Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Bakpia Kukus Manis Gurih, Resepnya Mudah

Bakpia Kukus Manis Gurih, Resepnya Mudah

Bakpia Kukus (1)

Resep Bakpia Kukus

Ketika Anda dengar tentang kata bakpia, yang terlintas pada benak Anda pasti makanan khas Yogyakarta yang bercita rasa manis serta gurih.

Yap, bakpia memanglah sudah jadi oleh-oleh khas Yogyakarta yang tentunya bisa Anda dapatkan pada semua toko oleh-oleh yang ada di sana.

Menurut sejarahnya, kue bakpia sebenarnya asalnya dari China. Kata bakpia diambil dari gabungan kata ‘bak’ yang mempunyai arti daging babi serta kata ‘pia’ yang artinya kue terbuat dari tepung.

Itu karena memang pada awalnya bakpia adalah kue yang diberi isi daging babi, kemudian sekarang dimodifikasi. Alasannya karena kebanyakan orang Indonesia tidak makan daging babi.

Umumnya, bakpia dibuat dengan cara dipanggang, tapi di resep kali ini akan membuat bakpia dengan cara dikukus. Pastinya proses pembuatan bakpia yang dikukus akan menjadikannya lebih mudah untuk Anda coba di rumah.

Mari simak resep bakpia kukus berikut ini yang pastinya memiliki cita rasa lezat dan cocok untuk dijadikan sebagai camilan ataupun hidangan jamuan.

Baca Juga :  Resep Gado-Gado Kacang 1 kg, ini cara membuatnya

Bahan-Bahan

Bahan Utama Bakpia Kukus yang Dibutuhkan

  1. 150 gram tepung terigu protein sedang 150 gram gula pasir
  2. 150 gram margarin, dilelehkan
  3. 80 ml susu cair
  4. 4 butir telur
  5. 1/2 sdt SP atau pengembang kue 
  6. 5 tetes pewarna makanan

Bahan Isian Bakpia Kukus yang dibutuhkan

  1. Selai coklat sesuai dengan selera

Langkah-langkah

  1. Siapkan wadah, campurkan telur, gula, dan SP, kemudian kocok menggunakan mixer berkecepatan sedang sampai terlihat jejak-jejak putih
  2. Lalu tambahkan terigu dan susu cair ke campuran telur, gula pasir, dan SP. Kocok lagi memakai mixer berkecepatan rendah sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Tuangkan mentega cair ke adonan, kemudian aduk memakai spatula dengan arah berbalik. Teteskan pewarna makanan kemudian aduk lagi sampai adonan tampak cantik.
  4. Siapkan cetakan bakpia, olesi dengan mentega.
  5. Tuang adonan bakpia sebanyak satu sendok makan, kemudian kukus sekitar 3 menit. Setelahnya, angkat adonan dari kukusan lalu masukkan isian dan tutup lagi dengan adonan.
  6. Masukkan lagi adonan bakpia ke kukusan dan kukus selama 15 menit.
  7. Setelah matang, angkat adonan dari kukusan serta dinginkan, lepaskan dari cetakan. Sajikan bakpia.
Baca Juga :  Yuk, Memasak Resep Tumis Usus Telur Puyuh yang Disukai Banyak Orang

Selain memakai selai cokelat, Anda pun bisa memakai bahan baku lain untuk menjadi bakpia kukus Anda. Bahan isian yang banyak disukai seperti kacang merah, kacang hijau, keju, ataupun durian. Anda bisa sesuaikan bahan dipakai sesuai dengan selera Anda.

Bakpia Kukus di atas pastinya mudah sekali dibuat karena Anda tidak harus memanggangnya yang terkadang cukup repot. Anda pun tak perlu memakai oven, kukusan dengan ukuran sedang sudah bisa menjadi peralatan utama dalam buat Bakpia Kukus.

Bakpia Kukus pas sekali untuk Anda sajikan sebagai jamuan di acara tertentu. Selamat mencoba!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan