepat mengembang. Kita harus memastikan adonan mengembang dengan sempurna. Adonan yang mengembang sempurna biasanya berwarna keputihan.
  2. Selanjutnya, kita tuangkan susu, tepung terigu, serta baking powder ke dalam adonan tadi. Kita aduk semua bahan hingga tercampur merata. Kemudian, kita bagi adonan tersebut ke dalam tiga wadah yang berbeda. Kita sebaiknya memberikan pewarna yang berbeda di setiap wadah.
  3. Kemudian, kita siapkan cetakan yang telah diberi margarin dan tepung terigu. Kita juga bisa memberinya kertas roti supaya tidak lengket. Selanjutnya, kita tuangkan tiga adonan dengan warna yang berbeda ke dalam cetakan tadi secara bergantian sampai adonan habis.
  4. Setelah itu, kita panaskan panci berisi air di atas kompor. Kita masukkan semua cetakan yang sudah berisi adonan tadi ke dalam panci tersebut. Kita kukus kurang lebih selama 20 menit hingga adonan mekar. Setelah adonan mekar, roti kukus sudah siap disajikan untuk keluarga tercinta.
  5. Itulah resep roti kukus yang bisa Anda buat tanpa menggunakan mixer untuk camilan di rumah.
Baca Juga :  Mudah Dibuat, Enak dan Lembut, Ini Resep Kue Brownies Panggang 4 Telur

 

 

 
Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *