Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Tom Yam Seafood Khas Thailand yang Rasanya Segar dan Pedas

Tom Yam Seafood Khas Thailand yang Rasanya Segar dan Pedas

Tom Yam Seafood (1)
Lazada

Resep Tom Yam seafood

Resep Tom Yam seafood akan diinformasikan disini, sehingga Anda sekalian yang penasaran dengan bahan, bumbu, serta cara memasak kuliner yang satu ini harus membacanya hingga tuntas.

Tom Yam memang sudah populer di Indonesia. Masakan ini berasal dari negara Thailand, dimana Tom dalam bahasa Thailand berarti merebus, sementara Yam artinya asam pedas.

Jadi, masakannya berwujud sup khas Thailand dimasak dengan cara direbus dan memiliki rasa asam pedas.

Sekarang, Anda bisa memasak sendiri di rumah resep Tom Yam seafood. Dimana ada campuran bahan udang, ikan kakap, dan bakso ikan di dalam masakannya.

Selain itu, ada beberapa sayuran seperti kembang kol, jamur merang, dan potongan wortel yang ikut dimasak. Dijamin rasanya segar dan menggugah selera. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 10 – 15 ekor udang segar ukuran sedang
  2. 250 gram ikan kakap fillet
  3. 10 – 15 butir bakso ikan
  4. 1 genggam jamur merang dibelah dua
  5. 2 buah wortel dipotong-potong serong
  6. 2 buah kembang kol dipotong-potong
  7. 2 batang serai digeprek
  8. 5 lembar daun jeruk disobek-sobek
  9. 2 cm lengkuas digeprek
  10. 3 sendok makan kecap ikan
  11. 10 buah cabai rawit
  12. 1 sendok teh kaldu bubuk
  13. 2 sendok teh garam
  14. 1 sendok teh gula pasir

Bahan pelengkap

  1. 1 buah jeruk nipis
  2. 3 batang daun ketumbar diiris kecil
  3. 1 batang daun bawang diiris kecil

Bahan pasta Tom Yam

  1. 15 siung bawang merah
  2. 7 siung bawang putih
  3. 15 buah cabai merah keriting
  4. 5 buah cabai merah besar
  5. 2 sendok makan ebi diseduh air panas
  6. 1 sendok teh terasi udang dibakar
  7. 5 cm lengkuas
  8. 10 lembar daun jeruk purut
  9. 3 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  10. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  11. 2 sendok makan air asam Jawa diseduh air panas
  12. 5 sendok makan kecap ikan
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan kaldu udang

  1. 10 – 15 kepala udang yang sudah dibersihkan
  2. Cangkang udang secukupnya
  3. 5 siung bawang putih digeprek
  4. 1 liter air matang

Cara memasak Tom Yam seafood

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera memasak resep Tom Yam seafood dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, Anda memasak pasta Tom Yam terlebih dulu. Caranya, siapkan blender agar lebih cepat membuatnya. Jika tidak memilikinya, Anda dapat menggunakan cobek dan ulegan, tetapi lebih lama membuatnya.
  2. Masukkan semua bahan satu per satu ke dalam blender, kecuali minyak goreng. Setelah itu, haluaskan semua bahan. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bahan yang sudah halus tersebut hingga harum dan matang. Terus aduk hingga airnya menyusut.
  3. Jangan lupa mencicipi sedikit pastanya untuk mengkoreksi rasa. Jika sudah matang, matikan kompor dan tuangkan pasta di piring atau mangkuk. Pasta Tom Yam sudah matang.
  4. Langkah selanjutnya, yaitu membuat air kaldu udang. Bersihkan dulu semua udang di bawah air mengalir. Pisahkan kepala dan cangkang udang dengan tubuhnya. Jangan dibuang karena digunakan untuk membuat kaldu udang.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Lalu, tumis bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan kepala dan cangkang udang. Masak hingga berubah warna.
  6. Tuangkan air ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Masak hingga mendidih dan terus diaduk. Setelah itu, matikan kompor dan ambil kepala dan cangkang udang dari wajan. Kaldu udang sudah jadi.
  7. Panaskan lagi wajan yang berisi kaldu udang di api kompor kecil saja. masukkan terasi, daun jeruk, lengkuas, cabai rawit, batang serai, dan pasta Tom Yam yang sudah jadi tadi. Masak sekitar 5 menit saja sambil diaduk perlahan.
  8. Lalu, masukkan udang, daging ikan kakap fillet, dan bakso beserta semua sayuran yang sudah disiapkan. Masak hingga matang dan udang berubah warna.
  9. Tambahkan kecap ikan, garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk merata. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor dan masakan Tom Yam seafood sudah matang, siap disantap.
  10. Siapkan mangkuk saji untuk plating. Tuangkan Tom Yam seafood ke dalamnya. Lalu, beri perasan jeruk nipis dan taburi irisan daun bawang serta daun ketumbar. Sangat cocok disantap saat masih panas.

Itulah resep Tom Yam seafood khas Thailand yang bisa Anda coba memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version