Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Pecel Belut Bantul Legend Khas Warung Mbah Warno

Pecel Belut Bantul Legend Khas Warung Mbah Warno

Pecel Belut Bantul (1)
Lazada

Resep pecel belut Bantul

Menu kuliner pecel belut Bantul juga tidak kalah populernya. Dapat dikatakan juga legend karena resepnya sudah diwariskan selama puluhan tahun.

Pecel belut buatan warung makan Mbah Warno yang berlokasi di Bantul, Yogyakarta memang mempunyai citarasa luar biasa.

Meskipun Mbah Warno sudah meninggal dan digantikan oleh generasi penerusnya, tetapi rasa pecel belut di warung makannya masih sama karena menjaga resep yang sudah dipertahankan selama puluhan tahun.

Anda mungkin sudah mencicipi masakannya karena pernah berlibur ke Yogyakarta. Tidak ada salahnya Anda menyantapnya lagi, tetapi pecel belut buatan sendiri.

Lalu, apa saja bahan dan bagaimana cara membuat pecel belut Bantul yang legend tersebut? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian selengkapnya berikut.

Bahan utama

  1. 500 gram belut segar
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 2 bungkus tepung bumbu instan
  4. 500 ml minyak goreng
  5. Air matang secukupnya

Bahan pecel

  1. 1 ikat daun bayam segar
  2. 1 genggam kembang turi segar
  3. 1 genggan touge segar
  4. Daun kenikir secukupnya
  5. 200 gram kacang tanah
  6. 2 siung bawang putih
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 2 cm kencur
  9. 3 sendok makan gula Jawa
  10. Air matang secukupnya

Cara membuat pecel belut

Anda bisa mendapatkan semua bahan diatas di pasar tradisionak atau minimarket terdekat. Setelah semuanya siap, Anda dapat mempraktikkan cara membuat pecel belut Bantul dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu belut di bawah air mengalir. Jangan lupa dibuang bagian kotoran dan kepalanya. Setelah itu, potong-potong belut menjadi beberapa bagian. Lalu, kucuri dengan perasan jeruk nipis dan aduk merata untuk menghilangkan bau amisnya. Diamkan sekitar 60 menit.
  2. Sambil menunggu belut yang didiamkan, Anda dapat membuat sambal pecel. Siapkan cobek untuk menguleg terlebih dulu. Letakkan diatas cobek kacang tanah, bawang putih, daun jeruk, kencur, dan gula Jawa. Setelah itu, Anda bisa mengulegnya secara manual hingga halus dan tercampur semua.
  3. Anda juga bisa menggunakan blender untuk mencampurnya. Setelah semua bahan halus, pindahkan ke sebuah wadah dan beri air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Pastikan sambal pecel tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.
  4. Selanjutnya, siapkan panci berukuran sedang dan panaskan air di dalamnya. Setelah mendidih, masukkan semua sayuran untuk bahan pecel ke dalamnya. Rebus sayuran di dalam air mendidih sebentar saja sekitar 30 detik. Lalu, angkan dan tiriskan.
  5. Semua bahan pecel sudah siap dan tinggal diracik. Selanjutnya, Anda memasak belut. Siapkan wadah dan masukkan tepung bumbu diatasnya. Lalu, beri air matang sedikit demi sedikit agar menjadi adonan tepung yang tidak keenceran sekaligus tidak kekentalan.
  6. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak minyak goreng. Setelah sudah panas, masukkan belut ke dalam wajan. Goreng hingga setengah matang, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Selanjutnya, masukkan belut yang sudah digoreng setengah matang tadi ke dalam adonan tepung bumbu. Lumuri semua bagian belut dengan tepung. Setelah itu, masukkan ke dalam wajan lagi satu per satu untuk digoreng hingga matang.
  8. Jangan lupa dibolak-balik agar belut matang sempurna. Setelah berwarna kuning kecoklatan, angkat belut dan tiriskan.
  9. Ambil dua buah piring saji untuk plating. Satu piring untuk belut goreng yang sudah matang. Satu piring lagi untuk pecel. Untuk pecel, letakkan diatas piring semua sayuran, lalu beri sambal pecel secukupnya. Aduk-aduk sebentar. Jangan lupa menyiapkan sepiring nasi hangat untuk melengkapi pecel belut saat ingin menyantapnya.

Itulah resep pecel belut Bantul yang bisa Anda coba membuatnya sendiri. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version