Skip to main content

Resep Membuat Kue Apem Tepung Beras Kenyal dan Legit

Membuat Kue Apem Bumi nusantara mempunyai banyak kuliner yang tidak kalah lezat dengan negara luar, salah satunya adalah makanan tradisional.  Makanan tradisional khas nusantara banyak macamnya juga … Begini Ulasannya

Membuat Kue Apem


Bumi nusantara mempunyai banyak kuliner yang tidak kalah lezat dengan negara luar, salah satunya adalah makanan tradisional. 

Makanan tradisional khas nusantara banyak macamnya juga jenis, contohnya seperti kue basah, kue kering. 

Diantara kue basah yang pernah dilihat, kue apem merupakan salah satu jajanan tradisional yang paling dikenal.

Walaupun kue apem merupakan camilan jaman dulu, namun masih bisa didapat dipasar tradisional.  Untuk anda yang sedang malas membeli makanan tersebut anda bisa membuatnya. 

Anda dapat membuat kue apem ini setiap saat untuk camilan enak yang bisa membuat orang nagih saat di rumah. Berikut dibawah ini adalah resep macam kue apem dan juga langkah mengolahnya yang gampang untuk dibuat.

Resep Kue Apem

Bahan yang harus anda persiapkan adalah:

  1. 126 gr tepung beras
  2. 110 gr gula pasir
  3. 71 gr tepung terigu
  4. 410 ml santan
  5. 2 telur ayam
  6. 1 sendok teh ragi instan
  7. 1 sendok teh vanili
  8. 1 sendok teh garam
  9. 2 daun pandan

Untuk Topping yang dipakai adalah:

  1. 6 buah nangka, anda potong kecil-kecil

Cara mengolah atau membuat kue apem adalah sebagai berikut:

  1. Anda Didihkan santan dengan daun pandan juga garam lalu campurkan sampai mendidih, kemudian angkat setelah itu dinginkan.
  2. Setelah itu Campur dengan tepung beras, gula pasir, tepung terigu, ragi, vanili, kemudian garam. Jangan lupa Tuang didihan santan secara bertahap dan pelan pelan, terus uleni dengan merata.
  3. Setelah itu anda Tambahkan telur ayam, campur merata hingga tidak ada adonan yang bergerindil. Lalu Diamkan untuk beberapa menit hingga mengembang.
  4. Selanjutnya anda Siapkan cetakan, kemudian diolesi memakai margarin. Lalu Tuang adonan ke  cetakan, kemudian panggang adonan setengah matang saja. lalu tambah potongan nangka di bagian atasnya, baru anda panggang kembali sampai matang.
  5. Kue basah ini dapat anda temui di pasar tradisional atau jajanan tradisional. Jika anda sudah mahir untuk membuatnya juga dapat dijadikan untuk ladang bisnis dirumah. Apalagi pandemic yang tidak kunjung selesai. Selamat mencoba dirumah.


Sumber: resepkoki.id